Preview Formula 1 Australian Grand Prix 2015

Seri perdana balap Formula 1 musim 2015 dimulai akhir pekan ini di Melbourne, Australia. Hampir semua pengamat F1 sepakat, tim unggulan untuk tahun ini masih tetap sang juara bertahan: Mercedes GP. Hasil tes pramusim menunjukkan tim Silver Arrows memang selangkah di depan para pesaingnya. Hanya saja, prediksi tersebut masih harus dibuktikan oleh duet Lewis Hamilton dan Nico Rosberg pada sesi kualifikasi hari Sabtu ini (14/03).

Di saat tim-tim lainnya masih berkutat dengan masalah pada mobil dan mesinnya, Mercedes W06 Hybrid memang dengan santai melahap ratusan lap tanpa problem yang berarti saat menjalani sesi uji coba di Jerez dan Barcelona bulan lalu. Dengan menggunakan ban Pirelli tipe soft, kecepatan Hamilton dan Rosberg masih sulit ditandingi para pebalap lainnya yang memakai ban supersoft (sangat lunak), yang seharusnya lebih cepat.

Pertanyaannya sekarang, tim mana yang sekiranya dapat mendekati Mercedes, atau, bahkan, membuat kejutan dengan mengalahkan the Silver Arrows di Albert Park? Jika menilik hasil pramusim, Williams, Ferrari, dan Red Bull cukup menjanjikan untuk mengejar tim asal Jerman tersebut. Namun, dari ketiganya, mungkin Williams yang paling berpeluang.

Dengan mobil FW37 yang baru, Williams memang berpotensi untuk mengganjal laju duo Hamilton dan Rosberg di balapan perdana ini. Apalagi, mobil yang digeber oleh Felipe Massa dan Valtteri Bottas tersebut juga sama-sama menggunakan mesin Mercedes, yang dari segi kecepatan tentu tidak berbeda jauh dengan tim juara bertahan itu.

Di lain pihak, tim Kuda Jingkrak Ferrari juga menunjukkan progress yang bagus saat tes pramusim. Dari segi kecepatan, mobil SF15-T yang ditunggangi Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen tidak malu-maluin seperti musim lalu, yang saking lambannya sampai disebut sebagai “shitty car” oleh Niki Lauda, legenda La Scuderia sekaligus petinggi tim Mercedes saat ini.

Di Red Bull, Daniel Ricciardo kembali diandalkan untuk mencuri kemenangan dari duo Mercedes seperti yang beberapa kali dia lakukan musim lalu. Apalagi, balapan di Down Under ini adalah home race bagi bocah asli Aussie tersebut. Salah satu kendala bagi tim yang dimiliki oleh pengusaha minuman berenergi ini adalah mesin Renault yang belum terbukti ketahanannya. Selain itu, dari segi kecepatan juga masih diragukan apakah dapat mempersempit gap dari Mercedes.

Yang juga banyak ditunggu adalah penampilan perdana McLaren dengan Honda. Hasil tes pramusim menunjukkan mesin asal Jepang itu masih sangat lemah. Jangankan melahap ratusan lap seperti Mercedes, baru beberapa lap saja, mobil yang digeber oleh Fernando Alonso dan Jenson Button sudah mogok. Masalah semakin rumit bagi McLaren setelah Alonso mengalami kecelakaan dan gegar otak. Posisinya terpaksa digantikan oleh Kevin Magnussen karena tim medis tidak mengijinkan mantan driver Ferrari tersebut turun membalap di Melbourne.

Selain performa lima tim besar di atas, kiprah tim-tim medioker seperti Lotus, Force India, Sauber, dan tim satelit Red Bull, Toro Rosso, juga layak dinanti. Selain itu, jangan lupakan tim penggembira, eks Marussia, yang musim ini kembali menggunakan nama aslinya, Manor.

Lotus, yang musim ini mendepak mesin Renault yang dianggap lamban dan menyebabkan prestasi melorot musim lalu, masih tetap mengandalkan Romain Grosjean dan Pastor Maldonado. Kini, tim hitam-emas itu menggunakan mesin Mercedes dengan harapan bisa tampil lebih cepat. Impian Lotus adalah mengulangi kemenangan di Melbourne seperti saat bersama Kimi Raikkonen tahun 2013.

Force India yang masih menggunakan mesin Mercedes juga mengincar kejutan lewat dua pebalapnya, Nico Hulkenberg dan Sergio Perez. Kendala finansial memang mendera tim milik Vijay Mallya ini, sehingga peluncuran mobil baru sempat tertunda. Namun, dengan mengandalkan mesin Mercy yang cepat, Hulk dan Perez berpeluang masuk 10 besar, atau, bahkan, membuat kejutan naik podium.

Salah satu tim yang menjadi perbincangan tahun ini adalah Toro Rosso. Hal itu dikarenakan tim satelit Red Bull tersebut menggunakan tenaga dua pebalap bau kencur, yaitu: Max Verstappen dan Carlos Sainz Jr. Max, yang merupakan anak pebalap F1 tahun 1990-an, Jos Verstappen, masih berusia 17 tahun. Bocah ingusan dari Belanda ini bakal ditemani sesama ababil, putra legenda rally asal Spanyol, Carlos Sainz, yang baru berumur 20 tahun.

Dari 10 tim yang berlaga di GP Down Under ini, selain Manor, yang paling pusing adalah Sauber. Bagaimana tidak, tim asal Swiss ini mendapat gugatan dari mantan pebalapnya, Giedo Van Der Garde. Padahal, tim yang dipimpin oleh tante cantik Monisha Kaltenborn ini sudah mengontrak dua pebalap, Marcus Ericsson dan Felipe Nasr. Hasil banding di pengadilan hari ini memenangkan Giedo. Maka dari itu, Sauber harus menggusur salah satu dari Ericsson atau Nasr untuk digantikan oleh Van Der Garde.

Bagaimana dengan tim penggembira, Manor? Tim eks Marussia ini baru menentukan Roberto Merhi untuk menemani Will Stevens beberapa hari yang lalu. Hanya saja, pebalap asal Spanyol itu hanya dikontrak untuk lomba pertama ini saja. Race selanjutnya? Masih belum jelas. Jika Merhi bisa mendapatkan uang dari sponsor, mungkin dia bakal dipakai lagi.

Sementara itu, Pirelli, selaku pemasok ban, membawa tipe medium dan soft untuk balapan di Albert Park. Sirkuit di taman kota Melbourne sepanjang 5,303 kilometer dengan 16 tikungan ini rawan selip. Maka dari itu, gaya membalap di sana menuntut downforce yang tinggi dengan heavy breaking.

Ramalan cuaca menyatakan temperatur balapan weekend ini bakal fluktuatif. Sesi kualifikasi bakal terasa lebih panas dan saat lomba akan lebih dingin. Race direncanakan berlangsung selama 58 lap dan menempuh jarak sejauh 307,574 kilometer.

2015 Formula 1 Rolex Australian Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 13 Maret 2015, dengan sesi Free Practice 1 (08.30 WIB) dan Free Practice 2 (12.30 WIB). Hari Sabtu, 14 Maret 2015, akan diawali sesi Free Practice 3 (10.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualifying (13.00 WIB). Hari Minggu, 15 Maret 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 12.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Australian Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s