Review Serie A 2014-2015 Giornata 16: Cagliari 1-3 Juventus

Juventus berhasil mengakhiri rentetan hasil seri sekaligus menutup tahun 2014 dengan kemenangan meyakinkan atas Cagliari pada giornata ke-16 Liga Italia Serie A dini hari tadi WIB (19/12). Tiga gol berhasil dibawa pulang oleh sang Nyonya Tua dari Stadio Sant’Elia lewat kontribusi Carlos Tevez, Arturo Vidal, dan Fernando Llorente.

Sejak laga dimulai, Juve tak membuang waktu dan langsung menggebrak pertahanan Cagliari yang diarsiteki oleh pelatih tua miskin gelar, Zdenek Zeman. Akibatnya, tim asal Sardinia itu tak kuasa menahan gempuran La Vecchia Signora dan kebobolan hanya dalam tempo tiga menit.

Gol pertama Juve bermula dari Stephan Lichtsteiner yang mengirim bola dari sepak pojok Andrea Pirlo di sisi kanan dan langsung disepak oleh Angelo Ogbonna. Tetapi, karena terlalu pelan, tembakannya masih bisa ditepis oleh kiper Cagliari. Beruntung bagi Juve, bola muntahan itu mampu disambar Carlos Tevez yang tanpa ampun langsung menghujamkannya ke gawang Alessio Cragno.

Unggul satu gol dalam waktu singkat tidak membuat Juve menurunkan tempo permainan. Tim asuhan Max Allegri itu terus mengurung pertahanan Cagliari. Sekitar 10 menit kemudian, tim tamu akhirnya berhasil menambah gol lagi.

Berawal dari aksi Patrice Evra yang menyusuri sayap kiri dan kemudian melepaskan umpan silang yang masih dapat dihalau oleh bek Cagliari. Namun, bola malah jatuh di kaki Vidal. Dengan sekali sentuh, gelandang asal Chile itu melesatkan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola pun menembus pojok kanan bawah gawang Cragno dengan indahnya.

Tertinggal dua gol membuat Cagliari tersentak. Albin Ekdal mulai bangkit dan melancarkan serangan. Tercatat, empat kali mantan pemain Juve itu melepaskan tembakan untuk membobol gawang Buffon. Tetapi, tidak ada yang mengenai sasaran. Hingga turun minum, skor tetap 2-0 untuk keunggulan tim tamu.

Saat babak kedua baru dimulai, Juve langsung mengambil inisiatif untuk menyerang dan tidak membiarkan Cagliari bangkit. Hasilnya, pada menit ke-50, sang Nyonya Tua berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0.

Gol terakhir Juve tersebut berawal dari kejelian Andrea Pirlo yang melepas umpan lambung ke arah Llorente di dalam kotak penalti Cagliari. Striker Spanyol itu menggunakan dadanya untuk mengontrol bola. Sejurus kemudian, dia membalik badan dan melesatkan tembakan pelan yang tidak mampu dibendung oleh kiper Cragno.

Tertinggal tiga gol, Cagliari mulai berani meninggalkan pertahanannya. Zeman kembali ke tabiat aslinya yang mendewakan sepak bola menyerang. Alhasil, pada menit ke-65, tim tuan rumah akhirnya bisa mengemas satu gol yang diawali oleh tendangan bebas Andrea Cossu dan dituntaskan oleh sundulan Luca Rossettini. Buffon yang tak mampu membaca arah bola kali ini tak kuasa menjaga gawangnya untuk tetap perawan.

Setelah berhasil mencetak satu gol, Cagliari semakin agresif dalam melancarkan serangan. Namun, ketenangan benteng pertahanan Juve yang dipimpin oleh Giorgio Chiellini mampu mementahkan segala upaya tim yang pernah meraih scudetto di era Luigi Riva itu. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tidak berubah. Tim tamu pun membawa pulang tiga poin dari Sardinia.

Dalam 90 menit, Cagliari sebenarnya mampu melepaskan 16 kali tembakan, tetapi hanya dua yang on target dan satu yang menjadi gol. Sementara itu, Juve yang mendominasi penguasaan bola sampai 63 persen sejatinya hanya bisa meluncurkan tembakan 13 kali, namun tujuh di antaranya on target dan tiga menjadi gol.

Kemenangan atas Cagliari ini memastikan Juve tetap menjadi capolista hingga akhir tahun 2014. Dengan raihan 39 angka dari 16 laga, jumlah poin sang Nyonya Tua tak akan terkejar oleh Serigala Roma yang akan melakoni duel panas menjamu AC Milan akhir pekan ini.

***

Ratings

Cagliari (4-4-1-1): 5
Cragno 5; Benedetti 5/Donsah 6 (46′), Ceppitelli 4.5, Rossettini 6, Capuano 5.5; Balzano 5, Conti 5, Ekdal 6.5, Avelar 5; Cossu 5.5; Ibarbo 4.5/Caio Rangel 5.5 (75′).
Coach: Zeman 4.5.

Juventus (4-3-1-2): 7
Buffon 6.5; Lichtsteiner 6.5, Ogbonna 6, Chiellini 6.5, Evra 6; Marchisio 6.5, Pirlo 7, Vidal 7.5; Pereyra 6.5/Padoin 6 (81′); Tevez 7/Giovinco 6 (86′), Llorente 7/Morata 5.5 (73′).
Coach: Allegri 7.

Referee: Mazzoleni 5.5.

Man of the Match: Arturo Vidal.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 16: Cagliari 1-3 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s