Review Serie A 2014-2015 Giornata 30: Parma 1-0 Juventus

Kejutan terjadi pada giornata ke-30 Liga Italia Serie A, hari Sabtu, kemarin malam WIB (11/04). Parma, tim yang sudah dinyatakan bangkrut dan menghuni dasar klasemen, secara mengejutkan mempermalukan sang capolista sekaligus juara tiga musim terakhir, Juventus, dengan skor tipis 1-0.

Juve memang tampil tanpa sejumlah pemain pilar yang belum fit dari cedera. Selain itu, Pelatih Max Allegri menerapkan kebijakan rotasi dan menyimpan beberapa pemain inti, termasuk sang kapten Gigi Buffon, menjelang laga perempat final melawan Monaco tengah pekan ini. Meski demkian, Juve sebenarnya tetap diunggulkan untuk memetik kemenangan di kandang Parma.

Namun, kenyataan berbicara lain. Parma, yang pada pertemuan pertama tahun lalu dibantai Juve dengan skor tujuh gol tanpa balas, kemarin malah menggasak Claudio Marchisio dkk lewat gol tunggal gelandang belia asal Argentina, Jose Mauri. Tentu saja ini menjadi tamparan bagi sang Nyonya Tua yang tengah pekan lalu baru saja berpesta gol di kandang Fiorentina di semifinal Coppa Italia. Apalagi, aib di kandang Parma ini terjadi di tengah euforia untuk meraih treble winners yang sedang menghinggapi skuat Bianconeri.

Meski menguasai permainan sejak babak pertama, Juve memang kesulitan menembus pertahanan Parma yang menerapkan skema tiga bek. Selain itu, penampilan kiper Antonio Mirante juga cukup cemerlang dalam menggagalkan sejumlah peluang yang didapatkan oleh Arturo Vidal, Roberto Pereyra, dan Kingsley Coman.

Setelah mengakhiri laga dengan skor 0-0 hingga turun minun, pada babak kedua, Juve tetap mendominasi penguasaan bola. Namun, bukannya berhasil mencetak gol, malah gawang Marco Storari yang akhirnya dijebol lewat serangan balik yang dilancarkan oleh Parma pada menit ke-60.

Berawal dari gerakan Ishak Belfodil yang gagal dibendung oleh Giorgio Chiellini, Jose Mauri mendapat umpan dari pemain yang terbuang dari Inter tersebut. Sejurus kemudian, gelandang muda asal Argentina yang kini diincar oleh klub-klub top itu melepaskan tembakan first-time dari dalam kotak penalti, dan langsung menembus gawang Storari. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol membuat Allegri langsung bereaksi. Mantan pelatih Milan itu kemudian memasukkan Alvaro Morata dan Simone Pepe untuk menambah daya gedor. Stefano Sturaro dan Roberto Pereyra yang tampil loyo pun ditarik keluar. Namun, hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap tidak berubah. Juve pun mengalami kekalahan pertama di Serie A sejak Oktober tahun lalu di kandang Genoa.

Meski mendominasi penguasaan bola hingga 68%, secara garis besar, penampilan Juve bisa dibilang melempem dan tidak trengginas seperti ketika menghajar Fiorentina beberapa hari sebelumnya. Hal itu bisa jadi karena La Vecchia Signora sudah memikirkan laga Liga Champions melawan Monaco dan tidak terlalu fokus menghadapi Parma.

Indikasi itu terlihat dari 19 tembakan yang dilepaskan oleh Juve, hanya tiga yang on target, dan tidak ada yang menembus gawang Mirante. Bandingkan dengan Parma yang mampu bermain efektif. Meski hanya melesatkan satu tembakan on target dari sembilan kesempatan, tim besutan Roberto Donadoni itu mampu mengonversi satu-satunya peluang tersebut untuk menjebol gawang Storari.

Dengan kekalahan mengejutkan ini, Juve memang masih kukuh di puncak klasemen Serie A dengan 70 poin. Serigala Roma yang termehek-mehek di peringkat kedua berpeluang mereduksi ketertinggalannya menjadi 11 angka jika mampu menaklukkan Torino malam ini WIB (12/04).

***

Ratings

Parma (3-5-2): 7
Mirante 7; Santacroce 7/Cassani 6 (77’), Mendes 7, Feddal 6.5; Varela 6.5, Mauri 7.5/Lila (82’), Jorquera 6.5, Nocerino 7, Gobbi 6.5; Belfodil 7/Prestia 6 (86’), Ghezzal 6.5.
Coach: Donadoni 7.5.

Juventus (4-3-1-2): 4.5
Storari 6; Lichtsteiner 5, Chiellini 5, Ogbonna 5, Padoin 4.5; Vidal 4.5, Marchisio 5, Sturaro 5/Pepe 4.5 (67’); Pereyra 5/Morata 5 (62’); Coman 4.5/Vitale 6 (80’), Llorente 4.
Coach: Allegri 5.

Referee: Gervasoni 5.

Man of the Match: Jose Mauri.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 30: Parma 1-0 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s