Review Serie A 2014-2015 Giornata 38: Hellas Verona 2-2 Juventus

Setelah menjadi double winners dengan merengkuh Scudetto dan Coppa Italia, Juventus gagal menutup giornata terakhir Liga Italia Serie A musim ini dengan hasil sempurna. Juve hanya mampu bermain imbang 2-2 ketika bertandang ke Verona pada hari Sabtu malam WIB (30/05), kemarin.

Hasil seri ini, meski sudah tidak berpengaruh apa-apa di kancah domestik, tetap harus diwaspadai oleh Juve menjelang laga hidup-mati, final Liga Champions, di Berlin akhir pekan depan. Gigi Buffon dkk harus tetap bersemangat dalam menyongsong Barcelona, yang dini hari tadi WIB (31/05) memastikan diri menjadi double winners setelah menghabisi Athletic Club di final Copa Del Rey.

Selain gagal mencatat kemenangan, Juve juga gagal mengantarkan Carlos Tevez menjadi top scorer Serie A musim ini. Tertinggal satu gol dari Luca Toni, Tevez malah gagal menambah pundi-pundinya setelah eksekusi penaltinya menjelang akhir laga dimentahkan oleh kiper Rafael.

Sementara itu, Toni malah berhasil menambah koleksinya menjadi 22 gol setelah menjebol gawang Buffon pada awal babak kedua. Hal ini menjadi ironis, karena dalam dua musim terakhir, Carlitos gagal menjadi capocannoniere setelah dipecundangi oleh dua striker buangan Juve, Ciro Immobile dan Luca Toni.

Juve sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu di kandang Verona kemarin. Setelah hampir satu babak tidak berhasil menembus pertahanan Hellas yang dikawal oleh bek veteran Rafael Marquez, Roberto Pereyra berhasil memecah kebuntuan dengan gol indahnya, salah satu gol terbaik musim ini. Pada menit ke-42, gelandang asal Argentina itu mendapat bola dari Paul Pogba, lalu melepas tendangan melengkung dari jarak 22 meter yang gagal dihalau oleh kiper Rafael.

Keunggulan Juve tersebut tidak bertahan terlalu lama. Pada awal babak kedua, lewat serangan balik cepat, Luca Toni berhasil menembus pertahanan Juve yang kemarin memang tidak sekokoh biasanya. Dengan dicadangkannya Giorgio Chiellini, Angelo Ogbonna menjadi titik lemah yang dimanfaatkan oleh Toni untuk merobek gawang Buffon.

Pada menit ke-57, Juve mampu merengkuh kembali keunggulannya lewat serangan yang diprakarsai oleh Andrea Pirlo. Umpan lambung dari sang Maestro ke dalam kotak penalti mampu diarahkan ke depan gawang oleh Simone Pepe, yang kemudian langsung disikat oleh Fernando Llorente.

Skor 2-1 bertahan hingga menjelang akhir babak kedua. Pada menit ke-87, Juve sebenarnya berpeluang untuk menambah keunggulan. Marquez menjegal Llorente di dalam kotak terlarang. Tak pelak, wasit pun menunjuk titik putih. Namun, sayangnya, Tevez yang maju sebagai algojo gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Eksekusi mantan striker Manchester United itu mampu ditepis oleh Rafael yang kemarin memang tampil cukup ciamik.

Pada masa injury time, masalah menimpa Juve. Simone Pepe mendapatkan kartu merah setelah menebas Mattia Valoti dari belakang. Tak lama berselang, tepatnya beberapa detik sebelum laga berakhir, sundulan Juanito yang memanfaatkan umpan set-piece Marquez mampu mengoyak gawang Buffon.

Dalam 90 menit, Juve sebenarnya sangat dominan dalam penguasaan bola hingga mencapai 62 persen. Namun, dari 16 tembakan yang dilepaskan Claudio Marchisio dkk, hanya empat yang on target dan dua yang menjadi gol. Sementara itu, Verona bermain lebih efektif. Dengan ball possession yang minim, Juanito dkk mampu melepaskan empat tembakan ke arah sasaran dari 15 kali kesempatan, di mana dua di antaranya menembus gawang Buffon.

Hasil seri ini memang tidak berarti apa-apa bagi Juve yang sudah juara, maupun bagi Verona yang sudah aman dari zona degradasi. Meski demikian, target pelatih Andrea Mandorlini untuk mengantarkan Luca Toni menjadi top scorer hampir tercapai. Jika Mauro Icardi (20 gol) gagal mencetak hat-trick pada pekan terakhir ini, Toni (22 gol), striker gaek berusia 38 tahun, akan ditahbiskan sebagai peraih sepatu emas Serie A musim ini. Juara dunia 2006 bersama Italia itu bakal menjadi pemain Verona pertama dalam sejarah yang mampu meraih gelar capocannoniere.

***

Ratings

Hellas Verona (4-3-3): 6.5
Rafael 7; Sala 6, Marquez 5.5, Moras 6, Agostini 6; Greco 5.5/Obbadi 6 (59’), Tachtsidis 6/Saviola 6 (85’), Hallfredsson 6.5; Juanito Gomez 7.5, Toni 7, Jankovic 6/Valoti 6 (74’).
Coach: Mandorlini 7.

Juventus (4-3-1-2): 6
Buffon 5.5; Padoin 6, Bonucci 6, Ogbonna 5.5, Evra 6/Lichtsteiner 6 (59’); Pogba 5.5, Pirlo 6.5, Marchisio 6/Sturaro 6 (45’); Pereyra 7.5/Pepe 5 (78’); Tevez 5.5, Llorente 7.
Coach: Allegri 6.

Referee: Di Bello 5.5.

Man of the Match: Juanito Gomez.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 38: Hellas Verona 2-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s