Review Champions League 2014-2015 Semifinal 1st Leg: Juventus 2-1 Real Madrid

Big match antara Juventus melawan Real Madrid yang tersaji pada semifinal Liga Champions berlangsung cukup seru dan menarik. Sang Nyonya Tua, selaku tuan rumah, berhasil memenangi leg pertama yang berlangsung dini hari tadi WIB (06/05). Dua gol kemenangan Bianconeri dicetak oleh Alvaro Morata dan eksekusi penalti Carlos Tevez. Sementara itu, tim tamu berhasil mencuri gol away lewat sundulan model celana dalam, Cristiano Ronaldo.

Sejak awal laga, Juve, yang diperkirakan bakal bertahan, ternyata langsung menyerang pertahanan Madrid. Baru beberapa menit, Arturo Vidal sudah mampu menembus kotak penalti lawan. Sayangnya, aksi gelandang asal Cile tersebut masih mampu dihentikan oleh bek Los Blancos.

Mendapat tekanan bertubi-tubi, lini tengah Madrid menjadi macet dan tidak mampu mengkreasi serangan balik cepat yang selama ini menjadi trade-mark mereka. Alhasil, bukannya meraih keunggulan, Real malah tertinggal duluan dari Juventus.

Malapetaka bagi Madrid berawal dari aksi Carlos Tevez yang menusuk dari sisi kanan kotak penalti. Sejurus kemudian, Carlitos melepas tembakan keras yang masih dapat ditepis oleh Iker Casillas. Namun, malang bagi Real, bola malah mental dan langsung disikat oleh Alvaro Morata yang berhasil melepaskan diri dari kawalan Pepe.

Setelah tertinggal satu gol pada menit ke-8, Madrid mulai tersentak. Gengsi sebagai juara bertahan harus mereka pertahankan. Cristiano tampak mulai gemas dan berusaha secepat mungkin untuk membalas keadaan. Beberapa kali cowok yang dicampakkan oleh model pakaian dalam Irina Shayk itu mengancam gawang Gigi Buffon.

Hingga akhirnya, pada menit ke-27, usaha Ronaldo berhasil. Berawal dari Dani Carvajal yang mengirim bola dari sayap kanan ke dalam kotak penalti Juve, James Rodriguez kemudian meneruskan bola tersebut dengan umpan silang cantik ke depan gawang Buffon yang langsung disundul oleh Cristiano. Madrid pun berhasil mencuri satu gol away yang sangat berharga dan mungkin bakal menentukan kelolosan mereka ke final Liga Champions musim ini.

Juve yang semula nyaman dengan keunggulan satu gol mulai bangkit kembali. Menjelang babak pertama berakhir, La Vecchia Signora berusaha meneror gawang Madrid. Namun, hingga turun minum, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor tetap imbang 1-1.

Pada babak kedua, permainan masih berjalan relatif imbang. Kedua tim saling melancarkan serangan, tapi tidak ada yang benar-benar dominan. Penampilan buruk Andrea Pirlo di Juve dan Sergio Ramos di Madrid menjadi salah satu penyebab macetnya kreativitas kedua tim.

Pirlo, yang biasanya terkenal dengan umpan-umpan akuratnya, dini hari tadi seakan kehilangan daya magisnya. Sang Maestro menjadi pemain yang paling banyak melakukan salah umpan (hingga 13 kali) dalam laga Juventus melawan Real Madrid tadi.

Sementara itu, Sergio Ramos, yang biasanya menghuni lini belakang, tadi memang dipasang sebagai gelandang oleh Carlo Ancelotti. Alhasil, pemain yang mirip aktor Val Kilmer ini menjadi pemain yang tampil paling buruk dan sering kali membuang bola. Padahal, tidak ada lawan yang menekannya. Ramos, mungkin, belum bisa melepas kebiasaan menyapu bersih bola seperti saat dia menjadi bek.

Memasuki menit ke-57, Juve mendapat kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat yang dilancarkan oleh Tevez dan didukung oleh Morata di belakangnya. Kedua striker tersebut berhasil merangsek ke pertahanan Madrid yang tinggal menyisakan Dani Carvajal dan Marcelo.

Akibatnya, Marcelo terpaksa menjegal Morata sebelum memasuki kotak penalti. Carvajal kemudian juga harus menjatuhkan Tevez yang terlanjur membawa bola mendekati gawang Casillas. Wasit pun langsung menunjuk titik putih dan memberi kartu kuning kepada Marcelo. Real pun hanya bisa pasrah. Tevez mengeksekusi sendiri tendangan penalti tersebut. Gol. Carlitos dengan sempurna menembakkan bola ke tengah gawang Casillas. Juve pun kembali unggul dengan skor 2-1.

Untuk mengejar ketertinggalan, Ancelotti kemudian memasukkan Javier Hernandez. Namun, kali ini Chicharito tidak mampu menjadi pahlawan kesiangan seperti ketika melawan Atletico. Masuknya Jese untuk menggantikan Gareth Bale yang tampil memble juga tidak banyak membantu. Sundulan James yang seharusnya 99% gol hanya menerpa mistar gawang Juve. Madrid tetap sial dan gagal menyamakan skor. Yang ada malah hampir kebobolan lagi.

Menjelang laga berakhir, Juve lewat serangan balik kembali mendapat peluang emas. Tetapi, sayang, Fernando Llorente yang sudah berhadapan dengan Casillas tidak bisa menguasai bola dengan sempurna. Beberapa menit sebelumnya, Llorente juga memperoleh kesempatan yang seharusnya bisa menjadi gol. Namun, sundulannya terlalu lemah dan melenceng.

Hingga 90 menit berakhir, skor tetap 2-1 untuk kemenangan tuan rumah. Madrid sebenarnya unggul tipis dalam penguasaan bola sampai 52 persen. Tetapi, dari 13 tembakan yang dilepaskan oleh Isco dkk, hanya empat yang on target, dan salah satunya menjebol gawang Buffon. Di lain pihak, Juve mampu melepaskan tujuh tembakan yang mengarah ke sasaran (dua di antaranya menjadi gol) dari 12 kali kesempatan.

Tengah pekan depan, kedua tim bakal bertemu lagi pada semifinal leg kedua. Madrid berpeluang besar untuk membalik keadaan di kandang sendiri, Estadio Santiago Bernabeu. Cukup dengan skor 1-0, el Real bakal melaju ke final Liga Champions musim ini. Sementara itu, Juve harus berusaha mati-matian untuk, setidaknya, memetik hasil imbang.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 7.5
Buffon 6.5; Lichtsteiner 6.5, Bonucci 7, Chiellini 6.5, Evra 6; Marchisio 6.5, Pirlo 5.5, Sturaro 7/Barzagli 6 (64′); Vidal 6.5; Tevez 8/Pereyra 6 (86′), Morata 8/Llorente 5.5 (78′).
Coach: Allegri 7.5.

Real Madrid (4-4-2): 5.5
Casillas 5; Carvajal 5, Pepe 5.5, Varane 4.5, Marcelo 5; James 7, Ramos 4.5, Kroos 6, Isco 6.5/Hernandez 5 (63′); Bale 5/Jese 6 (86′), Ronaldo 6.
Coach: Ancelotti 5.5.

Referee: Atkinson 6.

Man of the Match: Carlos Tevez.

Review Champions League 2014-2015 Semifinal 1st Leg: Juventus 2-1 Real Madrid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s