Review Serie A 2014-2015 Giornata 26: Juventus 1-0 Sassuolo

Meski tampil kurang memuaskan, Juventus akhirnya mampu membekuk Sassuolo di Juventus Stadium dini hari tadi WIB (10/03). Sekali lagi, Paul Pogba menjadi dewa penyelamat bagi sang Nyonya Tua dengan gol tunggalnya di menit ke-82.

Keunggulan ball possession yang ditunjukkan oleh Claudio Marchisio dkk sejak awal laga menjadi sia-sia karena Juve tampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan Sassuolo. Tim besutan Eusebio Di Francesco itu memang bertahan dengan cukup disiplin. Ditambah lagi, penampilan kiper Consigli juga cukup ciamik dalam mengawal gawangnya dari serbuan tuan rumah.

Strategi parkir bus yang diterapkan oleh Di Francesco memang membuat Juve mati kutu. Tiadanya Andrea Pirlo membuat kreativitas lini tengah La Vecchia Signora menjadi macet. Marchisio yang menjadi penggantinya kurang maksimal dalam membongkar pertahanan tim tamu yang digalang oleh Francesco Acerbi dan mantan Bianconeri Federico Peluso.

Dalam 45 menit pertama, tercatat, Juve hanya mampu membahayakan gawang Sassuolo sekali saja lewat aksi Carlos Tevez, yang sayangnya masih bisa dimentahkan oleh Consigli. Tembakan-tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh tim Zebra juga tidak menemui sasaran. Begitu pula dengan crossing-crossing dari sayap yang mudah dimentahkan oleh para bek Neroverdi.

Mandulnya penampilan Juventus di babak pertama membuat para penonton di stadion frustrasi. Mereka pun mengejek para penggawa Bianconeri yang berjalan menuju ruang ganti. Para Juventini tampaknya masih belum bisa move on dan sakit hati setelah beberapa hari sebelumnya dipermalukan oleh Fiorentina dengan Mohamed Salah-nya.

Pada babak kedua, meski mengurung pertahanan Sassuolo, Juve juga tetap tidak mampu melakukan penetrasi yang berbahaya. Pelatih Max Allegri pun tampak geregetan dan akhirnya memasukkan Simone Pepe dan Fernando Llorente untuk menggantikan Roberto Pereyra dan Alvaro Morata yang tampil memble pada menit ke-63.

Hingga menit ke-80, belum ada tanda-tanda La Vecchia Signora mampu menjebol gawang tamunya. Bayang-bayang hasil seri ketika melawan Sassuolo di putaran pertama pun langsung menghantui para Juventini. Juve terancam gagal memenangi dua laga beruntun di Juventus Stadium.

Namun, pada menit ke-82. Sesuatu terjadi. Simone Pepe melepaskan bola kepada Pogba di depan kotak penalti Sassuolo. Sejurus kemudian, gelandang yang disia-siakan Manchester United itu pun langsung meluncurkan sepakan jarak jauhnya. Dan.. Boom! Bola pun menembus pojok gawang Consigli.

Unggul 1-0, para pemain Juve mulai bersemangat untuk menambah gol. Tapi, hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. Dalam 90 menit, Juve sebenarnya cukup dominan dalam penguasaan bola hingga yang mencapai 63%. Hanya saja, dari 16 tembakan yang mereka lepaskan, hanya 4 yang mengarah ke gawang dan satu yang menjadi gol.

Di lain pihak, Sassuolo hanya mampu melesatkan dua tembakan, satu yang on target, dan tidak ada yang mampu menembus gawang Juve yang kemarin dijaga Marco Storari karena Gigi Buffon terkena flu. Minimnya serangan tim gurem yang mengandalkan Simone Zaza dan Domenico Berardi sebagai tukang gedor itu merupakan konsekuensi dari strategi defensif yang diterapkan oleh Di Francesco.

Dengan kemenangan di giornata ke-26 ini, Juve semakin jauh meninggalkan AS Roma yang kemarin ditahan imbang tanpa gol oleh Chievo. Sang Nyonya Tua kini unggul 11 poin dari Serigala Ibu Kota yang termehek-mehek mengejar di posisi kedua. Dengan 12 laga tersisa, bisa dibilang scudetto keempat beruntun sudah semakin dekat untuk digapai oleh tim tersukses di Italia tersebut.

***

Ratings
Juventus
(4-3-1-2): 6
Storari 6; Lichtsteiner 6, Bonucci 6, Chiellini 5.5, Evra 6.5; Vidal 5.5, Marchisio 6, Pogba 7; Pereyra 5.5/Pepe 6 (63′); Tevez 6.5/Barzagli 6 (87′), Morata 6/Llorente 6 (63′).
Coach: Allegri 6.

Sassuolo (4-3-3): 6
Consigli 6.5; Vrsaljko 6.5, Acerbi 6.5, Peluso 6, Longhi 6; Brighi 6/Chibsah 6 (79′), Magnanelli 6, Missiroli 6/Lazarevic 6 (85′); Berardi 6, Zaza 6, Sansone 5.5/Taider 5.5 (72′).
Coach: Di Francesco 6.5.

Referee: Peruzzo 6.

Man of the Match: Paul Pogba.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 26: Juventus 1-0 Sassuolo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s