Preview Coppa Italia 2014-2015 Semifinale di Andata: Juventus vs. Fiorentina

Ambisi Juventus untuk merengkuh Coppa Italia bakal mendapat tantangan dari Fiorentina. Dua tim yang menjadi musuh bebuyutan itu bakal bentrok pada babak semifinal leg pertama di Juventus Stadium, hari Jumat dini hari WIB (06/03).

Kemenangan di pertemuan pertama ini tentu saja diincar oleh Juve selaku tuan rumah. Jika sampai kalah, beban berat bakal dipikul sang Nyonya Tua ketika melakoni leg kedua nanti. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bianconeri kerap kesulitan menaklukkan La Viola di Florence.

Pelatih Max Allegri memang wajib mewaspadai tim milik keluarga Della Valle tersebut. Rekor Fiorentina cukup mentereng tahun ini. Dalam 12 laga terakhir di semua ajang, Mario Gomez dkk tidak terkalahkan. Di Europa League, La Viola baru saja menyingkirkan Tottenham Hotspur yang lebih diunggulkan. Sementara itu, di Serie A pekan lalu, Mohamed Salah dkk mempermalukan Inter dengan skor 1-0 di San Siro.

Juve sendiri baru melakoni laga berat di kandang Roma. Untung saja, dalam pertandingan dua hari yang lalu itu, Carlos Tevez dkk berhasil membawa pulang satu poin dari Stadio Olimpico. Dengan keunggulan sembilan angka dari Serigala Ibu Kota, sang Nyonya Tua bisa nyaman memimpin klasemen Serie A dan segera bersiap menjamu Fiorentina di Coppa Italia.

Meski belum bisa diperkuat Andrea Pirlo yang masih cedera, Juve tetap diunggulkan ketika bertemu La Viola. Apalagi, rekor Gigi Buffon dkk cukup menggetarkan nyali lawan mana pun. Dalam 23 penampilan terakhir di semua ajang, tim Zebra hanya menelan kekalahan sekali. Di Juventus Stadium, tim milik keluarga Agnelli itu sangat sulit ditaklukkan. Bahkan, finalis Liga Champions 2013 Borussia Dortmund pun bertekuk lutut di sana pekan lalu.

Tanpa Pirlo, Allegri bakal mengandalkan Claudio Marchisio sebagai regista. Il Principino akan ditemani oleh Paul Pogba yang kemarin tidak tampil di kandang Roma karena mengalami cedera paha. Satu slot lagi di lini tengah kemungkinan bisa ditempati oleh pemain muda Stefano Sturaro. Selain itu, Juve juga masih memiliki Arturo Vidal dan Roberto Pereyra.

Di lini belakang, jika Allegri menerapkan pola tiga bek, Leo Bonucci dan Giorgio Chiellini sepertinya akan kembali berkolaborasi dengan Andrea Barzagli. Defender juara dunia 2006 bersama Italia itu sudah sembuh dari cedera. Bila kondisinya fit, Coppa Italia menjadi ajang yang cukup tepat untuk menjajal kemampuannya setelah sekian lama absen.

Untuk barisan depan, Alvaro Morata yang akhir-akhir ini menjadi andalan utama untuk menggedor gawang lawan, tampaknya akan diistirahatkan oleh Allegri. Tempatnya bakal digantikan oleh seniornya, Fernando Llorente. Striker asal Spanyol tersebut kemungkinan akan menemani Carlos Tevez atau Kingsley Coman untuk meneror gawang Neto.

Tim tamu Fiorentina sendiri juga melawat ke Turin dengan dua pemain pilar yang kurang fit, yaitu Nenad Tomovic dan Stefan Savic. Selain itu, Khouma Babacar juga mengalami cedera otot. Dengan kondisi tersebut, hasil seri di Juventus Stadium tampaknya sudah cukup memuaskan bagi tim yang dibesut Vincenzo Montella itu.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
Storari; Chiellini, Bonucci, Barzagli; De Ceglie, Vidal, Marchisio, Pogba, Padoin; Llorente, Tevez.
Coach: Allegri.

Fiorentina (4-3-3):
Neto; Alonso, Rodriguez, Richards, Rosi; Valero, Pizarro, Fernandez; Vargas, Gomez, Salah.
Coach: Montella.

Referee: Valeri.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Fri, Mar 6, 2015, 02.45 WIB.
Live: KompasTV.

Prediction: Juventus 0-0 Fiorentina.

Preview Coppa Italia 2014-2015 Semifinale di Andata: Juventus vs. Fiorentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s