Review Champions League 2014-2015 Final: Juventus 1-3 Barcelona

Mimpi Juventus untuk meraih trofi Champions League dan menjadi treble winners musim ini akhirnya harus sirna di Berlin. Juve, yang memang tidak diunggulkan, terpaksa merelakan si Kuping Besar direbut oleh Barcelona pada hari Minggu dini hari WIB (07/06) yang lalu. Meski sudah berusaha semaksimal mungkin, sang Nyonya Tua tak kuasa menahan keganasan trio macan: Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar.

Salah penyebab kegagalan Juve membendung trio MSN adalah absennya sang jenderal di lini pertahanan, Giorgio Chiellini. Si King Kong terpaksa menjadi penonton karena mengalami cedera ketika menjalani latihan, hanya tiga hari sebelum partai final berlangsung. Tanpa Chiellini, Juve ibarat pasukan Sparta tanpa Leonidas di film “300”. Tentu saja bakal sulit menahan gempuran pasukan Persia (baca: Barcelona) yang tampil dengan kekuatan penuh.

Pertahanan Juve yang biasanya kokoh (di Liga Champions musim ini hanya kebobolan 7 gol sebelum laga final) sudah runtuh saat laga baru dimulai. Tidak sampai lima menit, Gigi Buffon sudah harus memungut bola dari dalam gawangnya. Gol cepat Barca dihasilkan dari kerjasama antara Neymar dan Andres Iniesta yang berhasil dituntaskan oleh Ivan Rakitic. Mantan pemain Sevilla itu melakukan gerakan coming from behind ke dalam kotak penalti sebelum mengoyak gawang Bianconeri.

Kebobolan dalam waktu singkat membuat Juve tersentak. Serangan balik mulai dilancarkan oleh Arturo Vidal dkk. Namun, mereka tampak kesulitan untuk memasuki kotak terlarang Barca. Alhasil, tim Zebra lebih banyak melepaskan tembakan dari jarak jauh, yang sayangnya kerap melenceng dari sasaran.

Melihat Juve berusaha membalas ketertinggalan, Barcelona juga tidak tinggal diam. Messi dkk semakin meningkatkan intensitas serangan yang membahayakan tim asal Kota Turin itu. Hanya kedigdayaan Buffon-lah yang membuat gawang La Vecchia Signora selamat. Dengan tangan kirinya, San Gigi melakukan supersave yang mementahkan tembakan keras Dani Alves. Berkat Santo Pelindung Juventus tersebut, babak pertama hanya diakhiri dengan satu gol.

Kepemimpinan wasit yang buruk juga membuat Juve gagal menyamakan kedudukan. Tercatat, ada satu momen di babak pertama ketika Paul Pogba terjatuh di dalam kotak penalti saat dihadang oleh Jordi Alba. Namun, sang pengadil tidak menganggap hal tersebut sebagai suatu pelanggaran. Barca pun selamat dari hukuman.

Di awal babak kedua, Buffon kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kali ini giliran tendangan Luis Suarez yang dibuat tidak bergigi oleh San Gigi. Beberapa saat kemudian, upaya Messi untuk menambah gol juga gagal karena tembakannya melayang di atas mistar gawang Juve.

Pada menit ke-55, momen yang ditunggu-tunggu oleh para Juventini akhirnya datang juga. Sebuah back-heel passing dari Claudio Marchisio diteruskan dengan crossing oleh Stephan Lichsteiner dari sayap kanan. Carlos Tevez yang sudah menunggu di dalam kotak penalti langsung menyambutnya dengan tembakan, yang ternyata masih bisa ditepis oleh Marc-Andre Ter Stegen. Namun, bola muntah mampu disambar oleh Alvaro Morata dan akhirnya membuat gawang Barcelona jebol.

Skor 1-1 membuat semangat Juve tumbuh kembali. Sang Nyonya Tua mulai menguasai permainan dan membuat Barcelona tertekan. Namun, buruknya keputusan wasit lagi-lagi membuat Juve gagal mengungguli Barca. Pogba yang melakukan tusukan ke dalam kotak terlarang dijatuhkan oleh Dani Alves. Tapi, Cuneyt Cakir tidak mempedulikan hal itu. La Blaugrana kembali selamat dari ancaman penalti.

Sejurus kemudian, Messi langsung melakukan serangan balik yang berakibat sangat fatal bagi Juve. Si Alien melepaskan tembakan keras yang sebenarnya masih bisa dihalau oleh Buffon. Namun, bola muntah bisa diantisipasi oleh Suarez yang langsung menghujamkannya ke dalam gawang Juve.

Kembali tertinggal dengan skor 1-2 langsung meruntuhkan mental para pemain Juve. Barca memanfaatkan hal itu dengan menggencarkan serangan. Sundulan Neymar sempat menjebol gawang Buffon. Tapi, untungnya, kali ini wasit mengambil keputusan tepat dengan menganulir gol tersebut karena handball. Dari tayangan lambat, bola memang terlihat membentur tangan Neymar sebelum menembus gawang Juventus.

Hingga waktu normal habis, usaha Juve untuk menyamakan skor tidak kunjung berhasil. Pelatih Max Allegri sudah mengupayakan dengan melakukan beberapa perubahan dengan menarik keluar Vidal dan Morata serta memasukkan Roberto Pereyra dan Fernando Llorente. Namun, mereka tetap gagal membuat gol.

Pada menit terakhir injury time, hampir semua pemain Juve meninggalkan daerah pertahanan untuk melakukan serangan penghabisan, yang akhirnya malah membuat gawang Buffon kembali jebol. Serangan balik yang dilakukan oleh Messi dan dituntaskan oleh Neymar membuat laga final Liga Champions musim ini berakhir dengan skor 3-1 untuk Barcelona.

Selama 90 menit, Juve memang kalah dalam penguasaan bola. Barca mendominasi ball possession hingga 62 persen. Namun, intensitas serangan sebenarnya tidak berbeda jauh. Juve mampu melepaskan 14 tembakan, enam di antaranya on target, tapi hanya satu yang menjadi gol karena lemahnya finishing Tevez dkk.

Sementara itu, dari 17 tembakan yang dilesatkan Neymar dkk, delapan mengarah ke sasaran dan tiga di antaranya menjebol gawang Buffon. Di sini terlihat, ketajaman finishing Barcelona, terutama keganasan trio MSN, yang membuat Juve gagal mengakhiri puasa gelar juara di Eropa sejak 1996.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6.5
Buffon 7; Lichtsteiner 6, Barzagli 7, Bonucci 6.5, Evra 6/Coman 6 (87’); Marchisio 6.5, Pirlo 6.5, Pogba 5.5; Vidal 6/Pereyra 6 (79’); Tevez 5, Morata 7/Llorente 6 (85’).
Coach: Allegri 7.

Barcelona (4-3-3): 7
Ter Stegen 6.5; Dani Alves 6, Pique 6, Mascherano 6, Jordi Alba 6; Rakitic 7/Mathieu 6 (90’), Busquets 6, Iniesta 7.5/Xavi 6.5 (78’); Messi 7.5, Suarez 7.5/Pedro 6.5 (90’), Neymar 7.
Coach: Luis Enrique 7.

Referee: Cuneyt Cakir 5.

Man of the Match: Lionel Messi.

Review Champions League 2014-2015 Final: Juventus 1-3 Barcelona

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s