Preview Serie A 2014-2015 Giornata 22: Juventus vs. Milan

Dahulu kala, laga antara Juventus melawan Milan adalah sebuah grande partita alias big match di Italia. Kini, pertemuan dua tim tersukses di Serie A itu hanya menjadi pertandingan antara juara bertahan (Juve) melawan tim (maaf) medioker.

Tetapi, meski demikian, pertemuan Milan yang saat ini terpuruk di posisi ke-8 dengan sang pemuncak klasemen Juventus tetap menjanjikan sesuatu yang seru. Laga antara Bianconeri dan Rossoneri pada giornata ke-22 hari Minggu dini hari WIB (08/02) nanti terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tidak salah jika Carlos Tevez menyebut pertandingan Juventus melawan Milan ini sebagai el clasico-nya Italia. Secara tradisi dan prestasi, laga antara sang Nyonya Tua dan Setan Merah inilah yang layak dilabeli Derby d’Italia yang sesungguhnya.

Meski saat ini tertinggal 21 poin dari sang capolista Juventus, Milan datang ke Turin dengan harapan untuk membuat kejutan. Akhir pekan lalu, setelah lima laga puasa kemenangan, tim besutan Pippo Inzaghi itu berhasil mengais tiga poin penuh dari juru kunci Parma yang kondisinya juga tak kalah mengenaskan.

Selain itu, Milan juga ingin memutus rekor buruk yang hanya mampu menang dua kali dalam sepuluh laga tandang musim ini. Dalam enam pertandingan away terakhirnya, Jeremy Menez dkk hanya mampu memetik empat kali hasil seri dan dua kali kalah. Sebuah kemenangan di Juventus Stadium tentu bakal menjadi pelipur lara bagi tim yang hobinya meminjam dan merekrut pemain gratisan ini.

Sementara itu, pelatih Max Allegri bakal menjamu mantan yang telah mencampakkanya, Milan, dengan modal yang kurang memuaskan. Pekan lalu, Juventus ditahan dengan skor kacamata oleh Udinese. Hasil itu sekaligus mengakhiri trend lima kemenangan beruntun yang sebelumnya ditorehkan oleh anak-anak asuhnya.

Meski demikian, La Vecchia Signora tetap layak untuk percaya diri dalam menyambut Milan. Musim ini, Claudio Marchisio dkk belum tersentuh kekalahan jika tampil di kandang sendiri. Dalam sepuluh laga di Juventus Stadium, mereka hanya memetik hasil seri dua kali. Sisanya, Paul Pogba dkk menyapu bersih kemenangan.

Secara head-to-head, Juve juga lebih superior daripada Milan. Bulan September yang lalu, pada pertemuan pertama musim ini, gol tunggal Carlos Tevez membuat sang Nyonya Tua berjaya di San Siro. Dalam empat laga terakhir di Serie A, Bianconeri juga selalu menang atas Rossoneri, dengan tiga di antaranya tanpa kebobolan alias clean-sheet.

Pertemuan Juve dan Milan ini juga menjadi ajang face-to-face antara Tevez dan Menez yang saat ini bersaing di daftar top scorer Serie A. Carlitos masih unggul dengan 13 gol, sedangkan Jeremy menguntit di bawahnya dengan torehan satu gol lebih sedikit.

Di atas kertas, Juve tetap diunggulkan untuk kembali menenggelamkan Milan. Meski tidak perkuat oleh Stephan Lichtsteiner yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning dan Martin Caceres yang sedang cedera, pelatih Allegri bisa memasang Simone Padoin sebagai bek kanan. Pemain serba bisa tersebut bakal bahu-membahu dengan Leo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Patrice Evra atau Paolo De Ceglie untuk membentengi gawang Gigi Buffon dari gempuran Menez.

Di lini tengah, trio Marchisio, Pirlo, dan Pogba bakal bertarung dan berebut bola dengan tiga centrocampista Milan yang kali ini tidak diperkuat oleh Riccardo Montolivo dan Nigel De Jong karena cedera. Sementara itu, Arturo Vidal atau Roberto Pereyra sepertinya bakal diplot sebagai trequartista di belakang duo striker.

Di lini depan, sampai sehari sebelum laga, Allegri masih belum menentukan siapa pendamping Tevez. Melihat performanya yang melempem akhir-akhir ini, bisa jadi Fernando Llorente bakal diparkir di bangku cadangan. Tempat mantan striker Athletic Bilbao itu mungkin akan diisi oleh Alvaro Morata.

Selain Llorente dan Morata, sebenarnya Juve masih memiliki striker lain, yaitu Alessandro Matri. Tapi, sayang sekali, mantan pemain Milan yang kini kembali ke pelukan Nyonya Tua itu sedang tidak fit. Jadi, striker gemulai kesayangan pelatih Allegri tersebut mungkin tidak akan terlihat di bangku cadangan saat laga nanti.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2)
1 Buffon; 20 Padoin, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 8 Marchisio, 21 Pirlo, 6 Pogba; 23 Vidal; 10 Tevez, 9 Morata.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 15 Barzagli, 5 Ogbonna, 17 De Ceglie, 37 Pereyra, 27 Sturaro, 7 Pepe, 11 Coman, 14 Llorente.
Coach: Allegri.
Suspended: Lichtsteiner.
Injured: Asamoah, Romulo, Caceres, Marrone, Matri.

Milan (4-3-3)
23 Diego Lopez; 13 Rami, 33 Alex, 29 Paletta, 31 Antonelli; 16 Poli, 15 Essien, 4 Muntari; 22 Cerci, 7 Menez, 28 Bonaventura.
Bench: 32 Abbiati, 81 Zaccardo, 14 Albertazzi, 27 Armero, 19 Bocchetti, 21 Van Ginkel, 8 Suso, 10 Honda, 11 Pazzini.
Coach: Inzaghi.
Suspended: Mexes, Destro.
Injured: El Shaarawy, De Sciglio, Abate, Bonera, Zapata, Montolivo, Agazzi, De Jong, Mastour.

Referee: Damato.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Feb 8, 2015, 02.45 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 2-0 Milan.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 22: Juventus vs. Milan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s