Preview Copa America 2015 Group B Matchday 1: Argentina vs. Paraguay

Lionel Messi memang tampil dahsyat musim ini. Selain berhasil membawa Barcelona menjadi treble winners, dari sisi individu, La Pulga juga mampu mencetak 58 gol dan menorehkan 27 assist dalam 57 laga bersama klubnya. Namun, di tim nasional Argentina, kesaktian rival abadi Cristiano Ronaldo itu seolah musnah tak berbekas.

Sejak tampil membela tim Tango di level senior, Messi tak mampu sekalipun mempersembahkan trofi. Bahkan, rekor golnya juga bisa dibilang seret untuk ukuran peraih Ballon d’Or empat kali tersebut. Dalam 97 laga bersama La Albiceleste, pemuda asal Rosario itu “hanya” menceploskan 45 gol. Padahal, saat tampil di level junior, pencapaian Leo sangat cemerlang dengan membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia U20 tahun 2005 dan meraih medali emas di Olimpiade Beijing tahun 2008.

Di Copa America, “prestasi” Messi lebih mengenaskan lagi. Sejak tampil pertama kali pada edisi 2007, mantan pemain binaan Newell’s Old Boys itu hanya mengoleksi dua gol. Pada edisi 2011, saat Argentina menjadi tuan rumah, La Pulga malah tidak mampu melesakkan satu gol pun. Torehan assist juga nol besar. Akibatnya, tim Tango pun tersingkir di perempat final setelah kalah adu penalti dari Uruguay yang akhirnya menjadi juara.

Tahun ini, situasi dan kondisi tim nasional Argentina berbeda dibandingkan empat tahun lalu yang amburadul pasca dilatih Diego Maradona dan Sergio Batista. Sejak ditangani oleh Alejandro Sabella dan kini diteruskan oleh Gerardo “Tata” Martino, pelan tapi pasti, penampilan Albiceleste semakin menanjak. Tahun lalu, tim Tango berhasil lolos ke final dan hanya kalah hoki dari Jerman yang akhirnya menjadi juara Piala Dunia di Brasil.

Faktor pelatih Tata Martino yang sudah pernah menangani Messi di Barcelona juga menjadi nilai plus tersendiri. Mantan entrenador Paraguay tersebut bakal menerapkan skema permainan yang mengakomodasi kehebatan La Pulga. Skuat Argentina tahun ini juga bisa dibilang cukup komplet dan sangat bisa diandalkan untuk mendukung Messi agar bersinar di Copa America 2015.

Ujian pertama bagi Argentina untuk menjadi juara di Chile tahun ini adalah Paraguay. Di atas kertas, Javier Mascherano dkk seharusnya tidak kesulitan membekuk tim asuhan Ramon Diaz ini. Perbandingan kualitas pemain kedua tim ibarat bumi dan langit. Apalagi, Tata Martino bisa dibilang mengetahui luar dalam kekuatan La Albirroja.

Selama lima tahun, sejak 2006 sampai 2011, Tata membangun Paraguay menjadi tim yang tangguh dan berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2010 dan final Copa America 2011. Namun, sepeninggal Tata, negara tetangga Uruguay itu langsung rontok dan menjadi tim pupuk bawang di Amerika Latin.

Meski demikian, Paraguay tidak bisa diremehkan. Seperti tim-tim gurem yang biasanya menghadapi Messi, Roque Santa Cruz dkk hampir pasti bakal menerapkan strategi parkir bus dengan mengandalkan serangan balik. Jika tidak hati-hati, Argentina bisa menuai malu dan mengalami kekalahan pada laga perdana Copa America untuk pertama kalinya sejak 1979.

***

Probable Line-ups

Argentina (4-3-3):
1 Romero; 3 Roncaglia, 2 Garay, 17 Otamendi, 16 Rojo; 19 Banega, 14 Mascherano, 21 Pastore; 10 Messi, 11 Aguero, 7 Di Maria.
Coach: Gerardo Martino.
Bench: 23 Andujar, 12 Guzman, 15 Demichelis, 4 Zabaleta, 13 Casco, 5 Gago, 6 Biglia, 8 Pereyra, 20 Lamela, 22 Lavezzi, 9 Higuain, 18 Tevez.

Paraguay (4-5-1):
1 Villar; 3 M. Caceres, 14 Da Silva, 4 Aguilar, 6 Samudio; 18 Valdez, 15 V. Caceres, 20 Ortigoza, 13 Ortiz, 7 Bobadilla; 9 Roque Santa Cruz.
Coach: Ramon Diaz.
Bench: 23 Aguilar, 12 Silva, 2 Piris, 5 B. Valdez, 19 Balbuena, 10 Derlis, 16 Molinas, 22 Aranda, 17 Arce, 11 Edgar Benitez, 8 Lucas Barrios.

Referee: Wilmar Roldan (COL).
Venue: Estadio La Portada, La Serena.
Kick-off: Sun, Jun 14, 2015, 04.30 WIB.
Live: KompasTV / K-Vision Bola Indonesia.

Prediction: Argentina 3-0 Paraguay.

Preview Copa America 2015 Group B Matchday 1: Argentina vs. Paraguay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s