Review Serie A 2014-2015 Giornata 18: Napoli 1-3 Juventus

Juventus akhirnya berhasil mengakhiri kutukan tidak pernah menang di kandang Napoli sejak tahun 2000. Kemenangan di Stadio San Paolo kemarin dini hari WIB (12/01) itu sekaligus menjadi pelampiasan dendam Nyonya Tua setelah dipermalukan il Partenopei dalam ajang SuperCoppa Italiana di Qatar akhir tahun yang lalu.

Tiga gol yang mengantarkan Juve mengemas tiga poin dalam lanjutan Liga Italia Serie A giornata ke-18 kemarin dicetak oleh Paul Pogba, Martin Caceres, dan Arturo Vidal. Sedangkan Napoli hanya mampu membalas lewat Miguel Britos.

Sejak awal laga, Juve langsung berinisiatif menekan pertahanan Napoli. Dengan mengandalkan kemampuan sang dirigen Andrea Pirlo dalam mengatur permainan, tim tamu berhasil mendominasi penguasaan bola. Sementara itu, Napoli selaku tuan rumah lebih banyak bertahan dengan rapat dan sesekali melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-18, sebuah aksi dari Jonathan De Guzman nyaris merobek keperawanan La Vecchia Signora. Untung saja, sepakan pemain asal Belanda itu masih melambung di atas mistar gawang Gigi Buffon. Juve sendiri tampak kesulitan menciptakan peluang karena ketatnya pertahanan yang digalang oleh anak-anak asuh Rafa Benitez tersebut.

Usaha Bianconeri untuk menjebol gawang Partenopei akhirnya tercapai pada menit ke-29. Paul Pogba dengan jeli mampu memanfaatkan bola pantulan dari tendangan Carlos Tevez yang jatuh di kakinya. Gelandang muda asal Prancis itu lalu melepaskan tembakan voli indah yang akhirnya merobek gawang Rafael.

Unggul satu gol membuat Juve semakin bernafsu untuk membantai Napoli. Pada menit ke-43, Martin Caceres hampir saja menambah keunggulan tim tamu. Sayangnya, sepakan bek asal Uruguay masih mampu dimentahkan oleh kiper Rafael. Hingga turun minum, skor 0-1 tetap tidak berubah.

Pada babak kedua, Napoli, yang berniat menjaga rekor tak pernah kalah dari Juve di Stadio San Paolo sejak tahun 2000, mulai berani meninggalkan pertahanan dan bermain menyerang. Upaya tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-64. Bola dari sepak pojok Dries Mertens mampu dimanfaatkan oleh Miguel Britos untuk membobol gawang Buffon.

Skor 1-1 membuat para Juventini mulai galau. Untuk kesekian kalinya mereka di-PHP oleh Juve yang unggul dulu satu gol di babak pertama, tapi akhirnya berhasil disamai di babak kedua, seperti ketika melawan Torino, Sampdoria, dan Inter tengah pekan lalu.

Hanya saja, kegalauan para Juventini itu tidak berlangsung lama. Adalah Martin Caceres yang menjadi pahlawan dengan golnya pada menit ke-69. Pemain yang dulu dicampakkan oleh Barcelona itu dengan lihai menceploskan bola hasil dari tendangan bebas Pirlo ke gawang Napoli.

Ketinggalan 1-2, dengan waktu tersisa hanya 20 menit, membuat Napoli tak punya pilihan selain menyerang dengan all-out. Gonzalo Higuain yang mampu membobol gawang Juve dua kali di ajang SuperCoppa Italiana tampak sangat bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Hanya saja, sepakan striker buangan dari Madrid itu masih melenceng dari gawang Buffon.

Karena terus menyerang, Napoli melupakan pertahananan. Pada menit ke-4 injury time, Arturo Vidal mampu menuntaskan serangan balik yang diawali oleh Alvaro Morata dengan gol indahnya. Golazo dari King Arturo itu sekaligus mengakhiri laga klasik Napoli versus Juventus dengan skor 3-1 untuk keunggulan tim tamu.

Dengan tiga poin yang berhasil dikemas dari “neraka” Stadio San Paolo kemarin, Juve berhasil mengamankan puncak klasemen dan menjauhi AS Roma yang tertinggal tiga angka di belakangnya. Serigala Ibu Kota saat ini masih nangkring di posisi kedua setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 dalam Derby della Capitale melawan rival sekotanya, Lazio.

***

Ratings

Napoli (4-2-3-1): 5.5
1-Rafael 6; 11-Christian Maggio 5, 26-Kalidou Koulibaly 6.5, 33-Raul Albiol 7, 5-Miguel Britos 6; 19-David Lopez 5.5, 77-Walter Gargano 6/Duvan Zapata 5.5 (83′); 6-Jonathan de Guzman 5, 17-Marek Hamsik 5/Dries Mertens 7 (60′), 7-Jose Callejon 5.5/Manolo Gabbiadini 5.5 (73′); 9-Gonzalo Higuain 5.
Coach: Rafael Benitez 5.5.

Juventus (4-3-1-2): 6.5
1-Gianluigi Buffon 6; 4-Martin Caceres 7/Angelo Ogbonna 5 (80′), 19-Leonardo Bonucci 6.5, 3-Giorgio Chiellini 6, 33-Patrice Evra 6; 8-Claudio Marchisio 6.5, 21-Andrea Pirlo 6, 6-Paul Pogba 7.5/Stephan Lichtsteiner 6 (70′); 23-Arturo Vidal 7; 10-Carlos Tevez 6, 14-Fernando Llorente 5/Alvaro Morata 6 (75′).
Coach: Massimiliano Allegri 6.5.

Referee: Paolo Tagliavento 5.5.

Man of the Match: Paul Pogba.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 18: Napoli 1-3 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s