Preview Coppa Italia 2014-2015 Quarti di Finale: Parma vs. Juventus

Juventus akan melanjutkan perjuangan untuk merebut Coppa Italia yang sudah dua puluh tahun lepas dari genggaman dengan melawat ke kandang Parma. Laga babak perempat final tersebut bakal dihelat di Stadio Ennio Tardini pada hari Kamis dini hari WIB (29/01).

Pihak tuan rumah saat ini sedang gonjang-ganjing. Parma baru saja putus hubungan dengan bintang tua Antonio Cassano akibat tidak mampu membayar gajinya. Di tambah lagi, weekend kemarin Gialloblu baru saja dipermak oleh sesama tim papan bawah, Cesena, di kandang sendiri. Tak pelak, kekalahan tersebut semakin membenamkan posisi Alessandro Lucarelli dkk ke dasar klasemen Serie A.

Prestasi Parma saat ini memang terjun bebas. Padahal, musim lalu mereka sempat bertengger di papan tengah dan seharusnya bisa berlaga di ajang Europa League jika tidak melakukan kesalahan administrasi. Musim ini, mantan tim Hernan Crespo tersebut hanya mampu meraih empat kemenangan di semua ajang yang mereka ikuti.

Selain lolos dari degradasi, Coppa Italia sebenarnya menjadi salah satu trofi yang dibidik oleh Parma untuk menyelamatkan muka. Jika mampu menjuarai kompetisi kelas dua tersebut, tim yang baru saja diakuisisi oleh pengusaha asal Albania itu bisa berlaga di Europa League musim depan.

Hanya saja, ambisi Parma untuk membuat kejutan di Coppa Italia harus menemui jalan terjal. Raffaele Palladino dkk harus menjamu juara bertahan Serie A, Juventus, di babak perempat final. Mengeliminasi La Vecchia Signora tanpa kehadiran Cassano? Tim yang dulu dimiliki oleh perusahaan susu Parmalat tersebut bak melakukan mission impossible.

Bagi Juve, melawan Parma di ajang Coppa Italia membawa kenangan tersendiri. Dua puluh tahun yang lampau, sang Nyonya Tua terakhir kali berjaya di final dengan mengalahkan Gialloblu yang saat itu diperkuat oleh Gianfranco Zola. Pada tahun 1990-an, Parma yang dibesut oleh Nevio Scala memang menjadi tim yang cukup disegani di Italia.

Kini, prestasi Juve dan Parma sangat njomplang. Di awal tahun 2015 ini, Bianconeri telah mencatat empat kemenangan beruntun. Sebanyak 15 gol berhasil diceploskan oleh Paul Pogba dkk dengan jumlah kebobolan hanya dua kali.

Meski demikian, Parma tetap berpotensi untuk membuat kejutan. Hal tersebut dikarenakan pelatih Max Allegri menerapkan kebijakan rotasi. Di ajang Coppa Italia, Juve bakal lebih banyak menurunkan pemain cadangan yang selama ini jarang ditampilkan di Serie A.

Santo Pelindung Juventus, San Gigi Buffon, hampir pasti diistirahatkan. Posisinya bakal ditempati oleh kiper cadangan terbaik di Italia, Marco Storari. Sementara itu, back-four tampaknya akan diserahkan kepada kuartet Stephan Lichtsteiner, Leo Bonucci, Angelo Ogbonna, dan pemain serba bisa, Simone Padoin.

Di lini tengah, trio Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Paul Pogba sepertinya bakal dipasang untuk menyokong Roberto Pereyra yang bermain di belakang dua striker. Duet Carlos Tevez dan Fernando Llorente tampaknya kembali dipercaya oleh Allegri untuk menggedor gawang Parma.

Selain Tevez dan Llorente, Allegri juga masih memiliki Sebastian Giovinco dan Kingsley Coman yang bisa saja diberi kesempatan bermain sejak menit pertama. Begitu juga dengan Arturo Vidal yang kemungkinan juga bisa dipasang sebagai trequartista.

Sebenarnya, siapa pun pemain yang dimainkan, di atas kertas, Juve tetap lebih unggul daripada Parma yang sedang compang-camping. Maka dari itu, kemenangan adalah harga mati yang harus dibawa pulang oleh Marchisio dkk dari Ennio Tardini.

***

Probable Line-ups

Parma (4-3-3):
Mirante; Cassani, Paletta, Lucarelli, Gobbi; Mauri, Lodi, Nocerino; Varela, Palladino, Rodriguez.
Coach: Donadoni.

Juventus (4-3-1-2):
Storari; Lichtsteiner, Bonucci, Ogbonna, Padoin; Marchisio, Pirlo, Pogba; Pereyra; Tevez, Llorente.
Coach: Allegri.

Referee: Peruzzo.
Venue: Stadio Ennio Tardini, Parma.
Kick-off: Thu, Jan 29, 2015, 02.45 WIB.
Live: KompasTV.

Prediction: Parma 0-2 Juventus.

Preview Coppa Italia 2014-2015 Quarti di Finale: Parma vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s