Review Serie A 2014-2015 Giornata 24: Juventus 2-1 Atalanta

Meski sempat tertinggal lebih dulu lewat gol sundulan si botak Giulio Migliaccio, Juventus akhirnya mampu mengemas tiga poin kala menjamu Atalanta di Juventus Stadium dini hari tadi WIB (21/02). Dua gol kemenangan sang Nyonya Tua pada giornata ke-24 Liga Italia Serie A tersebut disumbangkan oleh Fernando Llorente dan Andrea Pirlo.

Sejak awal laga, Juve sebenarnya berusaha untuk menggebrak pertahanan Atalanta. Namun, sayang, sepakan Llorente dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan Claudio Marchisio tidak berbuah gol. Striker Spanyol tersebut dinyatakan dalam posisi offside. Lima menit kemudian, tepatnya pada menit ke-9, tembakan Llorente yang mendapat bola dari Pirlo juga melenceng ke arah kanan gawang Atalanta.

Juve tidak patah arang dan terus menekan gawang tamunya dengan percobaan dari Leo Bonucci lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-18. Tetapi, upaya itu kembali gagal. Begitu juga dengan tendangan Llorente yang meneruskan umpan Pirlo semenit kemudian juga melebar dan tidak menemui sasaran.

Atalanta yang bertahan dengan cukup baik dan mengandalkan serangan balik akhirnya memiliki peluang emas pada menit ke-24. Namun, sepakan keras Daniele Baselli dari dalam kotak penalti masih dapat ditepis oleh Santo Pelindung Juventus, San Gigi Buffon.

Semenit kemudian, saat para Juventini masih terkagum-kagum dengan aksi penyelamatan Buffon, Migliaccio akhirnya membawa Atalanta unggul lewat gol sundulannya. Pemain berkepala plontos tersebut memanfaatkan bola dari tendangan penjuru yang diambil oleh Urby Emanuelson.

Tertinggal satu gol, Juve semakin bernafsu untuk menyerang. Bayang-bayang hasil seri saat melawan Cesena sepekan sebelumnya langsung menghantui benak para Juventini. Dua menit kemudian, tepatnya pada menit ke-26 dan ke-27, dua peluang kembali didapatkan oleh Carlos Tevez dan Roberto Pereyra. Yang pertama meleset, dan yang kedua dapat digagalkan oleh kiper Atalanta.

Penjaga gawang Marco Sportiello yang tampil ciamik kembali mementahkan sepakan Martin Caceres hasil umpan Paul Pogba pada menit ke-38. Namun, semenit kemudian, Atalanta akhirnya berhasil dijebol. Memanfaatkan sepak pojok Pirlo, sundulan Bonucci masih bisa dihalau oleh Sportiello. Tetapi, bola jatuh masih di dalam kotak penalti dan menghasilkan kemelut di depan gawang yang akhirnya dimanfaatkan oleh Llorente untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Sesaat sebelum turun minum, jala Atalanta kembali bergetar. Kali ini sang Maestro Pirlo dengan cermat melepaskan tembakan dari jarak 27 meter yang menghujam ke pojok kanan atas gawang Sportiello. Juve pun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Di babak kedua, tuan rumah kembali berusaha menambah keunggulan. Namun, tandukan Pogba pada menit ke-54 yang hampir menjadi gol masih bisa dihadang oleh kiper Sportiello. Atalanta sendiri juga berusaha menyamakan kedudukan dengan mengandalkan serangan balik yang sporadis.

Memasuki menit ke-65, skor masih belum berubah. Pelatih Allegri pun mulai mengganti beberapa pemain Juve untuk menghemat tenaga jelang melawan Borussia Dortmund di Liga Champions tengah pekan ini. Pogba, Llorente, dan Tevez ditarik keluar dan digantikan oleh Stephan Lichtsteiner, Alvaro Morata dan Kingsley Coman.

Praktis, pada lima belas menit terakhir, Juve lebih banyak mengandalkan kecepatan Morata untuk membongkar pertahanan Atalanta. Namun, tidak ada gol yang tercipta lagi. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Selama 90 menit, Juve memang lebih mendominasi penguasaan bola sampai 62 persen. Tetapi, Tevez dkk hanya mampu melepaskan tembakan 13 kali dengan enam di antaranya on target dan dua menjadi gol. Sementara itu, Atalanta yang hanya menguasai bola 38 persen mampu bermain lebih efektif dengan melesatkan 11 kali tembakan, tiga di antaranya on target, dan satu menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, La Vecchia Signora semakin nyaman di puncak klasemen Serie A dengan 57 poin. Serigala Roma di peringkat kedua untuk sementara tertinggal 10 angka karena baru hari Minggu, besok malam WIB (22/02), bermain di kandang Hellas Verona.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6
Buffon 6.5; Caceres 6.5, Bonucci 6.5, Chiellini 6.5, Padoin 5; Marchisio 5.5, Pirlo 7, Pogba 5/Lichtsteiner 5.5 (65’); Pereyra 6; Tevez 5.5/Coman 6 (89’), Llorente 6/Morata 6 (74’).
Coach: Allegri 6.

Atalanta (4-4-1-1): 6
Sportiello 7; Bellini 6.5, Masiello 6.5, Migliaccio 6.5, Scaloni 6.5; Zappacosta 6/D’Alessandro 6 (51’), Cigarini 6.5, Baselli 6.5/Alejandro Gomez 6 (83’), Drame 6; Emanuelson 6; Denis 6/Boakye 6 (71’).
Coach: Colantuono 6.

Referee: Irrati 6.5.

Man of the Match: Andrea Pirlo.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 24: Juventus 2-1 Atalanta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s