Review Serie A 2014-2015 Giornata 23: Cesena 2-2 Juventus

Juventus gagal mengemas poin penuh dari lawatannya di kandang tim gurem Cesena. Pada laga Liga Italia Serie A giornata ke-23 dini hari tadi WIB (16/02), Gigi Buffon dkk hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan tim berlogo kuda laut tersebut.

Hasil ini patut disayangkan, karena selain memalukan, Juve juga gagal menambah jarak dari kejaran tim peringkat kedua AS Roma. Pada laga beberapa jam sebelumnya, Serigala Ibu Kota juga menuai hasil yang tidak maksimal setelah ditahan imbang dengan skor kacamata 0-0 di kandang sendiri oleh tim juru kunci Parma.

Ketidakhadiran Carlos Tevez karena hukuman akumulasi kartu kuning memang membuat lini depan Juve tidak segarang biasanya. Sebagai solusi absennya el Apache, pelatih Max Allegri menduetkan Alvaro Morata dengan Fernando Llorente. Selain itu, di lini belakang, tempat Giorgio Chiellini juga digantikan oleh Angelo Ogbonna.

Tanpa Tevez dan Chiellini, Bianconeri memang memulai laga dengan canggung. Dalam 10 menit pertama, gawang Nyonya Tua sudah mendapat tiga kali ancaman yang berbahaya dari tim tuan rumah. Beruntung, Santo Pelindung Juve, San Gigi Buffon, tampil prima dengan menggagalkan tiga peluang emas Cesena. Tercatat, dua kali Buffon mementahkan sepakan Gregoire Defrel. Yang pertama dari jarak dekat dan yang kedua adalah tendangan dari luar kotak penalti.

Namun, pada menit ke-17, gawang Juve akhirnya jebol juga. Memanfaatkan kesalahan Andrea Pirlo yang kemarin tampil seperti pemain amatiran, Defrel meluncurkan serangan balik dengan mengirimkan umpan brilian yang diselesaikan dengan sempurna oleh Milan Djuric. Cesena pun secara mengejutkan unggul satu gol dan membuat para Juventini terdiam.

Tertinggal 0-1 tampaknya membuat para pemain Juve tersentak. Sekitar sepuluh menit kemudian, tim tamu berhasil menyamakan skor lewat gol sundulan Morata dengan memanfaatkan umpan dari Pogba. Tidak lama berselang, La Vecchia Signora kembali menambah gol, tepatnya pada menit ke-33. Kali ini giliran Claudio Marchisio yang menjebol gawang kiper Nicola Leali yang notebene adalah pemain pinjaman dari Juve. Skor 2-1 itu pun bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Juve kembali terlena seperti di awal babak pertama. Arturo Vidal tampak kesulitan menekan pertahanan Cesena untuk menambah keunggulan. Sementara itu, tim tuan rumah terus berusaha memberikan serangan balik untuk menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-70, usaha keras tim asuhan Domenico Di Carlo untuk merebut satu poin dari Juve pun menjadi kenyataan. Crossing dari bek kiri Francesco Renzetti berhasil diteruskan oleh Djuric kepada Franco Brienza. Tanpa ampun, pemain Cesena bernomor punggung 11 itu pun membuat Buffon harus kembali memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua.

Setelah skor menjadi 2-2, Juve yang semula tertidur kembali bangun dan membombardir pertahanan Cesena dengan serangan sporadis. Saat hampir frustrasi, sang Nyonya Tua seakan mendapat berkah. Pada menit ke-82, bola hasil tendangan salto Llorente ditahan dengan tangan oleh Stefano Lucchini di kotak terlarang. Wasit pun mengganjar Cesena dengan tendangan penalti.

Namun, sayang sekali. Arturo Vidal yang biasanya piawai dalam mengeksekusi penalti, dini hari tadi gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Tendangan gelandang asal Chile itu melenceng dari gawang Leali. Hal tersebut seakan melengkapi penampilannya yang memang melempem bersama Juventus sepanjang musim ini.

Setelah membuang kesempatan emas lewat tendangan penalti, dengan sisa waktu yang semakin mepet, Juve kesulitan untuk meraih keunggulannya kembali. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor tetap imbang 2-2.

Hasil seri ini merupakan tamparan keras bagi Juve agar tidak kembali meremehkan lawan dan membuang poin dengan percuma. Meski demikian, saat ini sang Nyonya Tua tetap nyaman sebagai capolista dengan keunggulan tujuh angka atas Serigala Roma.

***

Ratings

Cesena (4-3-1-2): 7
Leali 6.5; Perico 5/Nica 6.5 (60’), Kranjc 5.5, Lucchini 5, Renzetti 6.5; Ze Eduardo 6, De Feudis 6, Giorgi 6/Carbonero 6 (83′); Brienza 7.5; Djuric 7.5/A. Rodríguez 6 (83′), Defrel 7.
Coach: Di Carlo 7.5.

Juventus (4-3-1-2): 5.5
Buffon 6.5; Lichsteiner 5, Bonucci 5, Ogbonna 5.5, Evra 5.5; Marchisio 6.5, Pirlo 5, Pogba 5.5/Pereyra 5.5 (75′); Vidal 5.5/Coman 6 (88′); Morata 6.5, Llorente 5.5/Pepe6 ( 88′).
Coach: Allegri 5.5.

Referee: Russo 6.

Man of the Match: Milan Djuric.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 23: Cesena 2-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s