Review Serie A 2014-2015 Giornata 28: Juventus 1-0 Genoa

Juventus akhirnya mampu membalas dendam atas kekalahan yang mereka derita dari Genoa pada putaran pertama yang lalu. Dalam laga giornata ke-28 Liga Italia Serie A hari Minggu malam WIB (22/03) kemarin, sang Nyonya Tua berhasil membungkam tamunya dengan skor tipis 1-0 berkat gol Carlos Tevez.

Genoa, yang merupakan satu-satunya tim yang pernah mengalahkan Juve di Serie A musim ini, gagal menggagahi La Vecchia Signora di Juventus Stadium. Dengan hasil ini, Gigi Buffon dkk mencetak rekor fantastis, 42 laga beruntun tak terkalahkan dalam laga kandang di Liga Italia (38 kali menang dan 4 kali seri tanpa pernah tumbang).

Sejak awal laga, Juve sebenarnya sudah langsung menggebrak pertahanan Genoa. Namun, tim asuhan Gian Piero Gasperini tersebut mampu bertahan dengan cukup baik dan mengandalkan serangan balik cepat. Lewat umpan-umpan jauh yang dikirim dari belakang, beberapa kali Diego Perotti berusaha menembus benteng Bianconeri. Untung saja, Andrea Barzagli yang baru sembuh dari cedera bermain cemerlang dan membuat gawang Buffon tetap steril.

Memasuki pertengahan babak pertama, Juve perlahan-lahan mulai menguasai permainan dengan mengandalkan operan-operan pendek yang diarsiteki oleh Claudio Marchisio. Hingga akhirnya, pada menit ke-25, Roberto Pereyra dari sisi kanan mengirim bola kepada Tevez. Meski dikawal oleh beberapa bek, dengan membawa bola, el Apache sendirian menembus kotak penalti Genoa. Sejurus kemudian, dia melepaskan tembakan keras dari sudut sempit yang langsung mengoyak pojok kanan atas gawang Mattia Perin.

Unggul 1-0, Juve tidak mengendurkan serangan. Arturo Vidal dkk terus berusaha menggedor pertahanan Genoa. Mendekati akhir babak pertama, tembakan Chiellini hampir menghasilkan gol kedua jika tidak membentur gawang. Hingga turun minum, skor tetap tidak berubah.

Di babak kedua, Juve mulai menurunkan tempo permainan dan tidak terlalu agresif dalam menyerang. Sementara itu, Genoa harus mendapat cobaan pada menit ke-52 setelah kiper Perin mengalami cedera. Alhasil, penjaga gawang masa depan timnas Italia itu pun digantikan oleh Eugenio Lamanna.

Namun, pergantian kiper tersebut ternyata membawa berkah bagi Genoa. Tak beberapa lama kemudian, Lamanna berhasil menyelamatkan gawang il Grifone setelah mementahkan eksekusi Carlos Tevez. Juve mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit setelah Pereyra dijatuhkan Facundo Roncaglia di kotak terlarang.

Keberhasilan kiper Lamanna tersebut menaikkan moral para pemain Genoa. Juraj Kucka dkk pun mulai melancarkan serangan balasan dalam 10 menit terakhir babak kedua. Namun, tembok Juve yang digalang oleh Barzagli terlampau kokoh. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor 1-0 tetap tidak berubah.

Selama 90 menit, tim Zebra tercatat mendominasi penguasaan bola hingga 55 persen. Sebanyak 13 tembakan dilepaskan oleh Alessandro Matri dkk dengan empat di antaranya on target dan satu menjadi gol. Sementara itu, dari sembilan tembakan yang dilesatkan oleh Marco Borriello dkk, hanya satu yang mengarah ke sasaran dan tidak ada yang mampu menjebol gawang Buffon.

Dengan hasil ini, Juve tetap kukuh memimpin klasemen sementara Serie A dengan 67 poin. Sang Nyonya Tua unggul 14 angka dari Serigala Roma yang pada laga dini hari tadi WIB (22/03) akhirnya mampu meraih kemenangan di kandang Cesena, setelah di pekan-pekan sebelumnya kalah dan seri melulu.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 6.5
Buffon 6; Barzagli 7, Bonucci 5.5, Chiellini 6.5; Lichtsteiner 6/Pepe 5.5 (72′), Pereyra 6, Marchisio 6, Vidal 6/Sturaro (88′), Padoin 6; Llorente 5.5/Matri 6 (72′), Tevez 7.
Coach: Allegri 6.5.

Genoa (3-4-3): 5.5
Perin 6/Lamanna 7 (52′); Roncaglia 5.5, Burdisso 6.5, De Maio 6; Ednilson 5.5, Bertolacci 6, Kucka 5, Bergdich 5; Lestienne 5/Laxalt 6 (66′), Perotti 6, Niang 5/Borriello 5 (46′).
Coach: Gasperini 6.

Referee: Di Bello 5.

Man of the Match: Carlos Tevez.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 28: Juventus 1-0 Genoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s