Preview Serie A 2014-2015 Giornata 25: Roma vs. Juventus

AS Roma, yang di awal musim banyak dijagokan oleh para pengamat untuk menghentikan dominasi Juventus, saat ini tertinggal sembilan poin di klasemen sementara Liga Italia Serie A. Maka dari itu, laga giornata ke-25 pada hari Selasa dini hari WIB (03/03) bakal menjadi penentuan bagi Francesco Totti dkk. Jika sampai kalah dan tertinggal 12 poin dari Juve, harapan para Romanisti untuk meraih scudetto pertama setelah musim 2000/2001 yang lalu akan menjadi sekadar pepesan kosong.

Pada pertemuan di putaran pertama tahun lalu, laga antara Serigala Ibu Kota dan Nyonya Tua di Juventus Stadium berlangsung cukup panas dan kontroversial. Dalam pertandingan yang dihiasi tiga penalti tersebut, Juve selaku tuan rumah menang dengan skor 3-2 atas Roma. Tingginya tensi laga itu juga dibuktikan dengan dua kartu merah yang harus dicabut dari kantong wasit.

Pekan ini, jika tidak hati-hati, tim asuhan Rudi Garcia bisa kembali menuai hasil buruk di kandang sendiri. Apalagi, performa Radja Nainggolan dkk kini sedang loyo. Dari 11 laga terakhir, Roma meraih hasil seri sampai delapan kali. Keganasan sang Serigala Ibu Kota yang biasanya mencabik-cabik lawannya tanpa ampun, tidak terlihat sepanjang tahun 2015 ini. Yang tampak hanyalah seekor serigala culun tanpa taring.

Dalam menjamu Juve, Roma juga kehilangan beberapa pemain pilar. Kevin Strootman kembali tergeletak di meja operasi dan karirnya terancam tamat. Sementara itu, Federico Balzaretti, Leandro Castan, Maicon, dan Victor Ibarbo masih cedera. Striker rekrutan anyar, Seydou Doumbia, kondisinya juga masih meragukan. Kabar baiknya, Juan Iturbe sepertinya sudah bisa duduk di bench, meski kemungkinan tidak akan diturunkan sebagai starter.

Di lain pihak, tim tamu Juve juga kehilangan Andrea Pirlo. Sang Maestro mengalami cedera saat La Vecchia Signora menggebuk Borussia Dortmund di Liga Champions tengah pekan kemarin. Tanpa mantan pemain AC Milan tersebut, Allegri bakal menugaskan Claudio Marchisio sebagai deep-lying playmaker untuk mengatur permainan.

Selain Pirlo, Juve juga dipusingkan dengan kondisi dua andalannya di lini tengah, Paul Pogba yang mengalami cedera otot paha dan Arturo Vidal yang kurang fit. Jika Pogboom dan King Arturo akhirnya tidak bisa diturunkan, kemungkinan Allegri bakal mengubah formasi 4-3-1-2 menjadi 3-5-2 dengan memasang Stefano Sturaro dan Roberto Pereyra untuk menemani Il Principino Marchisio.

Di lini belakang, jika menggunakan 3-5-2, Allegri tampaknya bakal menurunkan trio Martin Caceres, Leo Bonucci, dan Giorgio Chiellini. Sementara itu, Stephan Lichtsteiner dan Patrice Evra akan menjadi wingback kanan dan kiri. Jika Allegri kembali menerapkan empat bek, maka Caceres akan duduk manis di bench.

Untuk duet penyerang di lini depan, Alvaro Morata kemungkinan bakal menemani Carlos Tevez. Striker yang dibuang Real Madrid itu tampil ciamik dengan mencetak gol penentu kemenangan dan menjadi man of the match saat Juve membungkam Dortmund. Di bangku cadangan, Juve juga masih memiliki Kingsley Coman, Alessandro Matri, dan Fernando Llorente jika Allegri membutuhkan alternatif lain untuk menggedor gawang Roma.

Dengan keunggulan sembilan poin di klasemen sementara, hasil seri di kandang Roma sebenarnya sudah cukup bagus bagi Juve. Apalagi, Bianconeri masih harus menyimpan tenaga untuk meladeni Fiorentina di semifinal Coppa Italia tengah pekan mendatang. Sementara itu, bagi Giallorossi, kemenangan adalah harga wajib jika masih bermimpi untuk meraih scudetto pada akhir musim nanti.

***

Probable Line-ups

Roma (4-3-3)
26 De Sanctis; 35 Torosidis, 44 Manolas, 2 Yanga-Mbiwa, 25 Holebas; 15 Pjanic, 16 De Rossi, 4 Nainggolan; 27 Gervinho, 10 Totti, 8 Ljajic.
Bench: 28 Skorupski, 1 Lobont, 23 Astori, 24 Florenzi, 3 Cole, 33 Spolli, 32 Paredes, 20 S. Keita, 48 Ucan, 7 Iturbe, 53 Verde, 88 Doumbia.
Coach: Garcia.
Injured: Strootman, Balzaretti, Castan, Maicon, Ibarbo.

Juventus (4-3-1-2)
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 23 Vidal, 8 Marchisio, 6 Pogba; 37 Pereyra; 9 Morata, 10 Tevez.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 4 Caceres, 15 Barzagli, 5 Ogbonna, 20 Padoin, 17 De Ceglie, 27 Sturaro, 32 Matri, 7 Pepe, 11 Coman, 14 Llorente.
Coach: Allegri.
Injured: Pirlo, Asamoah, Romulo, Marrone.

Referee: Orsato.
Venue: Stadio Olimpico, Rome.
Kick-off: Tue, Mar 3, 2015, 02.45 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Roma 1-1 Juventus.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 25: Roma vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s