Review Coppa Italia 2014-2015 Quarti di Finale: Parma 0-1 Juventus

Juventus akhirnya berhasil lolos ke semifinal Coppa Italia 2014-2015 setelah membekap tuan rumah Parma dengan skor tipis 1-0 di Stadio Ennio Tardini, pada hari Kamis dini hari WIB (29/01). Gol tunggal kemenangan Juve dilesakkan oleh striker pengganti Alvaro Morata yang baru masuk di babak kedua.

Sebelum pelatih Max Allegri menurunkan Morata untuk menggantikan Kingsley Coman, Juve terlihat kesulitan untuk menerobos ketatnya pertahanan Parma. Meski dalam kondisi compang-camping karena belitan masalah finansial, tim asuhan Roberto Donadoni itu tampaknya berusaha keras untuk menahan keganasan sang Nyonya Tua.

Juve sendiri memang menurunkan beberapa pemain cadangan dalam laga kemarin, seperti Simone Pepe dan Kingsley Coman di lini depan. Sementara itu, Carlos Tevez memang sengaja disimpan dan diistirahatkan oleh Allegri. Oleh karena itu, tidak heran jika daya gedor La Vecchia Signora menurun. Ditambah lagi, tidak ada sokongan dari trio gelandang, terutama Arturo Vidal yang terlihat melempem di kandang Parma.

Meski mendominasi penguasaan bola, Juve tampak hanya berputar-putar di lini tengah. Tidak ada serangan berbahaya yang dilancarkan oleh para penggawa Bianconeri. Sementara itu, tuan rumah Parma dengan nyaman bertahan di lini belakang. Tempo pertandingan pun berjalan lambat dan membosankan. Hingga turun minum, kedua tim sama-sama mandul dengan skor kacamata 0-0.

Saat babak kedua dimulai, tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh Juve dan Parma. Mungkin hampir semua penonton menduga pertandingan bakal dilanjutkan ke extra-time dan dilanjutkan dengan adu penalti karena kedua tim tampak lesu dan malas mencetak gol.

Melihat kinerja pasukannya yang mandul hingga pertengahan babak kedua, pelatih Allegri pun akhirnya mengganti Arturo Vidal dengan Paul Pogba pada menit ke-71. Setelah itu, Morata juga dimasukkan pada menit ke-77 dan Coman ditarik keluar.

Dua pergantian pemain yang dilakukan oleh Allegri itu cukup manjur dalam mengubah keadaan. Saat laga memasuki menit ke-89, Morata tampil sebagai penyelamat dengan golnya. Para pemain Parma yang sudah antusias menyambut extra-time pun langsung tertunduk lesu.

Selain Morata sebagai pencetak gol, kredit layak diberikan kepada Claudio Marchisio selaku pengirim umpan terobosan yang sempurna. Bola dari il Principino dikuasai oleh Morata yang menyusup ke dalam kotak penalti Parma. Meski dikeroyok oleh para bek Gialloblu, mantan striker Real Madrid itu dengan tenang mengecoh kiper Antonio Mirante dan menceploskan bola dengan tendangan pelan ke gawang Parma.

Dengan kemenangan 1-0 di Ennio Tardini kemarin, Juve memastikan lolos ke semifinal Coppa Italia musim ini. Di babak empat besar, sang Nyonya Tua bakal bertemu dengan pemenang laga Fiorentina melawan AS Roma yang baru bertanding pekan depan.

***

Ratings

Parma (3-5-2): 6
Mirante 6; Paletta 5.5, Pedro Mendes 5.5/Santacroce 6 (35′), Lucarelli 5.5; Rispoli 6/Varela 6 (90′), Mariga 6, Nocerino 6, Galloppa 6, Gobbi 5.5; Rodriguez 6.5, Palladino 6.
Coach: Donadoni 6.

Juventus (4-3-3): 6
Storari 6; Lichtsteiner 6, Ogbonna 6, Chiellini 6, Padoin 6; Vidal 5.5/Pogba 6 (71′), Pirlo 6, Marchisio 6; Pepe 6/Caceres 6 (90′), Llorente 6, Coman 6/Morata 7 (77′).
Coach: Allegri 6.

Referee: Peruzzo 6.

Man of the Match: Alvaro Morata.

Review Coppa Italia 2014-2015 Quarti di Finale: Parma 0-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s