Review Serie A 2014-2015 Giornata 25: Roma 1-1 Juventus

Laga antara dua tim peringkat teratas Liga Italia Serie A, Roma vs Juventus, dini hari tadi WIB (03/03) berakhir dengan hasil imbang 1-1. Tim tamu unggul lebih dahulu lewat tendangan bebas cantik yang dilesakkan Carlos Tevez. Sementara itu, tuan rumah membalasnya melalui gol tandukan Seydou Keita.

Pada awal laga, kedua tim tidak banyak melancarkan serangan. Juve lebih sering menunggu di daerah pertahanan sendiri dan memainkan bola di lapangan tengah. Setelah memasuki menit ke-10, Roma mulai mengambil inisiatif untuk menyerang dan menguasai permainan.

Hanya saja, usaha tim tuan rumah untuk membongkar pertahanan tamunya menemui jalan buntu. Leo Bonucci dkk bertahan dengan sangat disiplin untuk menjaga gawang Gigi Buffon. Serangan Roma dari sayap dengan memanfaatkan kecepatan lari Gervinho juga tidak berhasil menembus benteng Juventus.

Alhasil, bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah dan permainan mulai berjalan dengan keras. Tercatat, pada babak pertama, sang pengadil harus mencabut tiga kartu kuning untuk Torosidis Daniele De Rossi, dan Patrice Evra. Hingga turun minum, skor masih sama-sama mandul alias 0-0.

Pada babak kedua, Juve mulai melancarkan serangan balik berbahaya melalui Arturo Vidal dan Roberto Pereyra. Pada menit ke-62, Vidal yang sedang membawa bola dijatuhkan oleh Torosidis, sedikit di depan petak penalti Roma. Tak ayal, wasit langsung mengganjar bek Giallorossi tersebut dengan kartu kuning kedua. Tim tuan rumah pun harus bermain dengan 10 orang dan tim tamu mendapat hadiah tendangan bebas.

Karena sang Maestro Freekick Andrea Pirlo tidak bisa tampil karena cedera, maka Carlos Tevez maju sebagai eksekutor. Tendangan mantan striker Manchester United itu akhirnya dengan indah melewati pagar betis para pemain Roma, lalu menembus sudut kanan atas gawang Morgan De Sanctis. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Setelah timnya tertinggal satu gol, Pelatih Rudi Garcia langsung melakukan tiga pergantian pemain pada menit ke-65, 71, dan 73. Adem Ljajic, Francesco Totti, dan Daniele De Rossi yang tampil melempem ditarik keluar untuk digantikan oleh Alessandro Lorenzi, Juan Iturbe, dan Radja Nainggolan.

Keputusan Garcia untuk mengganti tiga pemain inti tersebut berbuah manis bagi Roma. Masuknya Florenzi, Iturbe, dan Nainggolan membuat permainan Serigala Ibu Kota lebih trengginas dan serangannya menjadi lebih tajam. Juve pun terpaksa bertahan lebih dalam untuk mempertahankan keunggulan mereka.

Hingga akhirnya, pada menit ke-78, Iturbe yang menusuk lewat sayap kanan dijatuhkan Chiellini di dekat kotak penalti. Chiello pun diganjar dengan kartu kuning dan Roma dihadiahi tendangan bebas oleh wasit.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Il Lupi. Florenzi yang mengambil freekick dengan cerdik mengirimkan bola ke tiang jauh gawang Buffon, yang selanjutnya langsung disambut dengan diving header oleh Keita. Juve pun akhirnya kebobolan dan skor berubah menjadi sama kuat 1-1.

Setelah mampu mencetak gol penyeimbang, serangan Roma semakin menjadi-jadi. Miralem Pjanic dkk terus mengurung pertahanan Juve. Martin Caceres cs terpaksa bertahan mati-matian dalam 20 menit terakhir agar gawang Buffon tidak kebobolan lagi.

Namun, hingga wasit meniup peluit akhir, Roma tetap tidak mampu mencetak gol kemenangan. Laga grande partita yang diwarnai dengan 11 kartu kuning itu pun harus berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Dalam 90 menit, Roma sebenarnya lebih banyak menguasai bola (sampai 58 persen). Tetapi, Juve bermain lebih cerdik dan efektif karena mampu melepaskan 10 tembakan dengan satu di antaranya on target dan menjadi gol. Sementara itu, dari delapan tembakan yang dilesatkan Francesco Totti dkk, hanya tiga yang on target dan satu yang menembus gawang Buffon.

Dengan hasil ini, Juve tetap memimpin klasemen Serie A dengan keunggulan sembilan angka dari Roma. Dari 25 laga, sang Nyonya Tua sudah mengumpulkan 58 poin dan meninggalkan Serigala Ibu Kota yang termehek-mehek di peringkat kedua dengan raihan 49 poin.

***

Ratings

Roma (4-3-3): 6
De Sanctis 6; Torosidis 5, Manolas 6.5, Yanga-Mbiwa 5.5, Holebas 5; Pjanic 5.5, De Rossi 5/Nainggolan 6.5 (73′), Keita 7; Gervinho 5.5, Totti 5/Iturbe 6.5 (71′), Ljajic 5.5/Florenzi 6.5 (65′).
Coach: Garcia 6.

Juventus (3-5-2): 6
Buffon 6.5; Caceres 5.5, Bonucci 6.5, Chiellini 5.5; Lichtsteiner 6/Padoin 6 (90′), Vidal 6.5, Marchisio 6, Pereyra 6.5, Evra 6; Tevez 7, Morata 5.5/Coman 6 (83′).
Coach: Allegri 6.

Referee: Orsato 5.5.

Man of the Match: Carlos Tevez.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 25: Roma 1-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s