Review Formula 1 Chinese Grand Prix 2015

Sesuai dengan perkiraan, Mercedes kembali berjaya di Chinese GP 2015. Setelah sempat kecolongan oleh Sebastian Vettel di Malaysia, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg kembali menunjukkan hegemoni mereka dengan finish 1-2 di Shanghai, hari Minggu kemarin (12/04).

Ferrari sendiri tidak bisa mengulangi kesuksesan mereka seperti di GP Malaysia dua pekan lalu. Kali ini Vettel tidak bisa lagi membuat kejutan seperti di Sepang. Strategi pit stop dan pergantian ban pun tidak banyak membantu karena pada balapan kemarin relatif tidak ada insiden dan karakter trek di Sirkuit Shanghai yang tidak boros ban. Alhasil, Vettel pun hanya mampu finish di posisi ketiga, diikuti rekan setimnya, Kimi Raikkonen, di posisi keempat.

Jika dominasi Mercedes ini terus berlanjut pada seri-seri berikutnya, bisa dipastikan musim 2015 ini akan berlangsung seperti musim 2014. Hamilton dan Rosberg bakal kembali bersaing berdua untuk memperebutkan juara dunia. Bedanya, jika tahun lalu ada Daniel Ricciardo yang sesekali “mencuri” kemenangan, kemungkinan besar tahun ini peran tersebut akan diambil alih oleh Vettel.

Meski demikian, Mercedes tetap harus waspada dan tidak boleh terlalu jumawa. Musim ini masih panjang karena baru berlangsung tiga seri. Seperti halnya tahun lalu, faktor utama yang bisa menghambat tim Silver Arrows untuk menjadi juara adalah friksi yang antara dua jagoannya, Hamilton dan Rosberg.

Tahun ini, di Shanghai, percikan friksi tersebut sudah mulai terlihat. Pada jumpa pers seusai lomba, Rosberg secara terang-terangan mengkritik gaya membalap Hamilton. Dan Hamilton pun tidak bisa menerima kritik Rosberg tersebut dan menjawab balik. Bibit perselisihan ini bisa kembali memanas jika tidak segera diatasi oleh Mercedes.

Pada balapan kemarin, Rosberg yang berada di posisi kedua terancam oleh Vettel. Maka, dia pun sempat meminta Hamilton yang sedang memimpin lomba untuk mempercepat laju mobilnya. Namun, hal itu tidak digubris oleh juara dunia dua kali tersebut. Disinyalir, mantan kekasih Nicole Scherzinger itu tidak terlalu menggeber mobil Mercy-nya untuk menghemat ban.

Saat jumpa pers seusai lomba, Hamilton malah menjawab dia tidak peduli dengan Rosberg. Misinya adalah membawa mobilnya finish terdepan dengan aman. Jika Rosberg merasa mobil Hamilton terlalu lambat, seharusnya dia berusaha menyalipnya. Tapi, hal itu tidak dilakukan oleh Rosberg. Begitulah pernyataan Hamilton.

Jawaban tersebut kontan membuat Rosberg meradang. Dia merasa sikap Hamilton yang mementingkan diri sendiri itu bisa membuat dirinya disalip oleh Vettel. Dan, jika hal itu terjadi, bukan hanya Rosberg yang rugi, tetapi juga tim Mercedes, seperti yang terjadi di GP Malaysia dua pekan lalu.

Terlepas dari konflik dengan Rosberg, Hamilton memang membalap dengan sempurnya di Shanghai. Sejak sesi latihan dan kualifikasi, mantan pebalap binaan McLaren itu memang membukukan waktu tercepat dan meraih pole position. Begitu juga saat lomba, sejak start hingga finish, dia selalu yang terdepan dan mencatat fastest lap. Bisa dibilang, Hamilton menyapu bersih rangkaian GP Tiongkok kemarin.

Di sisi lain, setelah Chinese GP, peta kekuatan sudah mulai terbaca. Tim-tim yang menggunakan mesin Mercedes dan Ferrari menguasai tiga lomba di awal musim ini. Hal itu bisa dilihat dari empat besar klasemen konstruktor yang dihuni oleh Mercedes, Ferrari, Williams-Mercedes, dan Sauber Ferrari. Sementara itu, tim-tim yang menggunakan mesin Renault termehek-mehek di belakang. Begitu juga dengan tim besar dan terkenal, McLaren, yang CLBK dengan mesin Honda dan hingga kini selalu gagal meraih poin.

Setelah Shanghai, tidak ada waktu bagi para pebalap untuk beristirahat. Race selanjutnya bakal berlangsung akhir pekan ini (17-19 April) di Timur Tengah. Menarik untuk ditunggu apakah Ferrari bersama Vettel dan Kimi bisa kembali “mencuri” kemenangan dari Mercedes pada twilight race di Sirkuit Shakhir. Sampai jumpa di Bahrain!

Review Formula 1 Chinese Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s