Preview Formula 1 Grand Prix du Canada 2015

Karakter Sirkuit Montreal yang dihiasi oleh trek lurus panjang dan tikungan tajam sangat membutuhkan mobil dengan power yang besar. Maka dari itu, mesin dengan tenaga ekstra sangat dibutuhkan dalam mengarungi Grand Prix Kanada akhir pekan ini. McLaren-Honda termasuk salah satu kontestan yang mewaspadai hal tersebut. Tim asal Inggris tersebut telah melakukan upgrade mesin agar bisa bersaing dan meraih poin di Sirkuit Gilles Villeneuve.

Selain McLaren-Honda, Ferrari juga mengambil kebijakan serupa. Mereka memutuskan untuk menggunakan jatah token yang masih tersisa untuk melakukan upgrade mesin. Sejauh ini, Ferrari telah memakai tiga token, sedangkan Honda dua token. Namun, tidak seperti McLaren yang langsung menjajal upgrade mesin tersebut, Ferrari belum tentu menggunakannya weekend ini di Kanada. Mungkin, tim Kuda Jingkrak baru akan mencoba mesin hasil rombakan mereka di GP Austria dua pekan mendatang.

Sementara itu, McLaren, yang berhasil “pecah telor” dan mendapatkan poin perdana musim ini di Monaco, mengakui masalah kelincahan mobil mereka dalam melahap tikungan sudah berhasil diatasi. Kini, fokus tim yang sudah lama tidak merasakan gelar juara itu adalah meningkatkan power mesin agar kecepatan mereka tidak terlalu tertinggal dari tim-tim lain di trek lurus.

Di lain pihak, tim juara bertahan Mercedes tidak akan menggunakan jatah token untuk merombak mesin. Meski demikian, kecepatan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg tetap bakal sulit untuk disaingi di Montreal. Keduanya hampir pasti akan kembali bertarung untuk memperebutkan posisi terdepan.

Hamilton, yang dipecundangi Rosberg di Monaco gara-gara salah menerapkan strategi pit stop, tentu saja ingin menghentikan laju rekan setimnya tersebut agar tidak mencetak hat-trik kemenangan di Kanada. Apalagi, selisih poin keduanya kini tinggal 10 angka saja. Jika Rosberg kembali berjaya, Hamilton mungkin bakal terkudeta dari puncak klasemen.

Mercedes sendiri mulai mewaspadai potensi persaingan panas antara kedua jagoannya tersebut. Di tambah lagi, pengalaman buruk musim lalu di Kanada saat mereka mengalami kerusakan rem sehingga Daniel Ricciardo mampu mencuri kemenangan dari Hamilton dan Rosberg. Boss Mercy Toto Wolff menjamin masalah yang sama tak akan terulang musim ini karena mereka telah lama mengatasi problem ERS tersebut.

Sementara itu, tim-tim lain seperti Williams juga membawa beberapa upgrade di Montreal. Felipe Massa dan Valtteri Bottas berharap bisa mengurangi gap mereka dari Ferrari. Begitu juga dengan Red Bull yang menargetkan bisa finish top ten seperti di Monaco kemarin. Adapun, Lotus datang ke Kanada dengan membawa perubahan pada hidung mobil yang style-nya mirip dengan punya Williams.

Untuk masalah ban, Pirelli selaku pemasok bakal menyediakan tipe soft (bertanda kuning) dan supersoft (bertanda merah) untuk digeber di Montreal. Karakter Sirkuit Gilles Villeneuve yang low downforce akan membuat setiap tim memacu sekencang mungkin mobil mereka di trek lurus. Maka dari itu, ban jenis lunak cocok digunakan di sirkuit sepanjang 4,361 kilometer ini.

Adapun, ramalan memperkirakan cuaca bakal cerah saat balapan selama 70 lap (305,270 kilometer) pada hari Minggu siang waktu setempat. Kalau pun ada gerimis, itu bakal turun pada saat sesi latihan bebas pada hari Jumat.

Formula 1 Grand Prix du Canada 2015 akan dimulai pada hari Jumat, 5 Juni 2015, dengan sesi Free Practice 1 (21.00 WIB). Lalu, dilanjutkan hari Sabtu, 6 Juni 2015 dengan sesi Free Practice 2 (01.00 WIB) dan sesi Free Practice 3 (21.00 WIB). Hari Minggu, 7 Juni 2015, adalah sesi Qualifying pada pukul 00.00 WIB dan hari Senin, 8 Juni 2015, adalah Raceday dengan start lomba mulai pukul 01.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Preview Formula 1 Grand Prix du Canada 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s