Review Formula 1 Gran Premio de Espana 2015

Setelah gagal menang dalam empat seri sebelumnya, Nico Rosberg akhirnya menapak podium tertinggi untuk pertama kalinya musim ini di GP Spanyol, hari Minggu (10/05) kemarin. Pada awal balapan Formula 1 musim ini, Rosberg memang tiga kali dipecundangi oleh rekan setimnya, Lewis Hamilton, dan sekali oleh pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Di Barcelona kemarin, Rosberg memulai lomba dari posisi terdepan setelah berhasil mencatat waktu tercepat saat sesi kualifikasi. Saat start, suami Vivian Sibold itu juga tidak melakukan kesalahan dan langsung memimpin sejak lap pertama.

Setelah berlomba selama 1 jam 41 menit 12,555 detik, Rosberg akhirnya finish dengan nyaman di depan Hamilton dengan keunggulan hingga 17,5 detik. Kemenangan tersebut adalah yang pertama baginya setelah terakhir kali mengenyam victory pada GP Brasil tanggal 9 November 2014.

Berbeda halnya dengan Hamilton. Kali ini mantan pebalap McLaren itu melakukan start yang buruk. Alhasil, dia harus kehilangan posisi kedua setelah disalip oleh Vettel yang start dari posisi ketiga. Beruntung, dengan perjuangan keras dan dan strategi pit stop yang tepat, mantan pacar Nicole Scherzinger itu akhirnya mampu finish di posisi kedua.

Hamilton kemarin memang sempat tertahan cukup lama di belakang Vettel. Meski berusaha mendekati sedekat mungkin, juara dunia dua kali itu tetap tidak mampu menyalip jagoan Ferrari tersebut. Akhirnya, tim Mercedes memutuskan untuk berjudi dengan melakukan pit stop lebih dulu daripada Vettel.

Strategi itu cukup brilian. Saat Hamilton keluar, para pebalap lain mayoritas baru masuk untuk melakukan pit stop. Karena trek menjadi sepi, Hamilton bisa menabung waktu dengan menggeber mobilnya semaksimal mungkin. Hasilnya, dia bisa mencatat fastest lap dan berhasil keluar di depan Vettel setelah melakukan pit stop terakhirnya, atau yang ketiga pada lomba kemarin.

Vettel sendiri akhirnya hanya bisa finish ketiga di belakang Hamilton, sesuai dengan posisi startnya. Sementara itu, rekan setimnya, Kimi Raikkonen, tak mampu melewati juniornya sesama pebalap Finlandia, Valtteri Bottas. Kimi harus puas finish di posisi kelima, diapit oleh dua driver Williams, Bottas (P4) dan Felipe Massa (P6).

Adapun, Scuderia Toro Rosso yang membuat kejutan pada sesi kualifikasi dengan menempatkan duo pebalap ababilnya, Max Verstappen dan Carlos Sainz Jr, start di posisi kelima dan keenam, akhirnya berhasil mendapatkan poin lewat Sainz yang finish di posisi kesembilan. Anak legenda rally itu mengakhiri lomba di belakang Romain Grosjean dari Lotus.

Hasil lebih baik dari Toro Rosso dicapai oleh tim induknya, Red Bull. Meski termehek-mehek di belakang Mercedes, Ferrari, dan Williams, Daniel Ricciardo masih mampu membawa mobil rancangan Adrian Newey tersebut finish di posisi ketujuh. Rekannya, Daniil Kvyat, menjadi pebalap terakhir yang meraih poin dengan finish di posisi ke-10.

Sementara itu, McLaren-Honda masih belum bisa bangun dari mimpi buruknya. Hingga seri kelima ini, kolaborasi tim yang pernah berjaya di masa Ayrton Senna itu belum mampu meraih poin sebiji pun. Pada lomba kemarin, Fernando Alonso mengalami masalah rem dan harus mengakhiri lomba lebih awal. Jenson Button yang berjuang sendirian pun akhirnya hanya bisa finish di posisi ke-16.

Dengan finish 1-2 di Catalunya ini, Mercedes semakin menancapkan dominasinya di puncak klasemen konstruktor. The Silver Arrows unggul dengan 202 poin, diikuti Ferrari (132), Williams (81), Red Bull (30), dan Sauber (19) di lima besar.

Di klasemen pebalap, meski kemarin menang, Rosberg yang baru mengumpulkan 91 poin masih belum mampu menggeser Hamilton (111) dari posisi puncak. Vettel (80) menguntit duo Mercy tersebut di posisi ketiga, diikuti Kimi (52) dan Bottas (42).

Dari Barcelona, sirkus F1 bakal berlanjut ke sirkuit jalan raya Monte Carlo. Musim lalu, balapan klasik ini menjadi awal friksi antara Hamilton dan Rosberg saat terjadi insiden yellow flag pada sesi kualifikasi. Apakah bara di dalam sekam tim Mercedes tersebut akan kembali menyala? Tunggu jawabannya di Monaco dua pekan mendatang!

Review Formula 1 Gran Premio de Espana 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s