Preview Champions League 2014-2015 Semifinal 2nd Leg: Real Madrid vs. Juventus

Partai seru bakal tersaji tengah pekan ini kala Real Madrid menjamu jawara Liga Italia 33 kali, Juventus, di Estadio Santiago Bernabeu. Madrid, selaku juara bertahan, yang keok dengan skor 1-2 saat bertandang ke Juventus Stadium pada semifinal leg pertama, wajib menang (minimal dengan skor 1-0) pada leg kedua ini jika ingin melangkah ke babak final Liga Champions di Berlin.

Performa Madrid belakangan ini memang sedang menurun. Akhir pekan lalu, Los Blancos hampir saja kalah karena sudah tertinggal dua gol dari Valencia di babak pertama. Beruntung, Cristiano Ronaldo dkk akhirnya mampu memaksakan hasil imbang 2-2 pada jornada ke-36 Liga Spanyol tersebut.

Masalah yang dialami oleh pelatih Carlo Ancelotti bertambah pelik karena Toni Kroos mengalami cedera saat melawan Valencia kemarin. Kini, gelandang asal Jerman itu diragukan untuk bisa tampil saat menjamu Juventus. Tanpa Kroos, lini tengah Real bakal semakin keropos karena sebelumnya mereka sudah kehilangan Luka Modric.

Otomatis, Ancelotti hanya bisa mengandalkan skill dua fantasistanya, Isco dan James, untuk memberikan umpan-umpan matang kepada trio Gareth Bale, Chicharito, dan Cristiano Ronaldo di lini depan. Sementara itu, kondisi Karim Benzema belum sepenuhnya fit dan hanya akan memulai laga dari bangku cadangan.

Melempemnya kinerja lapangan tengah Real terlihat pada leg pertama yang lalu. Ancelotti kala itu memaksa Sergio Ramos, yang aslinya seorang bek, bermain sebagai gelandang. Alhasil, pemain yang tampangnya mirip Val Kilmer tersebut menjadi titik lemah Madrid. Pada leg kedua ini, Ramos tampaknya bakal dikembalikan ke posisi aslinya di lini belakang, bertandem dengan si Preman Pasar, Pepe.

Di lain pihak, Juventus sendiri bakal bertandang ke Bernabeu dengan kekuatan hampir 100 persen. Akhir pekan lalu, pelatih Max Allegri sengaja menyimpan sejumlah pemain kunci saat menjamu Cagliari. Akibatnya, Juve hanya memetik hasil seri 1-1 pada laga Serie A giornata ke-35 tersebut. Namun, hal itu tidak menjadi masalah karena Gigi Buffon sudah mengunci gelar juara Liga Italia musim ini sepekan sebelumnya.

Kabar gembira yang dibawa oleh Juve ke Madrid adalah sudah pulihnya Paul Pogba. Setelah cedera selama dua bulan, gelandang muda terbaik di dunia itu langsung membobol gawang Cagliari pada “debut”-nya akhir pekan lalu. Pogboom mencetak gol lewat trade-mark-nya, yaitu tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Dengan kembalinya Pogba ini, Allegri memiliki banyak opsi untuk menyokong duet Carlos Tevez dan Alvaro Morata di depan. Sebagai trequartista, mungkin dia bakal memasang Arturo Vidal. Sementara itu, Claudio Marchisio dan Andrea Pirlo bakal menemani Pogba di lini tengah. Adapun, di bangku cadangan masih ada Stefano Sturaro dan Roberto Pereyra sebagai pelapis empat gelandang world class tersebut.

Yang pasti, dalam menghadapi Madrid di leg kedua ini, Allegri sudah menegaskan Juve tak akan bermain bertahan alias parkir bus. Meski sudah unggul 2-1, Giorgio Chiellini dkk akan tetap fokus untuk mencuri gol dengan mengandalkan serangan balik cepat. Laga ini kemungkinan bakal berjalan terbuka karena Real juga memburu kemenangan agar bisa lolos ke partai puncak di Berlin bulan depan.

***

Probable Line-ups

Real Madrid (4-3-3):
1 Casillas; 15 Carvajal, 3 Pepe, 4 Sergio Ramos, 12 Marcelo; 23 Isco, 8 Kroos, 10 James; 11 Bale, 14 Chicharito, 7 C. Ronaldo.
Bench: 13 Keylor Navas, 17 Arbeloa, 2 Varane, 16 Lucas Silva, 24 Illarramendi, 20 Jese, 9 Benzema.
Coach: Ancelotti.
Injured: Modric, Khedira.

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 33 Evra; 8 Marchisio, 21 Pirlo, 6 Pogba; 23 Vidal; 9 Morata, 10 Tevez.
Bench: 30 Storari, 15 Barzagli, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 20 Padoin, 14 Llorente, 32 Matri.
Coach: Allegri.
Injured: Caceres.

Referee: Eriksson (SWE).
Venue: Estadio Santiago Bernabeu, Madrid.
Kick-off: Thu, May 14, 2015, 01.45 WIB.
Live: SCTV / OrangeTV Festival.

Prediction: Real Madrid 1-1 Juventus.

Preview Champions League 2014-2015 Semifinal 2nd Leg: Real Madrid vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s