Review Serie A 2014-2015 Giornata 34: Sampdoria 0-1 Juventus

Juventus akhirnya berhasil mengunci gelar juara Liga Italia musim ini setelah membekap tuan rumah Sampdoria di Stadio Luigi Ferraris. Gol tunggal kemenangan Juve pada giornata ke-34 Serie A, hari Sabtu malam WIB (02/05) yang lalu, dipersembahkan oleh Arturo Vidal.

Sejak laga dimulai, Juventus, yang sebenarnya hanya membutuhkan hasil seri untuk memastikan scudetto keempat beruntun dalam lima tahun terakhir, langsung melakukan tekanan ke gawang Sampdoria. Namun, hingga setengah jam waktu berjalan, belum ada gol yang tercipta.

Hingga akhirnya, pada menit ke-32, Vidal berhasil memecah kebuntuan. Berkat assist cantik dari Stephan Lichtsteiner, pemain yang pernah menolak pinangan Bayern Muenchen tersebut menyundul bola yang langsung menembus gawang Emiliano Viviano. Juve pun unggul 1-0 atas Sampdoria.

Tertinggal satu gol membuat tim besutan Sinisa Mihajlovic terbangun. Il Samp langsung melancarkan serangan sporadis untuk menyamakan skor. Tembakan jarak jauh Vasco Regini dan Roberto Soriano pada penghujung babak pertama sempat mengancam gawang Juve. Untungnya, upaya mereka tidak tepat sasaran.

Carlos Tevez sempat membalas gempuran Sampdoria dengan melancarkan tembakan keras. Namun, usaha el Apache masih bisa digagalkan oleh para bek lawan. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Juve.

Pada babak kedua, Sampdoria tampak berhati-hati dan tidak berani terlalu gegabah menyerang. Juve pun menjadi kesulitan untuk menambah gol. Selain itu, penampilan Viviano juga cukup baik. Tembakan Tevez pada menit ke-59 berhasil ditepis oleh kiper yang terbuang dari Arsenal tersebut.

Sampdoria sempat kembali mengancam setelah Mihajlovic memasukkan Bergessio. Pada menit ke-65, pemain yang menggantikan Rizzo itu melepaskan tendangan keras yang untungnya masih bisa diblok oleh benteng pertahanan Juventus.

Meski kemudian Allegri memasukkan para pemain pengganti seperti Alvaro Morata dan Kingsley Coman, Juve tidak mampu lagi menambah gol. Tembakan Claudio Marchisio pada menit ke-70 gagal mengubah hasil karena dimentahkan oleh kiper Sampdoria. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Selama 90 menit, Juve cukup dominan dengan penguasaan bola sekitar 55 persen. Namun, Tevez dkk hanya mampu melepaskan 13 tembakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang dan satu menjadi gol. Sementara itu, Sampdoria mengalami kemandulan karena hanya mampu melesatkan tiga shot on target dan sebanyak 12 kali tendangan Samuel Eto’o dkk melenceng dari sasaran.

Dengan kemenangan ini, Juve berhasil meraih scudetto mereka yang ke-33 sepanjang sejarah. Gelar juara ini juga merupakan yang pertama di era Max Allegri. Sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat pada awal musim, mantan pelatih AC Milan tersebut sempat diremehkan oleh mayoritas Juventini, yang kini terpaksa harus menjilat ludah mereka sendiri.

***

Ratings

Sampdoria (4-3-1-2): 5.5
Viviano 6; De Silvestri 5.5, Silvestre 6, Romagnoli 6, Mesbah 5.5/Regini 5.5 (36’); Obiang 5.5/Duncan 6 (72’), Palombo 6, Rizzo 5.5/Bergessio 6.5 (54’); Soriano 6; Eto’o 5.5, Muriel 6.5.
Coach: Mihajlovic 5.5.

Juventus (4-3-1-2): 6.5
Buffon 6; Lichtsteiner 6.5, Barzagli 6, Bonucci 6.5, Padoin 6; Sturaro 6.5, Marchisio 6.5, Vidal 6.5; Pereyra 6.5/Chiellini 6 (73’); Tevez 6/Morata 6 (72’), Llorente 6.5/Coman 6 (80’).
Coach: Allegri 6.5.

Referee: Valeri 6.5.

Man of the Match: Leonardo Bonucci.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 34: Sampdoria 0-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s