Preview International Friendly Match 2015: Italia vs. Inggris

Antonio Conte bakal kembali ke Juventus Stadium dalam kapasitasnya sebagai pelatih tim nasional Italia, Rabu dini hari nanti WIB (01/04). Sosok yang berhasil mengentaskan Juve dari keterpurukan dan sukses mempersembahkan tiga gelar Scudetto beruntun tersebut bakal menjamu Inggris dalam laga persahabatan. Namun, bukan sambutan hangat yang dia dapatkan dari para Juventini, melainkan ancaman mati.

Ya, pasca-insiden cederanya Claudio Marchisio, hubungan Conte dengan Juventus, terutama sang big boss John Elkann, memang memburuk. Bahkan, ada seseorang yang identitasnya belum diketahui mengirimkan teror ancaman pembunuhan dan menyalahkan Conte atas cederanya Marchisio. Yang terakhir, beredar kabar FIAT, yang notabene adalah pemilik Juve dan selama ini menjadi sponsor utama Gli Azzurri, akan menarik dukungan terhadap tim nasional Italia.

Hal tersebut tentu saja menjadi “kontroversi hati” bagi Conte menjelang partai persahabatan melawan tim asuhan Roy Hodgson. Jika tidak waspada, Inggris dengan Hurri-Kane-nya berpotensi mempermalukan Italia yang sedang dilanda kegalauan di Juventus Stadium.

Hasil pada laga terakhir di ajang EURO 2016 Qualifiers memang menunjukkan Inggris di atas angin. Di kala Harry Kane dkk sukses melumat Lithuania dengan empat gol tanpa balas, Italia hampir saja kalah dari tim medioker Bulgaria di Sofia. Untung saja ada sang oriundo asal Brasil, Eder, yang menyelamatkan Gli Azzurri dengan gol indahnya dari jarak jauh.

Sejak dibesut oleh Conte, Italia memang belum tersentuh kekalahan. Namun, grafik penampilan Marco Verratti dkk cenderung menurun. Dalam dua laga terakhir, mereka bermain imbang. Tak pelak, kini Gli Azzurri hanya menghuni peringkat kedua dan tertinggal dua poin dari Kroasia yang memimpin grup H babak kualifikasi EURO 2016.

Untuk menghadapi Inggris dini hari nanti, Conte sudah mengkonfirmasi bakal kembali menerapkan formasi 3-5-2. Hanya saja, kali ini akan ada beberapa pemain cadangan yang diturunkan. Meski demikian, di sektor penjaga gawang, il capitano Gigi Buffon yang absen saat melawan Bulgaria karena terserang flu, tampaknya sudah bisa tampil kembali.

Di lini belakang, Conte bakal memasang trio Andrea Ranocchia, Leo Bonucci, dan Giorgio Chiellini untuk membentengi gawang Buffon. Sementara itu, Alessandro Florenzi dan Matteo Darmian kabarnya akan menjadi duo wing-back untuk menggedor pertahanan Inggris dari sisi lapangan. Jika Florenzi memang benar diturunkan, hal tersebut akan memantik kontroversi karena bek sayap bukan posisi aslinya. Selain itu, Conte juga masih memiliki Davide Santon yang memang murni seorang bek kiri.

Di lini tengah, Verratti yang mengenakan nomor punggung 10, kali ini tampaknya bakal diistirahatkan. Perannya sebagai regista akan diemban oleh Mirko Valdifiori yang disebut-sebut sebagai the new Andrea Pirlo. Playmaker Empoli tersebut akan ditemani oleh Marco Parolo dan Roberto Soriano. Trio gelandang tersebut akan menjadi penyuplai bola bagi duet striker Eder dan Graziano Pelle.

Sementara itu, tim tamu Inggris tampaknya akan memainkan bintang barunya, Harry Kane, sejak menit awal. Striker Tottenham itu langsung mencetak gol dalam waktu 80 detik pada laga debutnya melawan Lithuania kemarin. Hurri-Kane kemungkinan besar bakal menjadi tandem bagi Wayne Rooney. Duet maut tersebut akan disokong oleh Ross Barkley dari Everton yang akan bermain di belakang duo striker.

Roy Hodgson sendiri bukannya tanpa masalah menjelang lawatan ke Italia ini. Mantan pelatih Liverpool itu harus kehilangan empat pemain intinya karena cedera. Tanpa James Milner, Raheem Sterling, Danny Welbeck, dan Leighton Baines, Uncle Roy terpaksa memaksimalkan skuat yang tersisa untuk membalas kekalahan mereka di World Cup 2014 yang lalu.

***

Probable Line-ups

Italia (3-5-2):
Buffon; Ranocchia, Bonucci, Chiellini; Florenzi, Parolo, Valdifiori, Soriano, Darmian; Eder, Pelle.
Coach: Conte.

Inggris (4-3-1-2):
Hart; Walker, Smalling, Jagielka, Gibbs; Henderson, Carrick, Delph; Barkley; Rooney, Kane.
Coach: Hodgson.

Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Wed, Apr 01, 2015, 01.45 WIB.
Live: KompasTV.

Prediction: Italia 1-1 Inggris.

Preview International Friendly Match 2015: Italia vs. Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s