Preview Serie A 2014-2015 Giornata 29: Juventus vs. Empoli

Setelah international break selama dua pekan, Juventus bakal melanjutkan kiprahnya di Liga Italia dengan menjamu Empoli pada hari Minggu dini hari nanti WIB (05/04). Juve yang sudah unggul 14 poin atas Roma di puncak klasemen Serie A wajib meraih angka penuh pada giornata ke-29 di Juventus Stadium untuk semakin mendekatkan diri pada Scudetto.

Hal tersebut didukung oleh fakta AS Roma yang bakal melakoni laga terjal dengan menjamu Napoli malam ini. Maka dari itu, jika Serigala Ibu Kota sampai tertahan, atau, bahkan, tersungkur di kaki il Partenopei, kans Juventus untuk meraih gelar juara keempat beruntun semakin terbuka lebar.

Statistik Juve dalam empat laga terakhir juga sangat mendukung. Carlos Tevez dkk selalu menang dan Gigi Buffon selalu mencatat clean sheet alias tidak kebobolan sama sekali. Tentu saja bakal sulit bagi Empoli yang hingga laga ke-28 di Serie A musim ini baru mengemas 30 gol untuk mempecundangi sang Nyonya Tua di kandang sendiri.

Meski di atas angin, Juve bukannya tanpa masalah. Sejumlah pemain pilar yang cedera, terutama di lini tengah, cukup membuat pusing kepala Barbie, eh, Max Allegri. Claudio Marchisio, yang sempat memicu konflik antara Juve dan tim nasional Italia, belum fit untuk diturunkan. Demikian juga dengan Paul Pogba dan Andrea Pirlo yang sudah lebih dulu tumbang.

Tak ayal, Allegri tinggal memiliki Arturo Vidal, Roberto Pereyra, Stefano Sturaro, dan pemain serba bisa Simone Padoin untuk diandalkan di lini tengah. Di antara keempatnya, Sturaro kemungkinan bakal dipilih sebagai regista untuk mengisi peran yang biasanya diemban oleh Pirlo atau Marchisio tersebut. Gelandang muda asal Genoa itu kemungkinan akan ditemani oleh Vidal dan Pereyra dalam formasi 3-5-2.

Di lini belakang, Allegri mungkin bakal mengistirahatkan Andrea Barzagli dan memberi kesempatan pada Angelo Ogbonna yang musim ini jarang dimainkan. Mantan bek andalan Torino itu akan bahu-membahu dengan Leo Bonucci dan Giorgio Chiellini untuk membentengi gawang Buffon dari gempuran Mirko Valdifiori dkk.

Sementara itu, untuk sektor depan, Tevez tampaknya akan tetap menjadi andalan utama, dengan catatan Carlitos tidak kelelahan sepulang membela tim nasional Argentina di Amerika Serikat. Striker yang pernah mengantarkan Manchester United menjuarai Liga Champions tahun 2008 itu bakal dipasangkan dengan Fernando Llorente atau Alvaro Morata.

Di lain pihak, meski saat ini hanya menduduki peringkat ke-13 di klasemen sementara Serie A, Empoli tidak bisa diremehkan. Tim gurem yang musim lalu masih berjibaku di Serie B itu termasuk tim yang sulit dikalahkan musim ini. Pasukan Maurizio Sarri tercatat hanya pernah tumbang tujuh kali dan banyak menorehkan hasil seri. Atas prestasi tersebut, pelatih Sarri sampai dilirik oleh AC Milan untuk menggantikan Pippo Inzaghi musim depan.

Empoli sendiri menargetkan bisa mencuri poin di Juventus Stadium. Statistik juga mendukung karena mereka tak terkalahkan dalam lima laga terakhir. Selain itu, Empoli juga ingin mewujudkan misi bertahan di Serie A. Saat ini, Daniele Rugani dkk sudah mengumpulkan 33 poin. Dengan 10 laga tersisa, Riccardo Saponara dkk wajib mencapai zona aman 40 poin supaya tidak terdegradasi ke Serie B.

Dengan data dan fakta di atas, Juve memang layak waspada. Jika tidak hati-hati, La Vecchia Signora rawan tertahan di kandang sendiri. Apalagi, Empoli memiliki playmaker andalan, Mirko Valdifiori, yang disebut-sebut sebagai the new Pirlo dan debutnya di tim nasional Italia kemarin mendapat pujian dari mantan pelatih Juve yang kini mengarsiteki Gli Azzurri, Antonio Conte.

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
1 Buffon; 5 Ogbonna, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 23 Vidal, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 33 Evra; 10 Tevez, 14 Llorente.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 15 Barzagli, 39 Marrone, 17 De Ceglie, 20 Padoin, 24 Vitale, 7 Pepe, 9 Morata, 32 Matri.
Coach: Allegri.
Injured: Asamoah, Romulo, Caceres, Pogba, Pirlo, Marchisio, Coman.

Empoli (4-3-1-2):
33 Sepe; 21 Mario Rui, 24 Rugani, 26 Tonelli, 23 Hysaj; 11 Croce, 6 Valdifiori, 88 Vecino; 5 Saponara; 20 Pucciarelli, 7 Maccarone.
Bench: 1 Pugliesi, 28 Bassi, 50 Somma, 19 Barba, 2 Laurini, 8 Signorelli, 4 Diousse, 25 Brillante, 18 Verdi, 27 Zielinski, 9 Mchedlidze, 10 Tavano.
Coach: Sarri.
Injured: Guarente.

Referee: Giacomelli.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Apr 5, 2015, 02.00 WIB.
Live: beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 2-0 Empoli.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 29: Juventus vs. Empoli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s