Preview Serie A 2014-2015 Giornata 31: Juventus vs. Lazio

Pemimpin klasemen sementara Liga Italia Serie A, Juventus, bakal menjamu Lazio pada giornata ke-31, hari Minggu dini hari WIB (19/04). Dengan delapan pekan tersisa, laga melawan tim peringkat kedua ini menjadi salah satu penentu bagi Juve untuk meraih scudetto empat kali beruntun, dan yang pertama di era Max Allegri.

Lazio, yang pada awalnya tidak terlalu diunggulkan, memang menjadi salah satu tim yang berkembang pesat musim ini. Pasukan Stefano Pioli tersebut berhasil menggeser rival sekotanya, AS Roma, dari peringkat kedua pekan lalu. Tak pelak, laga melawan Juve kali ini bisa disebut sebagai pertemuan antara dua tim terbaik alias “grande partita”-nya Liga Italia Serie A.

Meski demikian, konsentrasi Juve bisa dibilang tidak sepenuhnya tercurah pada “big match” melawan Lazio ini. Hal itu dikarenakan pada tengah pekan mendatang Gigi Buffon harus melawat ke Monaco untuk menuntaskan leg kedua perempat final Liga Champions.

Pekan lalu, menjelang leg pertama melawan Monaco, Juve dipermalukan oleh tim juru kunci yang sudah bangkrut, Parma, dengan skor 0-1. Pekan ini, para Juventini khawatir tim kesayangan bakal mengalami nasib yang sama karena fokusnya tertuju pada laga krusial di Liga Champions.

Meski demikian, pada jumpa pers tadi, pelatih Max Allegri berjanji akan tetap menurunkan tim terbaiknya saat melawan Lazio. Juve tidak akan menyimpan kekuatan seperti ketika dipecundangi Parma pekan lalu. Keunggulan 12 poin bisa berkurang menjadi hanya 9 poin jika Bianconeri ditaklukkan oleh Biancoceleste.

Salah satu kendala yang dialami oleh Juve adalah masih cederanya Paul Pogba. Selain itu, Andrea Pirlo juga belum kembali ke performa terbaiknya setelah sembuh dari cedera. Untuk memulihkan kondisi sang Maestro, Allegri berencana memasangnya sejak awal saat melawan Lazio. Claudio Marchisio yang selama ini menjadi wakil regista sepertinya akan diistirahatkan.

Tugas untuk mengawal Pirlo kemungkinan bakal diemban oleh Arturo Vidal dan Stefano Sturaro. Sementara itu, Roberto Pereyra akan menjadi trequartista di belakang duet stiker, Carlos Tevez dan Fernando Llorente. Alvaro Morata tampaknya akan disimpan untuk laga melawan Monaco.

Di lain pihak, Lazio juga diganggu oleh masalah cedera. Dua pemain inti di lini belakang dan tengah, Stefan De Vrij dan Marco Parolo, tidak bisa diturunkan. Meski demikian, Pioli masih bisa memiliki barisan penyerang ganas yang dimotori oleh Felipe Anderson. Jangan lupakan juga striker veteran Miroslav Klose yang siap mengoyak gawang Juve.

Bagi Lazio, tiga poin akhir pekan ini memang wajib digapai untuk mengamankan posisi kedua dari terkaman Serigala Roma. Namun, Juventus Stadium adalah venue yang sulit ditaklukkan oleh tim tamu mana pun. Maka dari itu, jika bisa memetik hasil seri di kandang Nyonya Tua sebenarnya sudah merupakan kesuksesan bagi Antonio Candreva dkk.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 20 Padoin, 15 Barzagli, 19 Bonucci, 33 Evra; 23 Vidal, 21 Pirlo, 27 Sturaro; 37 Pereyra; 10 Tevez, Llorente.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 3 Chiellini, 39 Marrone, 17 De Ceglie, 26 Lichtsteiner, 8 Marchisio, 7 Pepe, 11 Coman, 9 Morata, 32 Matri.
Coach: Allegri.
Suspended: Ogbonna.
Injured: Caceres, Romulo, Asamoah, Pogba.

Lazio (4-3-3):
22 Marchetti; 8 Basta, 27 Cana, 33 Mauricio, 5 Braafheid; 32 Cataldi, 20 Biglia, 19 Lulic; 87 Candreva, 11 Klose, 7 Felipe Anderson.
Bench: 1 Berisha, 77 Strakosha, 2 Ciani, 17 Pereirinha, 23 Onazi, 24 Ledesma, 10 Ederson, 6 S Mauri, 14 B Keita, 34 Perea.
Coach: Pioli.
Suspended: Cavanda, Novaretti.
Injured: De Vrij, Djordjevic, Gentiletti, Konko, Parolo, Radu.

Referee: Rizzoli.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Apr 19, 2015, 01.45 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 1-1 Lazio.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 31: Juventus vs. Lazio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s