Preview Serie A 2014-2015 Giornata 33: Juventus vs. Fiorentina

Setelah dipermalukan rival sekotanya, Torino, akhir pekan lalu, Juve bakal menjamu Fiorentina di Juventus Stadium pada hari Kamis dini hari WIB (30/04) ini. Kekalahan weekend kemarin memang menyakitkan bagi La Vecchia Signora. Karena itu adalah kekalahan pertama dalam 20 tahun terakhir yang diderita dari il Toro.

Pada laga away sebelumnya, di kandang tim juru kunci yang sudah bangkrut, Parma, Juve juga menelan pil pahit. Jadi, dalam dua laga away beruntun, sang Nyonya Tua mengalami kekalahan. Itu merupakan yang pertama sejak April 2010. Saat itu Bianconeri masih tenggelam dalam jurang kegelapan. Sebelum kedatangan Antonio Conte, sang Juru Selamat, pada pertengahan tahun 2011.

Laga melawan Fiorentina tengah pekan ini menjadi momentum bagi Juve untuk kembali ke jalur kemenangan. Sekaligus untuk memperbesar peluang mengunci scudetto musim ini. Weekend kemarin, dengan kekalahan dari Torino, Juve membuang kesempatan untuk menjadi juara Serie A. Padahal, saat itu, rival terdekat, Lazio, ditahan oleh Chievo. Sehari sebelumnya, Roma juga dilibas oleh Inter.

Pada giornata ke-33 ini, jika bisa mengalahkan Fiorentina dan Lazio gagal menaklukkan Parma, Juve bakal mengunci scudetto yang keempat beruntun. Atau yang ke-33 secara keseluruhan. Kesempatan untuk secepatnya mengakhiri perburuan gelar juara Serie A ini sangat penting. Agar Gigi Buffon dkk bisa berkonsentrasi penuh saat meladeni Real Madrid di semifinal Liga Champions.

Meski saat ini menghuni posisi juru kunci dan hampir dipastikan terdegradasi ke Serie B, Parma memang tidak bisa diremehkan. Peluang Lazio untuk terpeleset juga cukup besar. Maka dari itu, Juve tidak boleh lagi membuang kesempatan. Wajib hukumnya menghabisi Fiorentina di Juventus Stadium. Agar scudetto bisa segera diamankan.

Untuk melindas Fiorentina, Max Allegri tampaknya bakal kembali menurunkan Carlos Tevez. Tanpa Carlitos, yang hanya menjadi pemain cadangan saat ditekuk Torino, serangan Juve memang kurang menggigit. El Apache sepertinya bakal ditemani oleh Fernando Llorente di depan. Di bench juga masih ada Alessandro Matri dan Alvaro Morata yang sewaktu-waktu siap diturunkan jika Llorente macet.

Untuk mendukung duet striker tersebut, Roberto Pereyra bakal dipasang sebagai trequartista. Untuk menyuplai bola, pemain asal Argentina itu akan didukung oleh trio gelandang Stefano Sturaro, Andrea Pirlo, dan Claudio Marchisio yang sudah kembali dari hukuman akumulasi kartu kuning. Sementara itu, Arturo Vidal mungkin akan disimpan.

Di lini belakang, jika Patrice Evra belum fit, Stephan Lichtsteiner mungkin akan kembali dipasangkan dengan Simone Padoin. Dua full-back itu akan mengapit Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli untuk membentengi gawang Buffon. Sementara itu, Leo Bonucci kali ini harus absen karena hukuman akumulasi kartu kuning.

Memang, Fiorentina bukan lawan yang enteng. Tim besutan Vincenzo Montella itu pernah mempermalukan Juve di kandang sendiri saat bertemu di semifinal Coppa Italia. Namun, Juve bisa membalas sekaligus mengeliminasi Mohamed Salah dkk di leg kedua. Hal itu tak lepas dari keberhasilan Giorgio Chiellini dkk meredam Salah yang sempat merajalela di leg pertama. Kali ini, di Serie A, seharusnya, tidak akan berbeda hasilnya.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 15 Barzagli, 3 Chiellini, 33 Evra; 8 Marchisio, 21 Pirlo, 27 Sturaro; 37 Pereyra; 10 Tevez, 14 Llorente.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 39 Marrone, 5 Ogbonna, 17 De Ceglie, 20 Padoin, 23 Vidal, 32 Matri, 7 Pepe, 11 Coman, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Suspended: Bonucci.
Injured: Asamoah, Caceres, Romulo, Pogba.

Fiorentina (3-5-2):
1 Neto; 15, Savic, 2 G. Rodriguez, 19 Basanta; 17 Joaquin, 10 Aquilani, 5 Badelj, 14 M. Fernandez, 28 Alonso; 74 Salah, 33 M. Gomez.
Bench: 12 Tatarusanu, 38 Rosi, 40 Tomovic, 4 Richards, 23 Pasqual, 6 Vargas, 7 Pizarro, 16 Kurtic, 20 Borja Valero, 72 Ilicic, 9 Gilardino, 18 Diamanti.
Coach: Montella.
Suspended: –
Injured: Rossi, Lezzerini, Babacar.

Referee: Banti.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Thu, Apr 30, 2015, 01.45 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 2-0 Fiorentina.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 33: Juventus vs. Fiorentina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s