Review Copa America 2015 Group B Matchday 2: Argentina 1-0 Uruguay

Argentina berhasil menghempaskan Uruguay dengan skor tipis 1-0 pada laga kedua grup B Copa America 2015, hari Rabu (17/06) pagi tadi WIB. Dengan hasil ini, Lionel Messi dkk akhirnya mampu melakukan revans pada tim yang menyingkirkan mereka dari ajang yang sama di kandang sendiri empat tahun lalu.

Duel Argentina melawan Uruguay memang layak disebut sebagai el clasico-nya Copa America. Dua negara bertetangga yang saling bermusuhan ini memang menjadi tim yang paling sering menjadi jawara di Amerika Latin. Argentina 14 kali. Sementara itu, Uruguay setingkah lebih banyak, 15 kali.

Setelah secara mengejutkan ditahan imbang 2-2 oleh Paraguay di laga perdana, Argentina sebenarnya membawa beban lebih berat karena dituntut untuk menang pada pertandingan kedua ini. Di lain pihak, Uruguay bisa sedikit lebih rileks karena mampu menghantam Jamaica 1-0 pada partai pembuka grup B.

Karena mengincar tiga poin dari Uruguay, pelatih Tata Martino pun tidak banyak melakukan perubahan susunan pemain seperti ketika melawan Paraguay. Fantastic Four (Lionel Messi, Javier Pastore, Angel Di Maria, dan Sergio Aguero) masih menjadi starter di lini depan. Mereka didukung oleh duo gelandang pekerja keras, Lucas Biglia dan Javier Mascherano di lini tengah.

Meski demikian, tidak mudah bagi Argentina untuk menjebol gawang Uruguay yang dijaga oleh kiper Fernando Muslera yang tampil cukup ciamik. Tercatat, sepanjang babak pertama, Messi dkk terlihat frustrasi karena tidak kunjung membuat gol. Raut wajah tegang pun nampak menghiasi skuat Argentina, termasuk pelatih Tata Martino. Akibatnya, sebelum turun minum, mantan arsitek Barcelona itu harus menerima kenyataan diusir wasit keluar dari bench karena dianggap melakukan protes terlalu keras.

Upaya Argentina untuk membobol gawang lawannya baru kesampaian pada menit ke-55. Messi mengawalinya dengan membawa bola menuju kotak penalti Uruguay. Lalu, bintang Barca tersebut mengoper bola pada Pastore yang membayangi di sebelahnya.

Melihat aksi dua rekannya tersebut, Pablo Zabaleta langsung melakukan gerakan coming from behind dari sayap kanan. Pastore pun kemudian menyodorkan bola yang disambut dengan crossing oleh Zabaleta. Kun Aguero yang sudah menunggu di tengah kotak penalti langsung menanduk bola tersebut, dan akhirnya sukses menjebol gawang Muslera. Skor berubah 1-0 untuk Argentina.

Tertinggal satu gol, pelatih Oscar Washington Tabarez lalu meresponnya dengan melakukan pergantian pemain. Namun, hingga pertandingan berakhir, Uruguay tidak mampu membalasnya. Lini pertahanan Argentina kali ini bermain cukup sigap dalam memandulkan Edinson Cavani dan tidak lagi terlena seperti ketika ditahan seri oleh Paraguay.

Selama 90 menit, Argentina tercatat sangat dominan dalam penguasaan bola hingga 69 persen. Sebanyak 12 tembakan dilepaskan oleh Messi dkk, dengan tujuh di antaranya on target dan satu menjadi gol. Sementara itu, meski tidak banyak menguasai bola, Uruguay sebenarnya mampu melesatkan 14 tembakan. Namun, banyak yang melenceng. Hanya tiga yang mengarah ke sasaran dan tidak ada yang menjadi gol.

Dengan kemenangan ini, Argentina langsung memimpin klasemen sementara grup B dengan 4 poin, sama dengan Paraguay. Sedangkan, Uruguay berada di posisi ketiga dengan tiga angka. Pada laga terakhir, Mascherano dkk bakal meladeni Jamaica, tim yang lebih ahli bernyanyi reggae daripada bermain sepak bola. Seharusnya La Albiceleste tidak mengalami kesulitan dalam menaklukkan bocah-bocah Karibia tersebut.

***

Ratings

Argentina (4-2-3-1): 6.5
Romero 6.5; Zabaleta 7.5, Garay 7.5, Otamendi 7.5, Rojo 6.5; Biglia 6.5, Mascherano 6.5; Messi 7.5, Pastore 7.5/Banega 6 (79’), Di Maria 7/Pereyra 6 (89’); Aguero 7.5/Tevez 6 (82’).
Coach: Martino 6.5.

Uruguay (4-2-3-1): 6.5
Muslera 7; Maxi Pereira 6.5, Gimenez 6.5, Godin 7.5, Alvaro Pereira 6.5; Alvaro Gonzalez 6.5, Arevalo Rios 6.5; Rolan 6.5, Lodeiro 6.5/Abel Hernandez 5.5 (69’), Cristian Rodriguez 5.5/Carlos Sanchez 6 (64’); Cavani 5.5.
Coach: Tabarez 6.5.

Referee: Sandro Ricci 6.

Man of the Match: Lionel Messi.

Review Copa America 2015 Group B Matchday 2: Argentina 1-0 Uruguay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s