Preview Coppa Italia 2014-2015 Finale: Juventus vs. Lazio

Coppa Italia merupakan salah satu trofi yang sudah lama tidak diraih oleh Juventus. Terakhir kali Juve merebut piala yang sekarang bernama resmi TIM Cup itu saat diperkuat oleh trio Roberto Baggio, Gianluca Vialli, dan Fabrizio Ravanelli dua puluh tahun yang lalu. Ketika itu, Bianconeri sukses menyandingkan Coppa Italia dengan gelar Scudetto Serie A yang sudah sembilan tahun gagal mereka rengkuh.

Musim ini, tepat dua dekade kemudian, Juve berpeluang untuk mengulang prestasi menjadi double winners seperti tahun 1995. Syaratnya, Gigi Buffon dkk harus bisa menghabisi perlawanan Lazio di partai puncak yang digelar pada hari Kamis (21/05) dini hari nanti WIB di Stadio Olimpico, Roma.

Jika bisa menjuarai TIM Cup musim ini, Juve bakal menjadi tim pertama yang berhak memasang lambang bintang perak sebagai tanda juara Coppa Italia 10 kali. Hal itu bakal semakin mempercantik logo Juventus yang sudah dihiasi tiga bintang emas sebagai tanda juara Liga Italia 33 kali. Untuk setiap 10 Scudetto yang direbut, otoritas sepak bola Italia memang mengapresiasinya dengan satu bintang emas.

Untuk bintang perak, hingga kini memang belum ada klub Italia yang meraihnya. Satu-satunya pesaing Juve adalah AS Roma yang sama-sama telah menjuarai Coppa Italia sembilan kali. Namun, Serigala Ibu Kota sudah tersingkir dan peluang mereka sudah tertutup musim ini. Maka dari itu, kesempatan ini tak boleh disia-siakan lagi. Juve sudah pernah membuangnya ketika dikalahkan Napoli pada partai final yang juga laga perpisahan dengan Alessandro Del Piero pada tahun 2012.

Jika menilik statistik musim ini, Juve memang lebih superior daripada Lazio. Di ajang Serie A, dari dua kali pertemuan, sang Nyonya Tua selalu menang tanpa kebobolan dengan mencetak total lima gol ke gawang tim berlambang burung elang tersebut. Performa Miroslav Klose dkk akhir-akhir ini juga menurun. Dari enam laga terakhir, mereka hanya memetik dua kemenangan.

Meski demikian, Juve tetap tidak boleh meremehkan Lazio. Di ajang Coppa Italia, tim besutan Stefano Pioli itu kerap merepotkan Bianconeri. Dua musim yang lalu, Federico Marchetti dkk mengeliminasi La Vecchia Signora di babak semifinal. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir, tim Zebra tak mampu memetik kemenangan atas Biancoceleste saat bertemu di TIM Cup, dengan hasil tiga kali kalah dan sekali seri.

Maka dari itu Pioli dan Klose tetap optimistis bisa membekuk Juventus. Apalagi, mereka bakal bermain di kandang sendiri, Stadio Olimpico. Selain itu, dari delapan kali berlaga di final Coppa Italia, Lazio hanya gagal dua kali. Dua musim lalu, mereka berhasil menghabisi rival sekotanya AS Roma dan keluar sebagai pemenang. Bandingkan dengan Juve yang sudah enam kali gagal menjadi juara dari 15 kali penampilan mereka di partai puncak.

Absennya Claudio Marchisio dan Alvaro Morata karena akumulasi kartu kuning juga bakal mereduksi kekuatan Juve. Apalagi, Morata sedang on fire setelah dua golnya menamatkan riwayat sang mantan Real Madrid di ajang Liga Champions. Akhir pekan lalu, Mr. Cool juga mencetak gol kemenangan saat menghajar rival klasik Internazionale Milano di Stadio San Siro.

Pelatih Max Allegri sendiri menegaskan Juve tetap menganggap serius Coppa Italia. Bahkan, dia bilang final dini hari nanti melawan Lazio sama pentingnya dengan final Liga Champions melawan Barcelona. TIM Cup memang menjadi salah satu target utama musim ini, selain Scudetto, karena Juve sudah sangat lama tidak meraihnya. Mungkin, tahun ini memang sudah saatnya untuk mengakhiri puasa gelar di ajang Coppa Italia. Bintang perak sudah di depan mata. Fino alla decima!

***

Probable Line-ups

Juventus (3-5-2):
30 Storari; 15 Barzagli, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 23 Vidal, 21 Pirlo, 6 Pogba, 33 Evra; 14 Llorente, 10 Tevez.
Bench: 1 Buffon, 34 Rubinho, 5 Ogbonna, 17 De Ceglie, 39 Marrone, 20 Padoin, 22 Asamoah, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 7 Pepe, 11 Coman, 32 Matri.
Coach: Allegri.
Suspended: Marchisio, Morata.
Injured: Caceres, Romulo.

Lazio (4-3-3):
1 Berisha; 5 Basta, 3 De Vrij, 18 Gentiletti, 26 Radu; 32 Cataldi, 16 Parolo, 19 Lulic; 87 Candreva, 11 Klose, 7 Felipe Anderson.
Bench: 22 Marchetti, 77 Strakosha, 2 Ciani, 33 Mauricio, 39 Cavanda, 5 Braafheld, 23 Onazi, 24 Ledesma, 20 Biglia, 6 S. Mauri, 14 B. Keita, 9 F. Djordjevic.
Coach: Pioli.
Suspended: –
Injured: Cana, Ederson.

Referee: Orsato.
Venue: Stadio Olimpico, Roma.
Kick-off: Thu, May 21, 2015, 01.45 WIB.
Live: KompasTV.

Prediction: Juventus 2-1 Lazio.

Preview Coppa Italia 2014-2015 Finale: Juventus vs. Lazio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s