Review Serie A 2014-2015 Giornata 20: Juventus 2-0 Chievo Verona

Setelah menggelontor Hellas Verona dengan sepuluh gol dalam ajang Coppa Italia dan Serie A pekan lalu, Juventus kembali berjaya saat menghadapi tim dari kota Verona lainnya, Chievo. Dua gol kemenangan sang Nyonya Tua lahir dari aksi brilian Paul Pogba dan Stephan Lichtsteiner.

Pada babak pertama, tuan rumah Juve sempat kesulitan membongkar pertahanan tim tamu Chievo. Si Keledai Terbang tampaknya tidak ingin bernasib sama dengan sahabat sekotanya, Hellas, yang dipermak habis oleh La Vecchia Signora sepekan sebelumnya.

Meski terus diserang oleh Juventus pada babak pertama, Chievo tidak melulu bertahan. Tim asuhan Rolando Maran itu sesekali juga melancarkan serangan balik. Hanya saja, upaya Schelotto dkk tidak ada yang sampai mengancam gawang Gigi Buffon.

Keberhasilan Chievo menahan gempuran Juve di babak pertama tidak terlepas dari penampilan apik kiper Bizzarri. Tercatat, dua kali dia mementahkan peluang emas Juve yang didapat melalui Roberto Pereyra pada menit ke-6 dan sundulan Giorgio Chiellini pada menit ke-29.

Setelah turun minum dengan skor kacamata, Juve mulai meningkatkan tekanan pada babak kedua. Hanya saja, tim asuhan Max Allegri tersebut tetap kelihatan belum mampu menembus ketatnya pertahanan Chievo.

Hingga akhirnya, pada menit ke-60, Paul Pogba memecah kebuntuan dengan sepakan bazooka-nya. Mendapat bola dari Carlos Tevez di sisi kiri lapangan, gelandang muda terbaik dunia asal Prancis itu melesatkan tembakan dari luar kotak penalti yang langsung menembus gawang Bizzarri.

Unggul satu gol tidak membuat Juve puas. Claudio Marchisio dkk semakin bernafsu menyerang Chievo. Pelatih Allegri lalu memasukkan Stephan Lichtsteiner untuk menggantikan Arturo Vidal pada menit ke-62. Hasilnya, pada menit ke-73, Bianconeri kembali menambah keunggulan lewat gol bek kanan asal Swiss tersebut.

Seperti halnya gol pertama, gol kedua Juve juga tidak bisa dilepaskan dari peran Pogba. Menerima umpan dari Simone Padoin di dalam kotak penalti, pemain terbaik di Piala Dunia U20 2013 itu mengontrol bola lalu melepas tembakan keras yang mengarah ke gawang Chievo. Meski masih mampu ditepis oleh kiper Bizzarri, bolanya memantul dan langsung disambut oleh Lichtsteiner.

Kemasukan dua gol tidak membuat Chievo menyerah. Tim yang berasal dari kota Romeo dan Juliet ini berusaha memperkecil ketertinggalan. Usaha Sergio Pellissier dkk hampir mendapatkan hasil pada menit ke-87. Tapi, sayangnya, sepakan mantan legenda Inter, Schelotto, masih membentur tiang gawang yang dijaga oleh Santo Pelindung Juventus, San Gigi Buffon.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap 2-0 untuk keunggulan tuan rumah. Juve tercatat menguasai bola hingga 62 persen. Selama 90 menit, Carlos Tevez dkk membombardir gawang tamunya sebanyak 29 kali, tetapi hanya delapan yang on target dan dua yang menjadi gol. Sementara itu, Chievo hanya mampu melepas delapan tembakan, tetapi hanya satu yang on target dan tidak ada yang menghasilkan gol.

Dengan kemenangan ini, Juve memantapkan posisinya sebagai capolista. Saat ini, sang Nyonya Tua (49 poin) unggul tujuh angka di atas Serigala Ibu Kota, AS Roma (42 poin), yang kemarin hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 saat melawat ke kandang Fiorentina.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6.5
Buffon 6; Caceres 6, Bonucci 6, Chiellini 6.5, Evra 6/Padoin 6 (73′); Vidal 6/Lichtsteiner 6.5 (62′), Marchisio 6.5, Pogba 8; Pereyra 6/Pepe 6 (86′); Tevez 5.5, Morata 5.5.
Coach: Allegri 7.

Chievo Verona (4-5-1): 6
Bizzarri 7; Frey 5.5/Biraghi 5.5 (43′), Gamberini 6, Dainelli 6, Zukanovic 5.5; Birsa 6.5, Hetemaj 5.5, Botta 6/Meggiorini 6 (63′), Cofie 5, Schelotto 6; Paloschi 5.5/Pellissier 6 (76′).
Coach: Maran 6.

Referee: Massa 6.

Man of the Match: Paul Pogba.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 20: Juventus 2-0 Chievo Verona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s