Review SuperCoppa Italiana 2014-2015: Juventus 2-2 Napoli (5-6 Pen)

Laga SuperCoppa Italiana 2014-2015 pada hari Selasa (23/12) WIB di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar berakhir menyesakkan bagi Juventus. Bagaimana tidak, jawara Serie A tersebut sempat memimpin terlebih dahulu dua kali, tetapi akhirnya harus mengakui keunggulan Napoli lewat adu tendangan penalti yang dramatis.

Saat laga baru dimulai Napoli selaku juara Coppa Italia memang langsung menggebrak pertahanan Juve. Gonzalo Higuain yang ditopang oleh Marek Hamsik di belakangnya sempat mengancam gawang Gigi Buffon. Hanya saja,setelah lima menit berselang, malah sang Nyonya Tua yang unggul duluan lewat gol Carlos Tevez.

Keteledoran barisan pertahanan Napoli dimanfaatkan dengan baik oleh Carlitos. Striker Argentina tersebut mencuri bola yang dibuang ke belakang oleh Koulibaly dan Tevez langsung berhadapan dengan kiper Rafael Cabral. Tanpa ampun, el Apache merobek gawang Napoli dengan tendangannya yang akurat.

Unggul satu gol, Juve mulai menahan diri dan tidak terlalu bernafsu menekan pertahanan lawan. Andrea Pirlo banyak memainkan bola dengan operan-operan pendeknya di lini tengah. Sementara itu, Napoli berusaha mengejar ketertinggalan mereka dengan melancarkan serangan balik dan sepakan-sepakan jarak jauh. Meski banyak menciptakan peluang sepanjang babak pertama, kedua tim tidak mampu membuat gol. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Pada babak kedua, il Partenopei mulai all-out menyerang untuk menjebol gawang Juve. Di pihak lain, Bianconeri lebih banyak banyak menunggu di daerah pertahanan sendiri. Di sini terlihat pelatih Max Allegri sudah cukup puas dengan keunggulan satu gol yang diceploskan tim asuhannya dan ingin mempertahankan skor tersebut hingga laga usai.

Hanya saja, harapan Allegri tidak berjalan sesuai dengan rencana. Pada menit ke-68, sesaat setelah dia mengganti Andrea Pirlo dengan Roberto Pereyra, gawang Juve dijebol oleh Higuain. Jonathan De Guzman yang menusuk lewat sisi kiri berhasil mengirim umpan silang yang gagal dihalau oleh Giorgio Chiellini. Higuain pun langsung menyundulnya untuk menyamakan kedudukan.

Setelah skor sama kuat 1-1, La Vecchia Signora seperti terbangun dari tidurnya dan berusaha meraih keunggulannya kembali. Meski terus menyerang, hingga 90 menit waktu normal usai, usaha Claudio Marchisio dkk tidak menemui hasil. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak extra-time.

Setelah babak perpanjangan waktu dimulai, Juve langsung menekan pertahanan Napoli lewat Paul Pogba, Arturo Vidal, dan Roberto Pereyra. Hanya saja, upaya ketiganya dapat digagalkan oleh kiper Rafael yang tampil gemilang.

Pada 15 menit kedua, ambisi Juve untuk kembali menjebol gawang Napoli akhirnya tercapai. Berawal dari aksi Pogba di sisi kiri, gelandang asal Prancis itu lalu mengirim bola ke Tevez di dalam kotak penalti. Dengan gerak tipu yang mengecoh Koulibali, eks striker Manchester City itu kemudian melepas tembakan pelan dan berhasil menaklukkan Rafael.

Setelah unggul 2-1, kemenangan seperti sudah di depan mata bagi Bianconeri. Namun, saat laga tersisa tiga menit, Higuain kembali membuat para Juventini tercekat. Memanfaatkan bola liar hasil umpan silang, dalam posisi yang sudah terjatuh karena dikepung para bek Juve, striker yang dicampakkan oleh Madrid itu berhasil membobol gawang Buffon.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap sama kuat 2-2. Laga SuperCoppa Italiana yang mempertemukan jawara Liga Italia Serie A dengan juara Coppa Italia itu pun harus dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Dalam adu tos-tosan tersebut, San Gigi Buffon sebagai santo pelindung Juventus tampil cemerlang dengan menggagalkan tiga tendangan penalti para pemain Napoli. Sayangnya, tiga kali kesempatan emas untuk memenangkan pertandingan itu dibuang secara percuma oleh La Vecchia Signora.

Tevez yang maju sebagai algojo pertama gagal menuntaskan tugasnya. Sepakannya membentur tiang gawang. Begitu juga dengan tendangan Chiellini yang terlalu pelan sehingga mampu ditangkap oleh Rafael. Kegagalan kedua pemain itu kemudian diikuti oleh Roberto Pereyra dan Simone Padoin yang akhirnya membuat Napoli berhasil memenangkan adu penalti dengan skor 6-5 dan menjadi juara SuperCoppa Italiana edisi 2014/2015.

Selama 2 x 45 menit plus 2 x 15 menit, laga antara Juve dan Napoli berjalan relatif imbang dengan penguasaan bola masing-masing 50 persen. Hanya saja, il Partenopei bermain dengan lebih efektif. Higuain dkk mampu mengonversi dua dari 19 kali tembakan (5 on target) menjadi gol. Sementara itu, meski membombardir gawang Napoli dengan 26 kali tembakan (11 on target), Tevez dkk hanya mampu mencetak dua gol.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6
Buffon 8; Lichtsteiner 5.5/Padoin 5.5 (79′), Bonucci 6, Chiellini 5.5, Evra 6; Marchisio 6, Pirlo 6/Pereyra 5.5 (67′), Pogba 6; Vidal 6; Tevez 8, Llorente 5.5/Morata 6 (105′).
Coach: Allegri 6.

Napoli (4-2-3-1): 7.5
Rafael 8; Maggio 6, Albiol 6, Koulibaly 6, Ghoulam 6.5; David Lopez 6/Inler 6 (90′), Gargano 6.5; Callejon 5.5, Hamsik 7.5/Mertens 5.5 (79′), De Guzman 7/Jorginho 5.5 (105′); Higuain 8.
Coach: Benitez 7.5.

Referee: Valeri 6.5.

Man of the Match: Gonzalo Higuain.

Review SuperCoppa Italiana 2014-2015: Juventus 2-2 Napoli (5-6 Pen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s