Preview SuperCoppa Italiana 2014-2015: Juventus vs. Napoli

Laga SuperCoppa Italiana biasanya diadakan saat pramusim. Tahun ini, ajang yang mempertemukan juara Liga Italia Serie A (Juventus) dengan pemenang Coppa Italia (Napoli) tersebut diadakan di pertengahan musim, saat winter break.

Hal itu dilakukan untuk memberi kesempatan kepada Napoli mempersiapkan tim mereka menghadapi play-off Liga Champions pada awal musim yang lalu. Nyatanya, meski sudah diberi keleluasaan dengan mengundurkan jadwal SuperCoppa, Napoli tetap saja gagal di play-off Liga Champions setelah disingkirkan oleh wakil Spanyol, Athletic Club de Bilbao.

Gelaran SuperCoppa tahun ini juga tidak diadakan di Italia, tepatnya di Doha, Qatar. Sama seperti dua tahun lalu, saat ajang tersebut dihelat di Beijing, Tiongkok, yang kebetulan juga mempertemukan dua tim yang sama, Juventus dan Napoli.

Pada ajang SuperCoppa 2012 yang digelar di Stadion Sarang Burung tersebut, Napoli keluar sebagai pecundang setelah digebuk Juventus dengan skor 2-4. Saat itu, il Partenopei masih dilatih oleh Walter Mazzarri yang baru saja dipecat oleh Inter musim ini.

Hasil negatif di Beijing dua tahun yang lalu masih membekas di benak para Napoletano hingga saat ini. Mereka masih belum bisa menerima kekalahan dan menganggap Juve menang secara kontroversial. Dua tim ini memang dikenal sebagai rival klasik yang saling bermusuhan dan setiap laganya hampir selalu berlangsung panas.

Juventus, sebagai juara bertahan dan pemimpin klasemen sementara Serie A, tahun ini kembali diunggulkan untuk menggebuk Napoli di SuperCoppa. Hanya saja, bulan Desember ini tidak berjalan terlalu memuaskan bagi tim asuhan Max Allegri tersebut.

Masih segar dalam ingatan di mana sang Nyonya Tua dipaksa menelan hasil seri tiga kali beruntun di semua ajang saat meladeni Fiorentina, Atletico Madrid, dan Sampdoria. Beruntung, akhir pekan kemarin, Juve sudah bisa keluar dari krisis setelah menggelontor Cagliari dengan skor 3-1.

Kemenangan atas tim yang dilatih oleh pelatih tua miskin prestasi, Zdenek Zeman, tersebut membuat Juve mengunci pucuk klasemen sementara Serie A di akhir tahun 2014. Jumlah poin Gigi Buffon dkk tak akan bisa dikejar oleh AS Roma yang saat ini tertinggal tiga angka setelah kemarin ditahan imbang tanpa gol oleh AC Milan.

Hasil tersebut, capolista tahun 2014, ditambah kepastian Juve lolos ke babak 16 besar Liga Champions, menjadi modal berharga dalam menghadapi Napoli di Qatar. Carlos Tevez dkk kini bisa fokus sepenuhnya untuk mempecundangi Gonzalo Higuain cs.

Untuk menghabisi Napoli, pelatih Max Allegri sepertinya bakal kembali menerapkan pola 4-3-1-2 yang menjadi andalannya akhir-akhir ini. Gigi Buffon sebagai kiper akan dibentengi oleh kuartet benteng pertahanan yang terdiri dari Stephan Lichtsteiner, Leo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Patrice Evra.

Sementara itu, di lini tengah, trio Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Paul Pogba tampaknya bakal kembali tampil bersama. Adapun, Arturo Vidal atau Roberto Pereyra bakal menempati peran sebagai trequartista di belakang duo striker yang sepertinya akan diisi oleh Carlos Tevez dan Fernando Llorente.

Di pihak lain, Napoli sudah mulai bangkit akhir-akhir ini dan ikut bersaing menembus posisi tiga besar Serie A dengan klub-klub medioker lainnya, seperti Sampdoria dan Genoa. Meski demikian, problem utama tim asuhan Rafa Benitez di lini belakang masih belum terselesaikan.

Meski memliki lini serang yang cukup menakutkan, tim dari daerah selatan Italia itu memang bermasalah dengan pertahanannya yang buruk. Hal tersebut bisa menjadi makanan empuk bagi Juve yang mengandalkan tukang gedor haus gol semacam Tevez. Jika tidak bisa memperbaiki kelemahannya tersebut, besar kemungkinan Napoli kembali menelan pil pahit di Qatar, seperti halnya di Beijing dua tahun yang lalu.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2)
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 8 Marchicio, 21 Pirlo, 6 Pogba; 23 Vidal; 10 Tevez, 14 Llorente.
Coach: Allegri.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 20 Padoin, 5 Ogbonna, 38 Mattiello, 24 Vitale, 41 Romagna, 37 Pereyra, 7 Pepe, 9 Morata, 12 Giovinco, 11 Coman.
Injured: Barzagli, Marrone, Caceres, Asamoah, Romulo.

Napoli (4-2-3-1)
1 Rafael; 11 Maggio, 33 Albiol, 26 Koulibaly, 31 Ghoulam; 8 Jorginho, 19 David Lopez; 7 Callejon, 17 Hamsik, 14 Mertens; 9 Higuain.
Coach: Benitez.
Bench: 15 Colombo, 45 Andujar, 5 Britos, 4 Henrique, 22 Radosevic, 88 Inler, 6 De Guzman, 77 Gargano, 96 Luperto, 91 Zapata.
Injured: Zuniga, Insigne.

Referee: Paolo Valeri.
Venue: Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar.
Kick-off: Tue, Dec 23, 2014, 00.30 WIB.
Live: KompasTV.

Prediction: Juventus 3-1 Napoli.

Preview SuperCoppa Italiana 2014-2015: Juventus vs. Napoli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s