Review Serie A 2014-2015 Giornata 22: Juventus 3-1 Milan

Sesumbar assisten pelatih Mauro Tassotti yang menyatakan Milan bakal menggempur Juventus ternyata tidak menjadi kenyataan. Tim besutan Pippo Inzaghi itu malah babak belur setelah diberi pelajaran oleh sang Nyonya Tua dengan skor 1-3 pada Liga Italia Serie A giornata ke-22 dini hari tadi WIB (08/02). Tiga gol tuan rumah dilesakkan oleh Carlos Tevez, Leonardo Bonucci dan Alvaro Morata. Sementara itu, tim tamu hanya mampu membawa pulang oleh-oleh sebiji gol lewat Luca Antonelli.

Sejak awal laga, Juve memang langsung menekan pertahanan Milan. Tercatat, sebuah peluang emas didapatkan oleh Morata pada menit kedua. Sayangnya, sepakannya masih bisa dimentahkan oleh mantan rekannya di Madrid, Diego Lopez.

Meski demikian, tidak butuh waktu lama bagi Juve untuk menorehkan keunggulan. Lewat aksi solo run Carlos Tevez yang menerobos pertahanan Milan, Bianconeri akhirnya berhasil memimpin satu gol atas Rossoneri pada menit ke-14.

Namun, gol El Apache tersebut belum memadamkan semangat Keisuke Honda dkk. Lewat sepak pojok yang diambil oleh Alessio Cerci pada menit ke-28, bek yang baru direkrut dari Genoa, Luca Antonelli, berhasil memperdayai benteng pertahanan Juventus. Bola sundulannya dengan cantik menembus gawang Gigi Buffon. Skor pun berubah menjadi sama kuat 1-1.

Para Milanisti pun bersorak kegirangan. Mereka sudah membayangkan tim kesayangannya yang saat ini terpuruk di papan tengah bakal bangkit dan membuat kejutan dengan menggempur Juventus di kandang sendiri.

Nyatanya, gol dari Antonelli itu ibarat harapan palsu. Milan tak bisa membalik keadaan. Dan, tragisnya, empat menit berselang, tim milik taipan tua yang doyan daun muda, Silvio Berlusconi, ini kembali tertinggal dari Juventus. Adalah Leonardo Bonucci yang membuat para Milanisti tercekat dengan golnya di menit ke-32. Sundulannya dengan memanfaatkan Tevez membuat gawang Diego Lopez bergetar untuk kali kedua.

Mungkin panik melihat timnya kembali tertinggal, pelatih Inzaghi langsung melakukan pergantian pemain pada menit ke-37. Jeremy Menez yang selama ini menjadi andalannya dalam menggedor gawang lawang ditarik keluar. Selanjutnya, mantan striker Juve itu memasukkan Giampaolo Pazzini. Usaha yang dilakukan oleh Pippo ternyata tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Hingga turun minum, tim tamu tetap tertinggal 1-2 dari tuan rumah.

Saat babak kedua dimulai, Milan langsung mengambil inisiatif menyerang. Hanya saja, tembakan yang dilakukan oleh Pazzini pada menit ke-54 masih bisa ditepis oleh Santo Pelindung Juventus, San Gigi Buffon. Jika saja peluang emas Pazzini tersebut bisa menjadi gol, mungkin Rossoneri bakal mendapat angin segar dan mampu membalik keadaan.

Harapan Milan untuk mengais poin di Juventus Stadium akhirnya sirna setelah Morata berhasil menjebol gawang Diego Lopez yang juga mantan koleganya di Madrid. Striker asal Spanyol itu memanfaatkan bola muntah dari sepakan keras Claudio Marchisio yang membentur tiang gawang. Keunggulan Juventus pun kembali bertambah menjadi 3-1.

Merasa putus asa, dengan waktu yang tersisa, para pemain Milan mencoba peruntungan dengan melakukan beberapa tembakan jarak jauh. Namun, usaha mereka sepertinya tidak dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukan tidak berubah. Sulley Muntari dkk pun harus pulang ke Milano dengan kepala tertunduk.

Selama 90 menit, Juve tercatat unggul tipis dalam ball possession sebanyak 53 persen. Meski demikian, Tevez dkk mampu melesatkan 20 tembakan dengan delapan di antaranya on target dan tiga menjadi gol. Sementara itu, dari 11 tembakan yang dilepaskan Milan, hanya tiga yang on target dan hanya satu yang menembus gawang Buffon.

Dengan kemenangan atas Milan ini, Juventus dipastikan semakin nyaman sebagai capolista. Serigala Roma yang berada di peringkat kedua membutuhkan doa dan usaha ekstra keras jika ingin mendongkel sang Nyonya Tua dari puncak klasemen Serie A.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 7
Buffon 7; Padoin 6, Bonucci 6.5, Chiellini 6.5, Evra 6; Marchisio 7/Ogbonna 6 (84’), Pirlo 6, Pogba 6.5; Vidal 6; Tevez 7.5/Llorente 6 (90’), Morata 7.5.
Coach: Allegri 7.

Milan (4-2-3-1): 5
Diego Lopez 6.5; Zaccardo 5/Rami 6 (78’), Alex 4.5, Paletta 5.5, Antonelli 6.5; Poli 6/Bonaventura 5.5 (62’), Essien 4; Muntari 4, Cerci 6, Menez 5/Pazzini 5.5 (37’); Honda 4.5.
Coach: Inzaghi 5.5.

Referee: Damato 6.5.

Man of the Match: Alvaro Morata.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 22: Juventus 3-1 Milan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s