Preview Champions League 2014-2015 Final: Juventus vs. Barcelona

Ajang puncak sepak bola Eropa yang sudah dinanti-nanti para fans, terutama Juventini dan Barcelonistas, bakal berlangsung akhir pekan ini, hari Minggu (07/06) dini hari WIB, di Berlin, Jerman. Juve dan Barca akan memperebutkan trofi Liga Champions sekaligus juga penentuan treble winners musim ini.

Juventus dan Barcelona memang sudah menyapu bersih dua gelar juara domestick. Trofi Big Ears bakal menyempurnakan prestasi dua tim besutan Max Allegri dan Luis Enrique tersebut. Bagi kedua pelatih itu, treble winners adalah jawaban bagi banyak pihak yang pernah meremehkan mereka berdua di awal musim. Hanya sedikit yang menyangka jika kedua pelatih yang sempat dicap “medioker” itu bakal bertarung di partai final Liga Champions pada musim perdananya melatih Juventus maupun Barcelona.

Dalam laga pamungkas kali ini, Juventus menjadi tim underdog dan tidak diunggulkan untuk mengalahkan Barcelona. Apalagi, Juve baru saja diterpa badai karena kehilangan Giorgio Chiellini yang mengalami cedera saat berlatih hanya tiga hari sebelum partai final. Tanpa si King Kong Chiellini, pertahanan sang Nyonya Tua rawan dikoyak-koyak oleh trio macan milik Barca, yaitu Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar.

Peran Chiellini memang sangat krusial dalam mengawal pertahanan Juve. Bisa dibilang, mantan pemain Fiorentina ini adalah pemain terbaik tim Zebra di Liga Champions musim ini. Bianconeri yang hingga babak semifinal baru kebobolan 7 gol tak bisa dilepaskan dari ketangguhan Chiellini dalam membentengi gawang Gigi Buffon. Tanpa Chiello, Leonardo Bonucci bakal kehilangan tandem yang sudah sehati dalam mementahkan serangan lawan.

Masalah yang dialami Juve bertambah pelik karena bek berpengalaman lainnya, Andrea Barzagli, belum sepenuhnya fit dari cedera. Dengan tiadanya Chiellini, mungkin Allegri bakal memaksa Barzagli tampil mendampingi Bonucci untuk mengawal lini belakang dalam skema 4-3-1-2. Selain dua bek tersebut, sebenarnya Juve masih memiliki Angelo Ogbonna. Namun, sangat riskan memasang pemain yang penampilannya masih angin-anginan tersebut. Opsi lain, Martin Caceres, sudah pasti tidak bisa diturunkan karena masih tergolek cedera.

Berlubangnya lini belakang Juve karena absennya Chiellini tersebut harus bisa ditutup oleh kerja keras lini tengah mereka. Allegri kemungkinan besar bakal memasang Fantastic Four, Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, Paul Pogba, dan Arturo Vidal untuk membantu pertahanan sekaligus menjadi supplier bola bagi duet penyerang yang hampir pasti ditempati oleh Carlos Tevez dan Alvaro Morata.

Di lain pihak, Barcelona bisa dibilang lebih beruntung daripada lawannya. Ketika Juve tidak tampil full tim, tim besutan Luis Enrique tersebut tidak mengalami masalah berarti menjelang laga final. Andres Iniesta yang sempat cedera dikab arkan sudah fit dan siap tampil di Berlin. Di bangku cadangan, La Blaugrana juga masih memiliki Xavi yang sepertinya bakal diturunkan sebagai pemain pengganti sekaligus sebagai partai perpisahan sebelum dia pindah ke Qatar musim depan.

Melihat situasi dan kondisi tersebut, tidak heran Barcelona semakin diunggulkan untuk meraih trofi Big Ears yang kelima sekaligus menjadi treble winners musim ini. Namun, bukan berarti Juve bisa dicoret begitu saja. Sesuai dengan motto “Fino Alla Fine”, La Vecchia Signora bakal berjuang sampai akhir sambil berharap bisa membalik perkiraan dengan menjungkalkan Lionel Messi dkk.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2):
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 15 Barzagli, 33 Evra; 8 Marchisio, 21 Pirlo, 6 Pogba; 23 Vidal; 10 Tevez, 9 Morata.
Coach: Allegri.
Bench: 30 Storari, 5 Ogbonna, 20 Padoin, 27 Sturaro, 37 Pereyra, 14 Llorente, 32 Matri.
Injured: Caceres, Marrone, Chiellini.

Barcelona (4-3-3):
1 Ter Stegen; 22 Dani Alves, 3 Pique, 14 Mascherano, 18 Jordi Alba; 4 Rakitic, 5 Busquets, 8 Iniesta; 10 Messi, 9 Suarez, 11 Neymar.
Coach: Luis Enrique.
Bench: 13 Bravo, 6 Adriano, 24 Mathieu, 15 Bartra, 12 Rafinha, 6 Xavi, 7 Pedro.
Injured: –

Referee: Cuneyt Cakir.
Venue: Olympiastadion, Berlin.
Kick-off: Sun, Jun 7, 2015, 01.45 WIB.
Live: SCTV / OrangeTV Festival.

Prediction: Juventus 1-3 Barcelona.

Preview Champions League 2014-2015 Final: Juventus vs. Barcelona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s