Review Serie A 2014-2015 Giornata 37: Juventus 3-1 Napoli

Selain sukses merengkuh gelar juara Serie A empat kali beruntun, sekaligus menjadi double winners setelah meraih ‘La Decima’ Coppa Italia yang ke-10, Juve berhasil mengakhiri musim ini dengan rekor tak terkalahkan di laga kandang. Sang Nyonya Tua mampu menjaga kesucian Juventus Stadium sejak terakhir kali menelan kekalahan pada bulan Januari 2013.

Napoli, yang menjadi tamu pada hari Sabtu (23/05) malam WIB, harus pulang dengan tangan hampa setelah disikat 3-1 oleh Juventus. Tiga gol kemenangan pada giornata ke-37 tersebut diceploskan oleh Roberto Pereyra, Stefano Sturaro, dan penalti Simone Pepe pada penghujung laga. Sementara itu, il Partenopei hanya mampu membalas melalui gol David Lopez yang memanfaatkan bola rebound hasil sepakan dua belas pas Lorenzo Insigne yang ditepis oleh Gigi Buffon.

Juve, yang tampil tanpa beban karena sudah memborong dua trofi domestik musim ini, menurunkan sejumlah pemain cadangan saat menjamu Napoli. Meski demikian, Bianconeri tetap bermain agresif dan langsung menekan pertahanan tamunya sejak awal laga.

Napoli pun tak mau kalah dengan melancarkan serangan balik. Sialnya, peluang emas Dries Mertens pada menit ke-4 masih mampu dihalau oleh Buffon yang kemarin memang tampil cemerlang. Juve pun langsung membalasnya dengan aksi Kingsley Coman untuk mengobrak-abrik pertahanan tim asal Pompeii itu.

Usaha Coman akhirnya menampakkan hasil pada menit ke-13 ketika umpan lambungnya mampu mengecoh para bek Napoli. Pereyra yang berhasil menembus jebakan offside langsung memanfaatkannya dengan melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dan menjebol gawang rekan senegaranya, Mariano Andujar.

Tertinggal satu gol, Napoli semakin menggebu untuk membalas. Juve pun melayaninya dengan melancarkan counter-attack yang dirancang oleh Claudio Marchisio. Pada menit ke-36, Paul Pogba hampir menambah keunggulan jika saja bola tendangan bebasnya tidak melambung di atas gawang. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada awal babak kedua, Napoli memasukkan Manolo Gabbiadini untuk menggantikan Gonzalo Higuain. Pergantian ini membuat el Pipita meradang. Kabarnya, mantan striker Real Madrid itu langsung ngeloyor ke kamar ganti dan meninggalkan stadion karena kecewa dengan kebijakan pelatih Rafa Benitez.

Usaha Napoli untuk menyamakan kedudukan akhirnya menemui hasil pada menit ke-50 setelah Kwadwo Asamoah menyentuh bola di dalam kotak terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Insigne maju menjadi eksekutor. Namun, tembakannya masih bisa dibaca oleh Buffon. Beruntung bagi Napoli, bola mental mampu disambar oleh David Lopez untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Berhasil membuat gol meningkatkan semangat Napoli. Jose Callejon dkk memang sedang memburu kemenangan agar lolos ke zona Liga Champions musim depan. Hanya saja, Juve bukan tim kemarin sore. Meski menurunkan banyak pemain cadangan, La Vecchia Signora dengan tenang mampu mementahkan serangan il Partenopei.

Petaka bagi Napoli akhirnya terjadi pada menit ke-77. Juve berhasil menambah keunggulan lewat aksi individual luar biasa yang dilakukan oleh Sturaro. Mantan pemain Genoa itu memanfaatkan umpan Alvaro Morata dengan tendangan melengkungnya, yang akhirnya menjebol gawang Andujar dengan indahnya.

Kembali tertinggal dengan waktu tersisa 15 menit, para pemain Napoli pun tampak frustrasi. Pada masa injury time, Miguel Britos melakukan kesalahan konyol dengan menanduk muka Morata sampai moncrot di dalam kotak penalti. Tak pelak, wasit pun mengeluarkan kartu merah dan kembali menunjuk titik putih. Simone Pepe yang tampil sebagai algojo tidak membuang kesempatan itu dan menutup keunggulan Juve menjadi 3-1 pada menit ke-93.

Hingga laga berakhir, skor tetap tidak berubah. Juve tercatat dominan dalam ball possession hingga 57 persen. Sebanyak 15 tembakan dilepaskan oleh Morata dkk, dengan lima di antaranya on target dan tiga menjadi gol. Sementara itu, dari 12 kali kesempatan yang diperoleh, Napoli sebenarnya mampu menghasilkan tujuh tembakan ke arah gawang, tapi hanya satu yang menjadi gol.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 7
Buffon 7; Padoin 6, Barzagli 6.5/Bonucci 6 (46’), Ogbonna 6, Asamoah 6.5; Sturaro 7, Marchisio 6.5/Pirlo 6 (71’), Pogba 6.5; Pereryra 6.5/Pepe 6 (79’); Morata 6, Coman 7.
Coach: Allegri 7.

Napoli (4-2-3-1): 5
Andujar 6; Maggio 5, Albiol 5, Britos 4, Ghoulam 5.5; David Lopez 7, Gargano 5/Jorginho 5.5 (79’); Callejon 5.5, Mertens 6.5, Insigne 5/Hamsik 6 (68’); Higuain 4.5/Gabbiadini 6 (46’).
Coach: Benitez 5.

Referee: Banti 5.

Man of the Match: Stefano Sturaro.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 37: Juventus 3-1 Napoli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s