Review Serie A 2014-2015 Giornata 35: Juventus 1-1 Cagliari

Juventus, yang sudah mengunci gelar juara Liga Italia musim ini, hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu tim papan bawah, Cagliari. Dua gol yang menghiasi laga Serie A pada giornata ke-35 tersebut dicetak oleh Paul Pogba dan Luca Rossettini.

Saat meladeni Cagliari pada hari Sabtu (09/05) kemarin, Max Allegri selaku allenatore Juve memang menurunkan banyak pemain cadangan. Mayoritas pemain kunci diistirahatkan agar tenaga mereka fresh saat bertandang ke Madrid dalam leg kedua semifinal Liga Champions tengah pekan ini.

Meski mengandalkan sejumlah pemain pelapis, Juve sebenarnya langsung menekan sejak awal laga. Pogba yang baru kembali dari cedera sempat mengancam gawang Cagliari dengan tendangan bebasnya, yang sayangnya masih melenceng.

Di lain pihak, Cagliari selaku tim tamu tidak melulu parkir bus. Mantan pasukan Zdenek Zeman itu berani melancarkan serangan balik untuk menggedor gawang Juventus yang dijaga oleh kiper cadangan terbaik di Italia, Marco Storari.

Menjelang akhir babak pertama, skor tampaknya bakal tetap tanpa gol hingga turun minum. Namun, Pogba mampu membuat perbedaan. Dengan tendangan keras dari luar kotak penalty yang menjadi trade mark-nya, pemain yang dicampakkan oleh Manchester United itu berhasil mengoyak gawang Cagliari. Kiper Zeljko Brkic salah mengantisipasi arah bola karena tembakan Pogba sempat dibelokkan oleh kaki bek Isolani.

Pada babak kedua, merasa sudah unggul, Allegri menarik keluar trio gelandang andalannya,yaitu Roberto Pereyra, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh Cagliari untuk mengembangkan permainan dan menekan pertahanan Juventus.

Setelah berkali-kali gagal, akhirnya upaya Cagliari untuk menjebol gawang Juve terjadi pada lima menit menjelang bubaran. Menerima umpan dari tendangan bebas, Rossettini menyundul bola yang kemudian menerpa tiang gawang. Namun, bola mental tersebut masih bisa dia sikat untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Hingga wasit meniup peluit akhir, kedudukan tetap tidak berubah. Selama 90 menit, Juve tercatat unggul tipis dalam ball possession (hanya 53 persen). Sebanyak 13 tembakan dilepaskan oleh Alessandro Matri dkk, tapi hanya empat yang on target dan satu yang menjadi gol. Sementara itu, Cagliari bermain lebih efektif karena mampu melesatkan enam tendangan yang mengarah ke sasaran dari 15 kali percobaan. Satu di antaranya berhasil menjebol gawang Storari.

Hasil seri ini tidak berpengaruh bagi Juve yang sudah pasti merengkuh scudetto pekan lalu. Misi utama Allegri memang hanya menjaga supaya para pemain intinya tidak ada yang cedera menjelang dijamu Madrid di Liga Champions. Sebaliknya, bagi Cagliari, satu poin dari Juventus Stadium ini ibarat kemenangan dan sangat berarti bagi upaya mereka untuk lolos dari jeratan degradasi.

***

Ratings

Juventus (4-3-3): 6
Storari 6; Romulo 6, Barzagli 6, Ogbonna 6.5, Padoin 6; Pereyra 5.5/Vitale 6 (75′), Marchisio 6.5/Sturaro 6 (59′), Pogba 6.5/De Ceglie 6 (63′); Pepe 5, Matri 5, Coman 6.
Coach: Allegri 6.

Cagliari (4-3-1-2): 6
Brkic 6.5; Balzano 5.5, Ceppitelli 6.5/Diakite 6 (73′), Rossettini 7, Avelar 5.5; Donsah 6/Sau 5.5 (68′), Crisetig 6, Joao Pedro 5.5; Ekdal 6; Cop 5/Longo 6 (77′), Farias 5.
Coach: Festa 6.

Referee: Peruzzo 6.

Man of the Match: Luca Rosettini.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 35: Juventus 1-1 Cagliari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s