Preview Formula 1 Chinese Grand Prix 2015

Kemenangan Sebastian Vettel di Malaysia dua pekan lalu memang membangkitkan keseruan Formula 1 yang sempat memudar setelah dominasi Mercedes musim kemarin. Namun, keinginan para F1 mania untuk melihat Ferrari kembali berjaya di GP Tiongkok akhir pekan ini kemungkinan bakal sulit tercapai.

Ada beberapa hal yang membuat peluang Ferrari untuk “mencuri” kemenangan dari Mercedes di Shanghai tidak sebesar di Sepang. Salah satu di antaranya adalah faktor suhu udara di Tiongkok yang tidak sepanas di Malaysia, dimana temperatur lintasan di sana bisa menembus angka 62 derajat Celsius. Sementara itu, ramalan cuaca memperkirakan balapan sepanjang 56 lap (305,066 kilometer) akhir pekan ini di Shanghai hanya berkisar pada suhu sekitar 20 derajat Celsius. Cukup dingin bila dibandingkan dengan Sepang yang superhot dan termasuk seri terpanas di Formula 1.

Pada suhu yang relatif dingin, penampilan Mercedes biasanya sangat oke dan sulit ditandingi, seperti yang sudah mereka tunjukkan pada sesi uji coba pramusim di Barcelona. Begitu juga pada seri perdana di Australia bulan lalu, dimana temperaturnya tidak beda jauh dengan di Tiongkok, duo Silver Arrows, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, mampu finish 1-2. Sementara itu, Vettel hanya bisa termehek-mehek di posisi ketiga.

Faktor utama kekalahan Mercedes di Sepang dua pekan lalu adalah kegagalan mereka dalam mengelola penggunaan ban. Suhu yang panas membuat ban cepat aus. Hamilton dan Rosberg pun harus melakukan pit stop sampai tiga kali. Begitu juga dengan mayoritas pebalap lainnya. Di sinilah letak keunggulan Vettel yang mampu mengirit ban dengan hanya melakukan pergantian dua kali sepanjang lomba. Hasilnya, Ferrari mampu berjaya di Malaysia dengan keunggulan cukup signifikan atas duo Mercedes.

Nah, di Tiongkok akhir pekan ini, jika Mercedes mampu menghemat pemakaian ban dan melakukan pit stop hanya dua kali, Ferrari bakal sulit menandingi mereka. Apalagi, suhu lintasan sepanjang 5,451 kilometer di Shanghai yang biasanya lebih dingin daripada di Sepang tentu saja akan membuat ban lebih awet. Hamilton dan Rosberg bisa fokus menggeber mobilnya tanpa dipusingkan oleh pergantian ban seperti di Malaysia.

Pirelli, selaku pemasok, bakal menyiapkan dua tipe ban untuk balapan weekend ini, yaitu medium (bertanda putih) dan soft (bertanda kuning). Direktur Motorsport Pirelli, Paul Hembery, menyatakan cuaca di Shanghai agak sukar diprediksi. Jika temperatur trek meningkat karena cuaca panas, ditambah karakter sirkuit yang terdiri dari banyak sudut sehingga membutuhkan banyak pengereman, ban juga bisa cepat habis seperti di Sepang. Jadi, Mercedes tetap harus menyiapkan strategi manajamen ban yang baik.

Selain faktor cuaca, yang membuat Mercy bakal berjaya di Tiongkok adalah lay-out Sirkuit Shanghai yang memiliki lintasan lurus sepanjang 1,3 kilometer. Sudah menjadi rahasia umum, di trek lurus, sangat sulit mengalahkan kecepatan mobil-mobil bermesin Mercedes. Pada babak kualifikasi, jika tidak ada kejutan atau insiden, bisa jadi Hamilton dan Rosberg akan menguasai pole position dan merebut posisi start 1-2 dengan mudah.

Maka dari itu, target yang realistis akhir pekan ini di Tiongkok bagi Ferrari adalah meraih podium seperti halnya di Australia. Sambil berharap duo Mercedes mengalami trouble. Sehingga Vettel bisa kembali “mencuri” kemenangan seperti di Malaysia.

2015 Formula 1 Chinese Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 10 April 2015, dengan sesi Free Practice 1 (09.00 WIB) dan Free Practice 2 (13.00 WIB). Hari Sabtu, 11 April 2015, akan diawali sesi Free Practice 3 (11.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualifying (14.00 WIB). Hari Minggu, 12 April 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 13.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Chinese Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s