Preview Serie A 2014-2015 Giornata 16: Cagliari vs. Juventus

Dini hari nanti WIB (19/12), sang pemuncak klasemen sementara, Juventus, bakal melawat ke kandang Cagliari dalam lanjutan giornata ke-16 Liga Italia Serie A. Sejumlah hasil kurang memuaskan mengiringi laga away sang Nyonya Tua ke pulau Sardinia tersebut. Tercatat, dalam tiga pertandingan terakhir di semua ajang, tim asuhan Max Allegri itu tak pernah menang alias seri melulu.

Lebih parah lagi, Juve, yang sebelum ini dikenal ganas dan produktif dengan mesin gol utama Carlos Tevez, hanya mampu menjebol gawang lawan sekali dalam tiga laga terakhir. Itu pun melalui sundulan Patrice Evra, yang notabene adalah seorang bek kiri, bukan seorang striker.

Sejumlah pihak pun menduga Juve sedang kehabisan bensin alias kelelahan setelah dikepung oleh jadwal yang padat. Ditambah lagi, sang Nyonya Tua juga terus diburu perasaan was-was dan harus berlari dari kejaran Serigala Roma selama paruh musim ini. Namun, pelatih Allegri membantah hal tersebut.

Menurut mantan pelatih yang dicampakkan oleh AC Milan tersebut, tidak ada problem fisik yang menghantui anak-anak asuhnya saat ini. Allegri menyatakan, tiga hasil imbang yang dipetik oleh Juve akhir-akhir ini lebih disebabkan oleh kesalahan teknis dan terlalu terburu-buru, terutama dalam 20 menit terakhir saat melawan Sampdoria.

Selain faktor kelelahan, problem lain yang mendera Juve saat ini adalah minimnya opsi di lini belakang. Sejumlah pilar seperti Andrea Barzagli, Martin Caceres, Luca Marrone, Kwadwo Asamoah, dan Romulo masih tergolek cedera dan tidak bisa dimainkan sampai awal tahun depan.

Ditambah lagi, Leo Bonucci juga tidak bisa dimainkan saat dijamu Cagliari karena masih menjalani hukuman akumulasi kartu. Maka dari itu, tak ada pilihan lain bagi Allegri selain memasang duet Giorgio Chiellini dan Angelo Ogbonna sebagai centre-back dalam formasi 4-3-1-2.

Di lini tengah, tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh Juve. Hanya saja, Paul Pogba yang terus-menerus menjadi starter mungkin bakal diistirahatkan. Trio gelandang sepertinya akan dipercayakan kepada MVP: Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Arturo Vidal. Sementara itu, Roberto Pereyra bisa jadi akan bermain sebagai penopang di belakang duo striker, Carlos Tevez dan Fernando Llorente.

Ada pun, pihak tuan rumah Cagliari tak gentar meski harus menghadapi sang juara bertahan Juve dalam laga penutup tahun ini. Hal itu ditandaskan oleh pelatih mereka, Zdenek Zeman. Sosok yang merupakan “sobat lama” sang Nyonya Tua itu justru mengaku gembira bisa menjamu Bianconeri di Sardinia.

Selain mendatangkan kegembiraan, bertarung melawan Juventus juga selalu memberi rangsangan bagi Zeman semenjak 20 tahun yang lalu. Pelatih yang terkenal dengan konsep sepak bola menyerang Zemanlandia ini memang lebih banyak menjadi pecundang jika berhadapan dengan La Vecchia Signora. Maka dari itu, seperti ada dendam tersembunyi dalam hatinya untuk bisa mengalahkan sang Nyonya Tua.

Musim lalu, di era Antonio Conte, Cagliari tak berkutik setelah dibekuk Juve 1-4 di kandang sendiri dan 0-3 saat tandang. Musim ini, tim yang pernah dilatih dan melambungkan nama Allegri itu terpuruk di zona degradasi dengan hanya mengumpulkan 12 poin. Bak bumi dan langit jika dibandingkan dengan Juve yang berada di puncak dengan 36 poin.

Zeman sendiri cukup optimistis bisa mengubah nasib buruknya saat menjamu Juve tahun ini. Menurutnya, permainan Juve saat ini sedikit berbeda jika dibandingkan tahun lalu. Di era Conte, Juve memainkan tempo tinggi dan langsung menusuk pertahanan lawan. Sedangkan, di jaman Allegri, Juve bermain lebih sabar dengan mengandalkan ball possession.

Bagi Juve, laga di kandang Cagliari ini adalah kesempatan untuk memutus tren hasil seri. Jika kembali gagal memetik kemenangan, posisi sang Nyonya Tua sebagai capolista rawan digusur oleh Serigala Roma yang bakal menjamu tim papan (maaf) tengah, AC Milan, akhir pekan ini. Selain itu, laga terakhir di tahun 2014 ini juga akan menentukan siapa yang bakal meraih gelar juara musim dingin alias campioni d’inverno.

***

Probable Line-ups
Cagliari (4-3-3)
Cragno; Balzano, Ceppitelli, Rossettini, Avelar; Ekdal, Conti, Crisetig; Farias, Ibarbo, Cossu.
Coach: Zeman.

Juventus (4-3-1-2)
Buffon; Lichtsteiner, Chiellini, Ogbonna, Evra; Vidal, Pirlo, Marchisio; Pereyra; Llorente, Tevez.
Coach: Allegri.

Referee: Mazzoleni.
Venue: Stadio Sant’Elia, Cagliari.
Kick-off: Fri, Dec 19, 2014, 01.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Cagliari 0-3 Juventus.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 16: Cagliari vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s