Preview Copa America 2015 Quarterfinal: Argentina vs. Colombia

Saat menghadapi Jamaica pada laga terakhir grup B Copa America 2015 yang lalu, Lionel Messi genap tampil 100 kali bersama tim nasional senior Argentina. Namun, saat momen special itu, La Pulga bermain kurang impresif dan gagal mencetak gol. Kemenangan tim Tango kala itu diprakarsai oleh Angel Di Maria yang memberikan umpan manis pada gol Gonzalo Higuain.

Akhir pekan ini, tepatnya hari Sabtu pagi WIB (27/06), Messi kembali memiliki kesempatan unjuk gigi bersama Argentina. Kali ini dalam laga yang lebih krusial,yaitu menghadapi Colombia pada babak perempat final. Si Kutu yang berulang tahun ke-28 pada tanggal 24 Juni 2015 yang lalu, tentu saja ingin mencetak gol dan membawa Argentina lolos ke semifinal sebagai kado hari lahirnya.

Namun ambisi Messi untuk menghancurkan Colombia tak akan mudah. Hal itu dikarenakan keberadaan seorang pelatih yang menangani Los Cafeteros. Ya, Jose Pekerman, yang kini mengarsiteki Radamel Falcao dkk adalah sosok yang penting dalam perjalanan karir Messi di tim nasional Argentina, khususnya di level junior.

Bisa dibilang, Pekerman adalah orang yang mengorbitkan bintang-bintang yang saat ini menghuni skuat Argentina. Hampir semua pemain yang seangkatan dengan Messi, seperti Carlos Tevez, Javier Mascherano, Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay, Fernando Gago, Lucas Biglia, dan Sergio Aguero adalah mantan anak didik Pekerman ketika Argentina menjuarai Piala Dunia U20 tahun 2003 dan 2005.

Bagi Messi sendiri, Pekerman ibarat sosok ayah di lapangan hijau. Bersama Pekerman pula, peraih Ballon d’Or empat kali beruntun itu menjalani debut di Piala Dunia 2006. Messi yang kala itu masih abege berusia 19 tahun menjadi pelapis Juan Roman Riquelme. Sayangnya, kolaborasi terakhir Messi dan Pekerman tersebut gagal menghasilkan gelar juara. Argentina secara tragis disingkirkan tuan rumah Jerman lewat adu penalti yang menegangkan.

Maka dari itu, bisa dibilang, Pekerman sudah mengetahui luar-dalam kekuatan skuat Argentina saat ini. Jika kembali bermain loyo seperti ketika melawan Jamaica, tim Tango bisa menjadi korban Colombia seperti halnya Brazil di babak fase grup.

Di atas kertas, kekuatan Argentina sebenarnya masih berada sedikit di atas James Rodriguez dkk. Colombia juga punya kelemahan dalam menerapkan garis pertahanan yang terlalu tinggi. Hal itu menjadi perhatian bagi Angel Di Maria. Winger yang melempem di Manchester United itu merasa tim Tango harus memanfaatkan celah tersebut untuk menembus gawang David Ospina.

Pekerman sendiri saat ini sedang berada dalam tekanan. Pers Colombia mengkritiknya karena terlalu memanjakan Radamel Falcao. Meski mandul, si Macan Ompong itu terus dipercaya sebagai starter. Padahal, di bench masih ada Jackson Martinez. Hasilnya, James dkk hanya mampu mencetak satu gol di fase grup dan hanya menduduki posisi ketiga di bawah Brazil dan Peru.

Pekerman juga bakal makin pusing dengan sanksi dua laga yang diterima oleh Carlos Bacca setelah melabrak Neymar. Tanpa striker Sevilla tersebut, Colombia bakal semakin ompong. Kecuali, Pekerman bersedia merombak lini depan dengan memasang duet Teofilo Gutierrez dan Jackson Martinez, serta mencadangkan anak emasnya, Radamel Falcao.

Sementara itu, James yang juga masih mandul di Copa America 2015 ini, merasa timnya memiliki peluang yang sama dengan Argentina. Top scorer Piala Dunia 2014 itu berdalih dirinya belum mampu mencetak gol karena selalu dijaga ketat selama berlaga di fase grup. Saat menghadapi Messi dkk, gelandang andalan Real Madrid itu yakin bisa bangkit dan membawa Colombia lolos ke semifinal.

***

Probable Line-ups

Argentina (4-3-3):
1 Romero; 3 Roncaglia, 2 Garay, 15 Demichelis, 16 Rojo; 21 Pastore, 14 Mascherano, 19 Banega; 10 Messi, 11 Aguero, 7 Di Maria.
Coach: Martino.

Colombia (4-2-2-2):
1 Ospina; 18 Zuniga, 2 Zapata, 22 Murillo, 7 Armero; 15 Mejia, 8 Cardona; 10 James, 11 Cuadrado; 19 Gutierrez, 9 Falcao.
Coach: Pekerman.

Referee: Roberto Garcia Orozco (MEX).
Venue: Estadio Sausalito, Viña del Mar.
Kick-off: Sat, Jun 27, 2015, 06.30 WIB.
Live: KompasTV / K-Vision Bola Indonesia.

Prediction: Argentina 2-0 Colombia.

Preview Copa America 2015 Quarterfinal: Argentina vs. Colombia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s