Preview Champions League 2014-2015 Quarterfinal 1st Leg: Juventus vs. Monaco

Juventus bakal menjamu Monaco pada leg pertama perempat final Liga Champions tengah pekan ini dengan hasil yang kurang menggembirakan. Secara mengejutkan, weekend kemarin sang Nyonya Tua dipermalukan oleh tim juru kunci Parma pada giornata ke-30 Liga Italia Serie A. Oleh karena itu, laga melawan tim asuhan Leonardo Jardim ini bakal dijadikan sebagai ajang pelampiasan oleh Claudio Marchisio dkk.

Meski diunggulkan dan bermain di kandang sendiri, Juve tetap tidak boleh meremehkan Monaco. Sikap memandang rendah lawan telah membuat La Vecchia Signora bertekuk lutut di hadapan Parma, tim yang sudah dinyatakan bangkrut. Jika kembali terlena, Juve bisa bernasib sama dengan Arsenal, tim unggulan yang disingkirkan oleh Monaco pada babak 16 besar Liga Champions bulan lalu.

Selain mewaspadai potensi kejutan dari Monaco, pada pertemuan kali ini, Juve juga masih belum bisa diperkuat oleh gelandang andalannya, Paul Pogba, yang sedang cedera. Ditambah lagi, kondisi Andrea Pirlo juga belum 100 persen fit. Jika sang Maestro duduk di bangku cadangan, perannya sebagai regista bakal diwakili oleh Marchisio yang akan dibantu oleh Arturo Vidal dan Roberto Pereyra.

Di lini belakang, persoalan yang dihadapi oleh Max Allegri adalah belum bugarnya Andrea Barzagli. Jika bek juara dunia 2006 bersama Italia itu bisa diturunkan, Allegri mungkin akan menerapkan pola 3-5-2. Sebaliknya, jika bermain tanpa Barzagli, Juve tampaknya bakal menggunakan skema 4-3-1-2.

Di lini depan, duet Carlos Tevez dan Alvaro Morata hampir pasti akan dimainkan. Apalagi, Tevez sudah diistirahatkan saat Juve dibekuk oleh Parma kemarin. Fernando Llorente yang penampilannya semakin lama semakin melempem kemungkinan besar akan menghangatkan bangku cadangan.

Sementara itu, Monaco mungkin akan menerapkan taktik bertahan dengan mengandalkan serangan balik cepat lewat kedua sayapnya, yang mungkin akan dihuni oleh Anthony Martial atau Yannick Ferreira-Carrasco. Strategi itu terbukti ampuh dalam menghajar Arsenal di Emirates Stadium dua bulan lalu. Selain itu, jangan lupakan juga ujung tombak veteran Dimitar Berbatov yang sewaktu-waktu bisa menghadirkan mimpi buruk bagi Gigi Buffon dkk.

Di sisi lain, terutama dari catatan sejarah di masa lalu, Monaco memang inferior jika berhadapan dengan Juve. Pada pertemuan terakhir, tim yang pernah diperkuat oleh Marcelo Gallardo itu dipermak 1-4 oleh sang Nyonya Tua. Monaco juga tak pernah menang saat bertandang ke Italia. Dari enam laga terakhir melawan klub-klub Serie A, tim runner-up Liga Champions musim 2003/04 itu hanya pernah menang sekali di babak knock-out.

Sebaliknya, Juve sangat superior karena tak pernah kalah saat menjamu tim asal Prancis. Dalam 10 pertemuan terakhir melawan klub-klub Ligue 1 di babak knock-out, La Vecchia Signora selalu menang secara agregat. Faktor statistik inilah yang membuat Juve lebih diunggulkan, selain secara kualitas tim juga sedikit di atas Monaco.

Maka dari itu, laga di Juventus Stadium ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Carlos Tevez dkk. Kemenangan adalah harga wajib. Jika Juve sampai seri, atau, bahkan, kalah dari Monaco, impian lolos ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2002/03 bakal sulit diwujudkan.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 23 Vidal, 21 Pirlo, 8 Marchisio; 37 Pereyra; Morata, Tevez.
Coach: Allegri.
Bench: 30 Storari; 5 Ogbonna, 15 Barzagli, 27 Sturaro, 14 Llorente, 32 Matri, 11 Coman.
Injured: Pogba, Caceres.

Monaco (4-2-3-1):
1 Subasic; 2 Fabinho, 6 R Carvalho, 5 Abdennour, 3 Kurzawa; 28 Toulalan, 22 Kondogbia; 7 Dirar, 8 Moutinho, 17 Ferreira-Carrasco; 23 Martial.
Coach: Jardim.
Bench: 16 Stekelenburg; 13 Wallace, 21 Elderson, 24 Raggi, 12 Matheus Carvalho, 15 Bernardo Silva, 9 Berbatov.
Injured: Traore.

Referee: Kralovec (CZE).
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Wed, Apr 15, 2015, 01.45 WIB.
Live: Nex Entertainment / OrangeTV Quad Sport.

Prediction: Juventus 2-0 Monaco.

Preview Champions League 2014-2015 Quarterfinal 1st Leg: Juventus vs. Monaco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s