Review Serie A 2014-2015 Giornata 31: Juventus 2-0 Lazio

Juventus berhasil mengatasi pesaing terdekatnya di pentas Serie A, Lazio, dengan skor 2-0 dini hari tadi WIB (19/04). Dua gol kemenangan sang Nyonya Tua dipersembahkan oleh Carlos Tevez dan Leonardo Bonucci, masing-masing pada babak pertama. Bagi Lazio, kekalahan ini menghentikan delapan kemenangan beruntun yang sebelumnya mereka torehkan di Liga Italia.

Pada awal laga, Lazio sebenarnya mengambil inisiatif untuk menyerang duluan. Hal ini sempat membuat pertahanan Juventus yang digalang oleh Giorgio Chiellini tertekan. Bahkan, kiper Gigi Buffon sudah harus bekerja keras saat permainan baru berlangsung lima menit. Untungnya, tidak ada gol yang bersarang ke gawang tuan rumah meski Buffon sempat membuat kesalahan.

Setelah membuat para Juventini khawatir, memasuki menit ke-15 akhirnya Juventus berhasil keluar dari tekanan Lazio. Melalui umpan terobosan yang berasal dari sundulan Arturo Vidal, Carlos Tevez berlari menembus pertahanan Lazio yang tak siap mengantisipasi gerakannya. Alhasil, meski dijepit oleh para bek Lazio, striker Argentina itu mampu menjebol gawang Lazio setelah berhadapan one-on-one dengan kiper Federico Marchetti. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol tidak membuat Lazio goyah. Tim besutan Stefano Pioli itu meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan. Upaya tersebut hampir menemui hasil saat Chiellini membuat blunder pada menit ke-25. Namun, untungnya, aksi Miroslav Klose yang berada di dalam kotak penalti Juve mampu digagalkan oleh Leonardo Bonucci.

Setelah mampu membendung serangan Lazio, Juve langsung melakukan serangan balik. Bonucci yang sejatinya adalah seorang bek menggiring bola sendirian dari tengah lapangan hingga menembus kotak penalti Biancoceleste. Aksi solo-run mantan pemain Inter itu tak mampu dihentikan oleh para bek Lazio. Akibatnya, gawang Marchetti pun harus kembali jebol. Skor bertambah menjadi 2-0 untuk keunggulan Bianconeri yang bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Pioli langsung memasukkan Antonio Candreva untuk menambah daya gedor Lazio. Pemain tim nasional Italia tersebut beberapa kali berusaha menembus ketatnya pertahanan Juve dan melepaskan tembakan-tembakan jarak jauh. Namun, tidak ada upayanya yang membuahkan hasil.

Buruknya penampilan Lazio sedikit banyak juga disebabkan melempemnya Felipe Anderson dan Stefano Mauri. Dua sayap Elang Ibu Kota ini mati kutu dan tidak bisa berbuat banyak untuk membongkar pertahanan kokoh trio bek Juventus. Alhasil, Candreva terlihat hanya bekerja sendirian untuk menggempur gawang Juve sepanjang babak kedua.

Lazio semakin terjerumus ketika Danilo Cataldi mendapat kartu merah setelah menjegal Carlos Tevez dari belakang. Setelah itu, perlawanan rival sekota AS Roma tersebut praktis berakhir. Juve sendiri, meski unggul dalam jumlah pemain, tidak mampu menambah gol lagi hingga wasit meniup peluit akhir.

Selama 90 menit, Juve sejatinya kalah jauh dalam penguasaan bola, hanya 28 persen. Itu adalah ball possession paling rendah yang dicatatkan Andrea Pirlo dkk musim ini. Di lain pihak, Lazio sangat dominan hingga mencapai 72 persen. Namun, finishing Miroslav Klose dkk tidak efektif. Dari 17 tembakan yang dilesatkan, hanya empat yang on target dan tidak ada yang mampu menembus gawang Buffon.

Sementara itu, Juventus bermain lebih sabar. Kelemahan Lazio dalam mengantisipasi serangan balik dimanfaatkan dengan baik oleh Tevez dkk. Meski mereka hanya melepaskan empat tembakan yang mengarah ke sasaran dari delapan kali percobaan, dua di antaranya berhasil menjadi gol.

Allegri memang mengakui, Juve kemarin mengabaikan permainan indah dan meraih kemenangan yang tidak biasa. Meski demikian, tiga poin tetaplah tiga poin. Apalah artinya mendominasi ball possession jika akhirnya pulang dengan tangan hampa seperti Lazio.

Dengan kemenangan ini, Juve semakin kokoh di puncak klasemen Serie A dengan 73 poin. Sisa tujuh laga lagi, scudetto keempat beruntun sudah di depan mata. Di lain pihak, Lazio yang berada di posisi kedua dengan 58 poin rawan tergusur jika AS Roma mampu menaklukkan Atalanta malam ini.

***

Ratings

Juventus (3-5-2): 7
Buffon 6.5; Barzagli 6.5, Bonucci 7.5, Chiellini 5.5; Padoin 5.5, Vidal 7/Sturaro 6 (84’), Pirlo 6/Pereyra 6 (72’), Marchisio 6.5, Evra 6.5; Tevez 7, Matri 6/Morata 6.5 (58’).
Coach: Allegri 7.

Lazio (4-3-3): 5
Marchetti 5.5; Basta 6, Cana 5, Mauricio 5, Braafheid 5.5/Candreva 6 (46’); Cataldi 5, Biglia 5.5, Lulic 6; Felipe Anderson 5, Klose 5/Ledesma 6 (90+2’), Mauri 5/Keita 5.5 (66’).
Coach: Pioli 5.

Referee: Rizzoli 6.

Man of the Match: Leonardo Bonucci.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 31: Juventus 2-0 Lazio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s