Review International Friendly Match 2015: Italia 1-1 Inggris

Inggris gagal membalas kekalahan dari Italia di ajang Piala Dunia 2014 yang lalu. Pada laga persahabatan yang digelar di Juventus Stadium, hari Rabu dini hari WIB (01/04) kemarin, tim asuhan Roy Hodgson itu hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Gli Azzurri.

Italia memang rival yang sulit ditaklukkan oleh Inggris. Dalam 13 pertemuan terakhir, the Three Lions hanya mampu menang dua kali. Sisanya, tujuh kali kalah dan empat kali berakhir seri. Kekalahan yang diderita oleh Wayne Rooney dkk dari Gli Azzurri termasuk dalam dua major event terakhir, yaitu pada babak perempat final EURO 2012 di Polandia-Ukraina dan fase grup Piala Dunia 2014 di Brasil.

Meski demikian, tim Italia yang dihadapi oleh Inggris kemarin berbeda dengan dua laga sebelumnya yang dilatih oleh Cesare Prandelli. Saat ini, Gli Azzurri dibesut oleh Antonio Conte. Sejak ditangani oleh mantan allenatore Juve tersebut, Italia memang belum terkalahkan dengan capaian lima kali menang dan tiga kali seri.

Sejak awal laga, Inggris sebenarnya bermain lebih agresif daripada tim tuan rumah. Jordan Henderson dkk juga lebih banyak menguasai bola dan menekan pertahanan Italia yang dikomandani oleh Giorgio Chiellini. Namun, Harry Kane dkk terlihat kesulitan untuk menciptakan peluang yang membahayakan gawang Gigi Buffon.

Italia sendiri yang menerapkan pola 3-5-2 ala Juve-nya Conte tampil lebih tenang dengan membangun serangan dari kaki ke kaki. Dalam menggedor pertahanan Inggris, juara dunia empat kali tersebut lebih sering mengandalkan serangan balik cepat lewat dua pemain sayapnya, Alessandro Florenzi dan Matteo Darmian.

Setelah bermain selama 29 menit, usaha Italia menuai hasil. Chiellini yang membawa bola sendirian dan melakukan penetrasi dari sisi kiri berhasil mengirim umpan lambung ke petak penalti Inggris yang langsung disambut oleh Graziano Pelle. Gawang Joe Hart pun jebol oleh sundulan striker Southampton yang mandul gol di Premier League selama tahun 2015 tersebut.

Tertinggal satu gol, Inggris langsung berupaya untuk membalas. Namun, hingga turun minum, upaya tim yang belum pernah menjadi juara EURO itu tidak menemui hasil. Maka dari itu, saat memasuki babak kedua, Hodgson langsung melakukan perubahan. Nathaniel Clyne dan Theo Walcott yang tampil melempem ditarik keluar dan digantikan oleh Kyle Walker dan Ross Barkley.

Melihat perubahan yang dilakukan Hodgson, Conte pun tidak tinggal diam. Untuk mempertahankan keunggulan, pelatih yang membawa Juve menjadi juara Liga Italia tiga musim beruntun itu juga melakukan enam pergantian pemain dari menit ke-60 hingga ke-73.

Namun, upaya Conte tersebut ternyata malah berakhir sia-sia. Pada menit ke-79, Inggris berhasil menyamakan kedudukan lewat Andros Townsend. Pemain Tottenham Hotspur yang baru masuk pada menit ke-70 itu mencetak gol indah dari luar kotak penalti Italia. Buffon yang sebenarnya tampil cemerlang pun harus memungut bola yang menggetarkan jala gawangnya.

Setelah kedudukan imbang 1-1 dan waktu tersisa sekitar 10 menit, kedua tim terlihat meningkatkan intensitas seragan. Tetapi, hingga wasit meniup peluit akhir, gol kemenangan yang ditunggu-tunggu tidak kunjung tiba.

Selama 90 menit, Inggris tercatat lebih dominan dalam penguasaan bola hingga 60 persen. Meski demikian, Italia bermain lebih efektif karena mampu melepaskan 10 tembakan, tiga di antaranya on target, dan satu menjadi gol. Sementara itu, dari 10 tembakan yang dilontarkan Hurri-Kane dkk, lima di antaranya memang mengarah ke sasaran, tetapi hanya satu yang bisa menembus gawang Buffon.

***

Ratings

Italia (3-5-2): 6.5
Buffon 7; Ranocchia 6.5, Bonucci 6, Chiellini 6/Moretti 5.5 (72’); Florenzi 5.5/Abate 6 (60’), Parolo 6.5, Valdifiori 6.5/Verratti 6 (67’), Soriano 6.5, Darmian 6.5/Antonelli 6 (73’); Pelle 7/Immobile 5.5 (61’), Eder 7/Vazquez 6 (61’).
Coach: Conte 6.5.

Inggris (4-3-1-2): 6.5
Hart 7; Clyne 5/Walker 6 (46’), Smalling 6/Carrick 6.5 (44’),Jagielka 5.5, Gibbs 5.5/Bertrand 6 (88’); Henderson 6/Mason 6 (74’), Jones 6, Delph 5.5/Townsend 7 (70’); Rooney 7; Kane 5.5, Walcott 5/Barkley 7 (55’).
Coach: Hodgson 6.5.

Man of the Match: Eder.

Review International Friendly Match 2015: Italia 1-1 Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s