Preview Serie A 2014-2015 Giornata 17: Juventus vs. Inter

Juventus dan Inter akan mengawali tahun baru 2015 dengan saling berhadapan dalam laga bertajuk Derby d’Italia, Rabu (7/1) dini hari WIB. Meski saat ini posisi mereka di klasemen sementara Liga Italia Serie A bak bumi dn langit, duel antara dua tim yang menjadi rival klasik di ini biasanya berlangsung panas dan seru.

Juve, yang menutup tahun 2014 sebagai capolista, baru saja menelan pil pahit saat winter break setelah dikalahkan Napoli lewat adu penalti dalam ajang SuperCoppa Italiana yang berlangsung di Qatar. Begitu juga dengan Inter yang digebuk oleh Paris Saint-Germain dalam laga persahabatan menjelang malam pergantian tahun kemarin.

Maka dari itu, laga di awal tahun ini bakal dijadikan batu pijakan untuk mempertahankan posisi Juve di puncak klasemen oleh pelatih Max Allegri. Demikian juga halnya dengan pelatih Roberto Mancini yang ingin memulai tahun 2015 dengan hasil positif bersama Inter.

Sebagai tukang gedor untuk menjebol gawang Inter, seperti biasanya, Allegri bakal mengandalkan ketajaman Carlos Tevez. Striker asal Argentina itu memang masih menjadi andalan sang Nyonya Tua untuk urusan mencetak gol karena dua ujung tombak lainnya yang berasal Spanyol, Fernando Llorente dan Alvaro Morata, sampai saat ini penampilannya masih inkonsisten.

Untuk mendukung Tevez mengobrak-abrik pertahanan Inter, Allegri tampaknya akan kembali menerapkan pola 4-3-1-2. Arturo Vidal, dengan back-up Roberto Pereyra, bakal mengisi peran sebagai trequartista di belakang duet striker yang kemungkinan ditempati oleh Carlitos dan Llorente.

Sementara itu, trio Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Paul Pogba berpeluang besar menjadi andalan Allegri di lini tengah untuk menguasai bola selama mungkin. Sebagai penjaga lini belakang, kuartet Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Patrice Evra akan menjadi benteng pertahanan yang kokoh di depan kiper Gianluigi Buffon.

Di pihak lain, Mancini wajib mewaspadai ketajaman Juve. Apalagi, rekor pertahanan Inter saat ini sangat buruk. Nerazzurri sudah kebobolan 23 gol dalam 16 laga. Musim ini pun tercatat sebagai start terburuk yang dijalani oleh bekas tim milik Massimo Moratti tersebut dalam satu dekade terakhir.

Kedatangan Mancini di bulan November pun belum mampu mengangkat performa Inter. La Beneamata tercatat hanya mampu menang sekali di Serie A sejak mantan pelatih Manchester City itu balik kucing ke tim rival sekota AC Milan tersebut.

Kepala Mancini makin pening setelah Yuto Nagatomo yang biasanya menjadi andalan di posisi bek kiri tak bisa tampil karena harus membela Jepang di Piala Asia bulan Januari ini. Sementara itu, penampilan Dodo masih angin-anginan. Oleh karenanya, tidak ada pilihan lagi selain menempatkan Danilo D’Ambrosio untuk menggantikan Nagatomo.

Juve sendiri, meski diunggulkan, tetap tidak boleh meremehkan Inter. Marchisio dkk tentu masih ingat kala rekor unbeaten mereka di era Antonio Conte dihentikan oleh Andrea Ranocchia dkk, yang waktu itu dilatih oleh Andrea Stramaccioni, di Juventus Stadium. Memori pahit pada bulan November 2012 itu tidak boleh lagi terulang jika La Vecchia Signora masih ingin berkuasa di puncak klasemen Serie A.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2)
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 8 Marchisio, 21 Pirlo, 6 Pogba; 23 Vidal; 10 Tevez, 14 Llorente.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 4 Caceres, 20 Padoin, 5 Ogbonna, 38 Mattiello, 37 Pereyra, 39 Marrone, 7 Pepe, 12 Giovinco, 11 Coman, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Injured: Barzagli, Asamoah, Romulo.

Inter (4-3-1-2)
1 Handanovic; 14 Campagnaro, 23 Ranocchia, 5 Juan Jesus, 33 D’Ambrosio; 13 Guarin, 18 Medel, 17 Kuzmanovic; 10 Kovacic; 8 Palacio, 9 Icardi.
Bench: 30 Carrizo, 46 Berni, 6 Andreolli, 15 Vidic, 22 Dodo, 25 Mbaye, 88 Hernanes, 20 Obi, 44 Krhin, 90 M’Vila, 7 Osvaldo, 97 Bonazzoli.
Coach: Mancini.
Not available: Nagatomo (Asian Cup).

Referee: Banti.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Wed, Jan 7, 2014, 03.00 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 2-1 Inter.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 17: Juventus vs. Inter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s