Preview Formula 1 Bahrain Grand Prix 2015

Tahun ini untuk keduanya kalinya Bahrain menggelar balapan malam. Musim lalu, twilight race di sirkuit padang pasir itu menghidangkan duel seru antara dua jagoan Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, dengan hasil akhir kemenangan berada di pihak Hamilton. Musim ini, dua sahabat yang sedang berseteru tersebut kemungkinan besar bakal kembali bersaing ketat. Namun, ada duo Ferrari yang berpotensi mengganggu dominasi kedua pebalap Silver Arrows itu.

GP Bahrain yang diadakan di tengah padang pasir memang bakal menyuguhkan cuaca panas yang mungkin menguntungkan bagi Ferrari. Meski tidak akan sepanas Sepang, karena balapan di Sirkuit Sakhir weekend ini diadakan pada malam hari, tim Kuda Jingkrak tetap berpeluang untuk “mencuri” kemenangan dari Mercedes, seperti halnya di Malaysia bulan lalu.

Sejauh ini, penampilan Ferrari memang stabil dan menjadi penantang serius bagi Mercedes. Sebastian Vettel selalu naik podium pada tiga balapan di awal musim ini. Bahkan, salah satunya berbuah victory di Malaysia. Belum lagi penampilan Kimi Raikkonen yang berhasil finish di posisi keempat di Shanghai akhir pekan lalu.

Jika melihat masa lalu, catatan Kimi memang cukup mantap di Sakhir. Pria asal Finlandia tersebut adalah pemegang rekor pebalap yang terbanyak naik podium di Bahrain,yaitu sebanyak enam kali. Aksinya yang paling heroik adalah tahun 2006 saat dia masih membela McLaren. Kala itu, Kimi finish di posisi ketiga. Padahal, dia start dari posisi ke-22 akibat mobilnya rusak saat babak kualifikasi.

Namun, meski Ferrari berpeluang menang karena faktor cuaca, unggulan utama weekend ini tetaplah Mercedes. Kondisi Sirkuit Internasional Bahrain yang berdebu dan licin karena terletak di padang pasir membutuhkan setelan mobil medium hingga high downforce untuk melibas sudut-sudut tikungan yang sempit. Tentu saja ini menguntungkan mobil Silver Arrows yang memang unggul secara aerodinamika.

Setelah Mercedes dan Ferrari, unggulan berikutnya adalah Williams. Saat ini, tim yang diperkuat oleh Felipe Massa dan Valtteri Bottas tersebut menjadi tim terbaik ketiga, mengungguli Red Bull yang bermasalah dengan mesin Renault-nya. Dengan menggunakan mesin Mercy yang cepat, bisa jadi Williams akan meraih podium pertamanya musim ini di Bahrain.

Di jajaran papan tengah, Red Bull, Lotus, Toro Rosso, dan Sauber bersaing ketat untuk menjadi tim terbaik keempat. Patut ditunggu penampilan duo Sauber yang di Shanghai kemarin berhasil finish top 10. Selain itu, performa Max Verstappen pada balapan malam pertamanya di F1 juga layak dinanti. Di Tiongkok pekan lalu, pebalap ababil dari Toro Rosso itu gagal menyelesaikan lomba karena mobilnya mogok. Padahal, saat itu dia sedang berada di posisi 10 besar.

Di papan bawah, McLaren-Honda akan bersaing dengan Force India untuk meraih poin pertama musim ini. Setelah di Shanghai pekan lalu berhasil menyelesaikan lomba dan tidak mogok, weekend ini Fernando Alonso dan Jenson Button memang bermimpi untuk bisa finish 10 besar. Sementara itu, bagi tim penggembira Marussia, bisa ikut berlomba di di balapan malam Bahrain sudah merupakan sebuah kesuksesan.

Untuk melahap sirkuit sepanjang 5,412 kilometer akhir pekan ini, Pirelli sudah menyiapkan dua tipe ban, yaitu medium (bertanda putih) dan soft (bertanda kuning). Pilihan ban tersebut sama dengan di Shanghai pekan lalu yang relatif dingin. Direktur Motorsport Pirelli, Paul Hembery, berdalih balapan di Bahrain tak akan sepanas di Malaysia karena diadakan pada malam hari.

Untuk strategi pergantian ban, Pirelli memperkirakan para pebalap hanya akan melakukan pit stop dua kali. Meski berlangsung selama 57 lap di tengah padang pasir, lomba di Bahrain bakal lebih hemat ban daripada di Malaysia karena suhu yang lebih dingin. Perkiraan cuaca meramalkan pada hari Jumat suhu berkisar 33 derajat Celsius. Pada hari Sabtu, cuaca bakal berawan dan suhu turun menjadi 29 hingga 28 derajat Celsius. Saat lomba pada hari Minggu malam, temperatur akan lebih dingin lagi sekitar 25 derajat Celsius.

2015 Formula 1 Gulf Air Bahrain Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 17 April 2015, dengan sesi Free Practice 1 (18.00 WIB) dan Free Practice 2 (22.00 WIB). Hari Sabtu, 18 April 2015, akan diawali sesi Free Practice 3 (19.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualifying (22.00 WIB). Hari Minggu, 19 April 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 22.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Bahrain Grand Prix 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s