Review Copa America 2015 Group B Matchday 1: Argentina 2-2 Paraguay

Argentina yang sangat diunggulkan untuk menjungkalkan Paraguay harus mengakhiri laga pertama mereka di Copa America 2015 dengan hasil imbang 2-2. Lionel Messi dkk sebenarnya sudah unggul duluan 2-0 pada babak pertama. Namun, sikap santai tim Tango yang terkesan meremehkan lawan akhirnya mendapat hukuman yang setimpal pada penghujung babak kedua.

Dalam laga yang berlangsung pada hari Minggu (14/06) pagi tadi WIB, Argentina membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menjebol gawang Paraguay. Berawal dari kesalahan back-pass Miguel Samudio, Sergio Aguero mampu mencuri bola dan langsung menghujamkannya ke gawang Anthony Silva.

Sekitar enam menit berselang, Argentina kembali menuai keunggulan lewat eksekusi penalti Lionel Messi. Wasit menunjuk titik putih setelah Angel Di Maria dijegal Samudio di dalam kotak terlarang. Argentina pun mengakhiri babak pertama dengan skor 2-0.

Setelah turun minum, Javier Pastore dkk tampak santai dan sudah puas dengan keunggulan dua gol. Sementara itu, Paraguay masih menggebu untuk mengejar ketertinggalan. Pelatih Ramon Diaz kemudian memasukkan Derlis Gonzales untuk menggantikan Richard Ortiz.

Upaya La Albirroja untuk mencetak gol akhirnya berhasil diwujudkan oleh striker kawakan Nelson Haedo Valdez. Tembakan dahsyatnya dari luar kotak penalti tak mampu dibendung oleh kiper Sergio Romero. Bola pun dengan indahnya menembus gawang Argentina dan mengubah skor menjadi 2-1.

Melihat Paraguay mulai bangkit, Tata Martino pun langsung tersentak dan kemudian memasukkan Carlos Tevez dan Gonzalo Higuain. Keduanya diharapkan bisa menyegarkan lini serang Argentina. Namun, perubahan strategi ini ternyata kurang berhasil. Dua striker yang bermain di Liga Italia itu tampil melempem dan tak mampu menambah keunggulan La Albiceleste.

Hal sebaliknya dialami oleh Paraguay. Pelatih Ramon Diaz melakukan keputusan tepat dengan menarik striker veteran Roque Santa Cruz dan memasukkan Lucas Barrios pada menit ke-79. Barrios inilah yang akhirnya menjadi momok bagi Argentina. Gerakannya yang licin gagal dihentikan oleh Nicolas Otamendi dkk. Sepakan first-time-nya pada menit ke-89 berhasil menjebol gawang Romero dan membuat skor menjadi imbang 2-2 hingga laga berakhir.

Selama 90 menit, Argentina sebenarnya sangat dominan dalam penguasaan bola hingga 69 persen. Namun, dari 18 tembakan yang dilesatkan Messi dkk, hanya enam yang mengarah ke sasaran dan dua yang menjadi gol. Sementara itu, Paraguay bermain lebih efektif. Meski hanya melepaskan empat tembakan on target dari 10 kesempatan, dua di antaranya berhasil dikonversi menjadi gol oleh Valdez dkk.

Dengan hasil imbang ini, peluang Argentina untuk menjadi juara grup B terancam. Jika hanya menduduki posisi kedua atau ketiga terbaik, Tevez dkk berpotensi untuk bertemu Chile, Colombia, atau bahkan Brazil di babak perempat final.

***

Ratings

Argentina (4-3-3): 6.5
Romero 6.5; Roncaglia 6, Garay 6, Otamendi 6, Rojo 6; Banega 7/Biglia 5.5 (80′), Mascherano 6.5, Pastore 6.5/Tevez 5.5 (75′); Messi 7.5, Aguero 7.5/Higuain 5.5 (76′), Di Maria 7.5.
Coach: Tata Martino 6.5.

Paraguay (4-3-3): 6.5
Silva 6.5; M. Caceres 6, Da Silva 6.5, Aguilar 6, Samudio 5.5; Ortigoza 6.5, V. Caceres 6.5, Ortiz 5.5/Derlis 6.5 (46′); Bobadilla 5.5/E. Benitez 6 (66′), Santa Cruz 6.5/Barrios 6.5 (79′), Valdez 7.
Coach: Ramon Diaz 6.5.

Referee: Roldan 6.

Man of the Match: Lionel Messi.

Review Copa America 2015 Group B Matchday 1: Argentina 2-2 Paraguay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s