Preview Champions League 2014-2015 Semifinal 1st Leg: Juventus vs. Real Madrid

Juventus bisa langsung fokus menjamu Real Madrid di semifinal Liga Champions musim ini setelah mengunci scudetto Serie A akhir pekan kemarin. Gelar juara Liga Italia yang sudah di tangan tentu membuat para penggawa Juve semakin percaya diri dalam menyambut jawara Eropa 10 kali tersebut.

Musim ini memang untuk pertama kalinya Juventus menembus babak empat besar Liga Champions sejak tahun 2003. Saat itu, klub raksasa dari Kota Turin tersebut memang bablas sampai ke final. Namun, akhirnya harus mengakui keunggulan AC Milan lewat adu penalti.

Bila dibandingkan dengan Madrid yang menjadi pelanggan semifinal Liga Champions dalam lima musim terakhir, Juve jelas dalam posisi underdog. Meski demikian, bukan berarti La Vecchia Signora tidak memiliki peluang untuk membuat kejutan dan menghabisi Los Blancos musim ini.

Penampilan Real Madrid pada tahun 2015 ini memang tidak sedahsyat tahun lalu. Kehilangan sejumlah pemain pilar seperti Luka Modric dan Karim Benzema karena cedera cukup mereduksi kekuatan tim besutan Carlo Ancelotti itu. Ditambah lagi, pemain sepak bola termahal sejagat, Gareth Bale, juga baru sembuh dari cedera.

Madrid juga menghadapi kutukan tidak ada juara bertahan Liga Champions yang kembali berjaya di musim selanjutnya. Terakhir kali ada tim yang mampu juara back-to-back adalah AC Milan-nya Arrigo Sacchi pada tahun 1989 dan 1990. Itu pun pada era European Cup, bukan Champions League (yang dimulai sejak musim 1992/1993).

Kunci utama bagi Juve untuk mengeliminasi Real memang terletak pada laga leg pertama semifinal ini. Bermain di kandang sendiri, Bianconeri harus mampu menjaga gawang Gigi Buffon tetap perawan alias tidak kebobolan. Untuk mewujudkan misi tersebut, Juve memiliki modal statistik laga home di ajang Eropa yang cukup superior.

Dalam 17 laga kandang, sang Nyonya Tua hanya menelan sekali kekalahan (dari Bayern Muenchen pada perempat final Liga Champions tahun 2013). Sisanya, tim Zebra menang 10 kali dan seri 6 kali. Dalam 12 laga home terakhir, Andrea Pirlo dkk malah belum terkalahkan di pentas Eropa. Keangkeran Juventus Stadium ini menjadi modal utama untuk membekap Real Madrid.

Dari segi materi pemain, Juve juga hanya kehilangan Paul Pogba yang belum sembuh dari cedera. Para penggawa inti yang lain relatif bugar dan siap diturunkan untuk meladeni Madrid. Pelatih Max Allegri tampaknya bakal menerapkan skema 4-3-1-2 untuk mengatasi agresivitas pola 4-4-2 yang mungkin digunakan oleh Ancelotti.

Maka dari itu, melihat kondisi dan penampilan terakhir kedua tim, Juve berpeluang untuk, setidaknya, memetik hasil seri di Juventus Stadium. Syaratnya, sang Nyonya Tua mungkin harus meniru gaya bermain Floyd Mayweather yang kemarin mengalahkan Manny Pacquiao untuk meredam Cristiano Ronaldo. Tidak bisa dipungkiri, model sempak dan shampoo anti-ketombe itu masih menjadi mesin pencetak gol utama bagi Madrid.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 23 Vidal, 21 Pirlo, 8 Marchisio; 37 Pereyra; 9 Morata, 10 Tevez.
Coach: Allegri.
Bench: 30 Storari, 15 Barzagli, 27 Sturaro, 20 Padoin, 32 Matri, 14 Llorente, 11 Coman.
Injured: Pogba, Caceres, Rubinho.

Real Madrid (4-4-2):
1 Casillas; 15 Carvajal, 3 Pepe, 2 Varane,12 Marcelo; 10 James, 4 Sergio Ramos, 8 Kroos, 23 Isco; 11 Bale, 7 C. Ronaldo.
Coach: Ancelotti.
Bench: 13 Navas, 5 Coentrão, 17 Arbeloa, 18 Nacho, 24 Illarramendi, 14 Hernández, 20 Jese.
Injured: Benzema, Modric.

Referee: Atkinson.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Wed, May 6, 2015, 01.45 WIB.
Live: SCTV / OrangeTV Festival.

Prediction: Juventus 0-0 Real Madrid.

Preview Champions League 2014-2015 Semifinal 1st Leg: Juventus vs. Real Madrid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s