Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 5: Bulgaria 2-2 Italia

Italia hampir saja menuai malu saat bertandang ke Vasil Levski National Stadium, Sofia, kemarin dini hari WIB (29/03). Hingga menit ke-84, Gli Azzurri masih tertinggal 1-2 dari tuan rumah Bulgaria pada matchday kelima grup H EURO 2016 Qualifiers. Untung saja, ada oriundo, yang pemanggilannya sempat memantik kontroversi, Eder Citadin Martins, yang berhasil menyelamatkan muka Mister Antonio Conte dengan gol spektakuler dari luar kotak penalti.

Saat laga baru dimulai, Italia sebenarnya sudah unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri pemain lawan. Pada menit ke-4, bola crossing yang dilepaskan oleh Gli Azzurri malah mengenai bek Bulgaria Yordan Minev yang sedang berjibaku dengan Simone Zaza. Tak pelak, bola pun meluncur masuk ke gawang kiper Mihaylov.

Tertinggal 0-1 ternyata tak membuat tim tuan rumah down. Sebaliknya, anak-anak asuh Ivaylo Petev itu malah meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan Italia. Alhasil, tidak butuh waktu lama bagi Bulgaria untuk membalas ketertinggalan. Pada menit ke-11, Ivelin Popov berhasil mencetak gol indah dengan memanfaatkan assist dari Stanislav Manolev.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, Bulgaria masih terus mencecar pertahanan Italia yang sepertinya masih kaget dengan gol Popov tadi. Hal tersebut akhirnya membawa petaka pada gawang Salvatore Sirigu untuk kali kedua. Pada menit ke-17, Ilian Micanski yang memanfaatkan umpan Georgi Milanov berhasil menembus benteng Gli Azzurri yang bocor bak kondom berkualitas rendah. Gol sundulannya pun membuat kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Hingga turun minum, Italia kesulitan untuk menyamakan kedudukan. Usaha yang dilakukan oleh duet Simone Zaza dan Ciro Immobile selalu kandas sebelum masuk ke daerah pertahanan Bulgaria. Hal tersebut berlanjut sampai babak kedua.

Memasuki menit ke-58, Conte yang mulai frustrasi dengan kinerja tim asuhannya melakukan pergantian pemain. Zaza yang tampil melempem ditarik keluar dan digantikan oleh oriundo asal Brasil, Eder. Setelah itu, pada menit ke-72 dan 77, giliran Roberto Soriano dan Manolo Gabbiadini yang dimasukkan untuk menggantikan Andrea Bertolacci dan Luca Antonelli.

Tiga substitusi tersebut pada awalnya tidak membuahkan hasil. Italia masih kesulitan menembus ketatnya pertahanan Bulgaria. Kinerja lini tengah yang buruk dan minim kreasi juga menyulitkan barisan striker Gli Azzurri untuk mencetak gol. Marco Verratti dan Antonio Candreva terlihat belum mampu menggantikan peran Andrea Pirlo dan Claudio Marchisio yang sedang cedera.

Namun, di saat para tifosi hampir putus asa, datanglah momen tersebut. Menerima bola dari Soriano di depan kotak penalti Bulgaria, Eder yang saat itu dikawal ketat oleh kapten Bulgaria Svetoslav Dyakov berhasil melesatkan tendangan sambil membalik badan 180 derajat. Tak ayal, bola melengkung hasil tembakan pemain asal Brasil itu pun menembus gawang kiper Mihaylov dengan indahnya.

Hingga wasit meniup peluit akhir, kedudukan 2-2 tetap tidak berubah. Dengan hasil imbang ini, Italia memang belum terkalahkan sejak dibesut oleh Conte. Namun, dari lima laga grup H EURO 2016 Qualifiers, Giorgio Chiellini dkk baru mengumpulkan 11 poin dan masih belum beringsut dari posisi kedua. Gli Azzurri tertinggal dua angka dari Kroasia yang pada laga sebelumnya membekap Norwegia dengan skor 5-1.

***

Ratings

Bulgaria (4-2-3-1): 6
Mihaylov 5; Manolev 6, Bodurov 6, A. Aleksandrov 5.5, Minev 6; Dyakov 6, Gadzhev 6; Milanov 6.5/Vasilev 6 (89’), Popov 7, M. Alexandrov 6; Micanski 7/Bojinov 5.5 (73’).
Coach: Petev 6.

Italia (3-5-2): 5
Sirigu 6; Barzagli 5.5, Bonucci 5, Chiellini 6; Darmian 5, Candreva 5, Verratti 5, Bertolacci 6/Soriano 6 (72’), Antonelli 6/Gabbiadini 5 (77’); Zaza 5/Eder 7 (58’), Immobile 5.
Coach: Conte 5.

Referee: Skomina 6.

Man of the Match: Eder.

Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 5: Bulgaria 2-2 Italia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s