Review Coppa Italia 2014-2015 Semifinale di Ritorno: Fiorentina 0-3 Juventus

Di luar dugaan, Juventus berhasil membalik keadaan dan menggebuk Fiorentina dengan skor telak 3-0 pada leg kedua semifinal Coppa Italia di Florence, kemarin dini hari WIB (08/04). Dengan kemenangan ini, Juve berhasil lolos ke final dengan keunggulan aggregat 4-2 atas La Viola setelah kalah 1-2 pada leg pertama.

Sebelum bertandang ke Stadio Artemio Franchi, Juve memang layak diragukan. Bagaimana tidak, tim besutan Max Allegri itu harus meladeni Fiorentina, yang selama ini sulit ditaklukkan di kandang sendiri, tanpa Andrea Pirlo, Paul Pogba, dan Carlos Tevez yang sedang cedera. Selain itu, il Capitano Gigi Buffon juga diistirahatkan dan posisinya sebagai santo pelindung gawang Juventus digantikan oleh Marco Storari.

Bahkan, menjelang laga, bukan cuma Pirlo, Pogba, dan Tevez yang tumbang. Stephan Lichtsteiner pun menyusul cedera saat melakukan pemanasan. Terpaksa, posisinya sebagai starter di bek kanan harus mendadak digantikan oleh pemain serba bisa, Lord Simone Padoin.

Pada awal laga, Fiorentina sebenarnya terlebih dahulu mengancam gawang Juventus. Mohamed Salah, yang menghancurkan Juve pada leg pertama, kembali membuat jantung para Juventini berdegub kencang saat bola tendangannya menembus gawang Storari. Untungnya, wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena Salah dianggap melakukan pelanggaran terhadap Stefano Sturaro sebelum melepaskan tembakan.

Terlalu menggebu untuk mempermalukan Juve, akhirnya membuat pertahanan Fiorentina lengah. Roberto Pereyra berhasil menembus kotak penalti tuan rumah dan kemudian melepaskan tembakan. Meski bisa dimentahkan oleh bek La Viola, bola mental hasil tembakan Pereyra tersebut langsung disambar oleh Alessandro Matri dan berhasil menjebol gawang Norberto Neto.

Tertinggal satu gol, Fiorentina makin bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Usaha tim asuhan Vincenzo Montella tersebut hampir menemui hasil ketika Gonzalo Rodriguez yang menerima umpan dari Mati Fernandez berhasil menjebol gawang Juve. Namun, lagi-lagi wasit menganulir gol tersebut karena menganggap Rodriguez sudah dalam posisi off-side.

Selanjutnya, menjelang turun minum, alih-alih menyamakan skor, Fiorentina malah kebobolan lagi. Alvaro Morata yang menerima umpan dari Matri langsung melesatkan tembakan keras yang mampu ditepis oleh kiper La Viola. Namun, lagi-lagi bola yang mental dari Neto berhasil disikat oleh Pereyra untuk menambah keunggulan Juve menjadi 2-0.

Pada babak kedua, Juve tetap mengendalikan keadaan dan terlihat bermain aman untuk mempertahankan keunggulan. Sampai akhirnya, pada menit-59, sebuah sepak pojok dari Claudio Marchisio berhasil disambar oleh Leo Bonucci untuk menghabisi harapan Fiorentina dengan skor 3-0.

Tertinggal tiga gol membuat para pemain tuan rumah mulai frustrasi. Tensi laga pun mulai memanas. Marchisio menjadi korban dan menerima kartu kuning setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain Fiorentina. Hal tersebut sangat disayangkan karena membuat il Principino absen saat Juve berlaga di partai final Coppa Italia bulan depan.

Menjelang akhir laga, Juve kembali mendapat hukuman. Kali ini, Alvaro Morata yang mendapat kartu merah dan langsung diusir oleh wasit setelah menjegal pemain Fiorentina dari belakang. Hal ini sempat memicu protes karena pelanggaran striker asal Spanyol tersebut tidak terlalu keras.

Meski unggul dalam jumlah pemain, La Viola tetap tidak mampu mengejar ketertinggalan karena sudah kehabisan waktu. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap 3-0 untuk keunggulan tim tamu. Dengan hasil ini, Juve dipastikan maju ke final Coppa Italia, bertemu dengan Lazio yang mengandaskan Napoli dini hari tadi WIB (09/04).

***

Ratings

Fiorentina (4-3-3): 4.5
Neto 6.5; G Rodriguez 4.5/Tomovic 6 (82′), Basanta 4.5, Savic 4.5, Alonso 5.5; Aquilani 4.5, M Fernandez 4.5, Borja Valero 4; Joaquin 5/Diamanti 6.5 (66′), M Gomez 4/Babacar 6 (73′), Salah 5.
Coach: Montella 4.5.

Juventus (4-3-2-1): 7.5
Storari 6.5; Padoin 6.5, Bonucci 7.5, Chiellini 6.5, Evra 6.5; Vidal 7, Marchisio 7.5, Sturaro 6.5; Pereyra 7.5/Ogbonna 6 (82′), Matri 7/Coman 6 (74′)/Llorente 6 (89′); Morata 6.5.
Coach: Allegri 8.

Referee: Massa.

Man of the Match: Claudio Marchisio.

Review Coppa Italia 2014-2015 Semifinale di Ritorno: Fiorentina 0-3 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s