Review Champions League 2014-2015 Round of 16 1st Leg: Juventus 2-1 Borussia Dortmund

Juventus mampu menang tipis dengan skor 2-1 saat menjamu Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu dini hari tadi WIB (25/02). Dua gol kemenangan sang Nyonya Tua dipersembahkan oleh duo strikernya, Carlos Tevez dan Alvaro Morata. Sementara itu, gol balasan Die Borussen dilesakkan oleh bintang utama mereka, Marco Reus. Ketiga gol tersebut tercipta pada babak pertama.

Sejak laga baru dimulai, Juve langsung berusaha menekan pertahanan tamunya yang dikomandoi oleh bek ganteng idola para cewek ababil, Mats Hummels. Dortmund juga tidak tinggal diam dan melakukan serangan balik. Kedua tim tidak saling menunggu dan bermain dalam tempo lumayan cepat pada awal babak pertama.

Setelah saling serang, tuan rumah akhirnya unggul lebih dahulu pada menit ke-13. Mendapatkan bola dari lini tengah, Alvaro Morata langsung berlari dengan menggiring si kulit bundar melewati sisi kiri lapangan. Para pemain Dortmund tampak sulit mengimbangi kecepatan mantan striker Real Madrid tersebut.

Sejurus kemudian, setelah memasuki kotak penalti, Morata melakukan tembakan yang masih dapat ditepis oleh kiper Roman Weidenfeller. Namun, malang tak dapat ditolak oleh Dortmund. Bola kemudian mental dan langsung disambar oleh Carlos Tevez. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Meski demikian, keunggulan Juve tidak berlangsung lama. Lima menit kemudian, Marco Reus menyerobot bola dari Giorgio Chiellini yang terpeleset di depan kotak penalti. Setelah tinggal berhadapan dengan kiper Gigi Buffon, winger yang dijuluki Woodynho itu pun tanpa ampun menghujamkan tendangan keras yang merobek gawang Juve.

Setelah skor menjadi 1-1, tim tamu perlahan-lahan mulai menguasai permainan. Duet gelandang keturunan Turki, Ilkay Gundogan dan Nuri Sahin, menjadi motor Dortmund dalam menjelahi lini tengah. Ball possession Juve semakin menurun setelah pada menit ke-37 Andrea Pirlo mengalami cedera. Sang Maestro pun harus menepi ke bench dan digantikan oleh Roberto Pereyra.

Tanpa Pirlo, Juve menjadi lebih banyak bertahan. Untungnya, Stephan Lichtsteiner, Leo Bonucci, dan Patrice Evra tampil cukup apik dalam meredam tusukan-tusukan Dortmund. Claudio Marchisio dkk pun hanya bisa mengandalkan serangan balik untuk menggedor pertahanan tamunya.

Tetapi, karena terlalu asyik menyerang, Dortmund malah kecolongan. Berawal dari counter-attack yang dimotori oleh Tevez, Juve langsung menusuk benteng pertahanan tim asuhan Juergen Klopp tersebut. Sesaat kemudian, Carlitos mengirim bola ke Paul Pogba yang menembus kotak penalti dari sayap kiri. Setelah itu, gelandang asal Prancis tersebut melepaskan crossing menyusur tanah yang langsung disantap dengan mudah oleh Morata. Juve pun kembali unggul 2-1 pada menit ke-42.

Gol yang berasal dari threesome indah antara Tevez, Pogba, dan Morata tersebut menjadi gol terakhir di babak pertama. Hingga turun minum, skor tidak berubah, tetap 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada babak kedua, Juve tidak mengambil inisiatif untuk menyerang duluan. Bianconeri lebih banyak bertahan. Tampaknya, itu menjadi strategi yang dipilih oleh pelatih Max Allegri untuk mempertahankan keunggulan yang mereka peroleh di babak pertama.

Di pihak lain, Dortmund tampak kesulitan menembus pertahanan Juve. Serangan dari kedua sayap yang mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan dengan mudah dilumpuhkan oleh tim Kuda Zebra. Malah, Die Borussen kerap kesulitan menghadapi serangan balik cepat yang dilancarkan oleh La Vecchia Signora.

Tercatat, sejumlah peluang emas didapatkan oleh Juve melalui counter-attack. Namun, Dewi Fortuna tampaknya masih menaungi Dortmund. Sepakan Marchisio, Tevez, dan Pereyra yang seharusnya bisa berbuah gol malah tidak tepat sasaran karena finishing touch mereka yang kurang sempurna.

Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap 2-1. Meski kalah, secara statistik, Dortmund lebih unggul dalam penguasaan bola yang mencapai 53 persen. Namun, Juve bermain lebih efektif karena mampu melepaskan 10 kali tembakan, tiga di antaranya on target dan dua menjadi gol. Sementara itu, dari 12 kali kesempatan yang didapatkan Ciro Immobile dkk, tiga di antaranya mengarah ke sasaran, tapi hanya satu yang mampu menembus gawang Buffon.

Dengan kemenangan ini, Juve hanya butuh hasil seri saat bertandang ke Signal Iduna Park tiga pekan mendatang. Sementara itu, Dortmund harus bersyukur karena mampu mencetak satu gol away yang sangat berharga. Cukup dengan kemenangan 1-0 di leg kedua, Shinji Kagawa dkk sudah bisa melangkah ke babak perempat final.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 7
Buffon 6; Lichtsteiner 6.5, Bonucci 7.5, Chiellini 5, Evra 6.5; Marchisio 7.5, Pirlo 6.5/Pereyra 6.5 (37′), Pogba 7; Vidal 6/Padoin 6 (86′); Tevez 7.5/Coman 6 (88′), Morata 7.5.
Coach: Allegri 7.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): 6.5
Weidenfeller 6; Piszczek 6.5/Ginter 6 (32′), Sokratis 5/Kirch 5.5 (46′), Hummels 5.5, Schmelzer 5.5; Gundogan 6.5, Sahin 6.5; Mhkitaryan 5.5, Reus 7.5, Aubameyang 6; Immobile 6/Blaszczykowski 6 (76′).
Coach: Klopp 7.

Referee: Lahoz 6.5.

Man of the Match: Alvaro Morata.

Review Champions League 2014-2015 Round of 16 1st Leg: Juventus 2-1 Borussia Dortmund

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s