Review Copa America 2015 Quarterfinal: Argentina 0-0 Colombia (PSO 5-4)

Laga perempat final Copa America 2015 antara Argentina melawan Colombia yang berlangsung pada hari Sabtu (27/06) pagi tadi WIB berlangsung cukup ketat dan keras. Hingga 90 menit waktu normal berakhir, kedua tim sama-sama mandul dan tidak mampu mencetak gol. Pertandingan pun langsung dilanjutkan dengan adu penalti karena tidak ada aturan extra-time pada ajang Copa America kali ini. Tim Tango yang empat tahun silam terpuruk dalam adu tos-tosan di kandang sendiri, tahun ini menjadi pihak yang beruntung dan berhasil melaju ke semifinal.

Sejak awal, laga antara Argentina melawan Colombia memang berlangsung cukup keras. Merasa kalah dalam hal teknik dan kualitas, Los Cafeteros menerapkan strategi sapu bersih dalam menghalau serangan Lionel Messi dkk. Hasilnya, anak-anak asuhan Tata Martino pun bergelimpangan ditebas Camilo Zuniga, dkk.

Permainan keras dan kasar dari Colombia tersebut membuat para pemain Argentina meradang dan melancarkan protes kepada wasit. Namun, sang pengadil asal Mexico itu tak bergeming. Malah, Sergio Aguero dikenai kartu kuning karena dianggap tidak sopan dalam melakukan protes. Messi, setelah laga berakhir, menyatakan sang wasit sempat bilang kepadanya, “Di Amerika, seperti inilah kami memainkan sepak bola.”

Meski menguasai permainan, Argentina selalu gagal menjebol gawang Colombia. Salah satunya dikarenakan penampilan ciamik David Ospina. Pada babak pertama, kiper Arsenal tersebut melakukan double save yang luar biasa dengan mementahkan tembakan Javier Pastore dan sundulan Messi secara beruntun.

Memasuki babak kedua, La Albiceleste semakin penasaran untuk membobol gawang Ospina. Namun, tidak mudah bagi Angel Di Maria dkk untuk memasuki kotak penalti Colombia yang dijaga ketat oleh duet Cristian Zapata dan Jeison Murillo. Di sisi lapangan, Zuniga dan Arias juga mampu mematahkan sayap-sayap Argentina.

Selain bertahan dengan disiplin, Colombia juga tidak lupa melancarkan serangan balik cepat yang diprakarsai oleh James Rodriguez, Victor Ibarbo, dan Jackson Martinez. Untungnya, para bek Argentina yang dikomandani oleh Ezequiel Garay dan Nicolas Otamendi cukup sigap dalam mengamankan gawang Sergio Romero dari serbuan Juan Cuadrado dkk.

Pada menit ke-88, Carlos Tevez yang baru masuk menggantikan Sergio Aguero nyaris membuat Argentina unggul. Sayangnya, bola yang sudah meluncur ke arah gawang yang kosong masih mampu disapu oleh Murillo. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tetap 0-0 dan laga harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam babak tos-tosan ini, empat algojo pertama Colombia, yaitu James, Falcao, Cuadrado, dan Cardona sukses menjalankan tugas mereka. Namun, tiga eksekutor terakhir gagal. Tendangan Luis Muriel dan Murillo melayang ke angkasa ala Roberto Baggio, serta sepakan sahabat Neymar, Zuniga, mampu diblok oleh Romero.

Di pihak Argentina, setelah Messi, Garay, Banega, dan Lavezzi mampu menaklukkan Ospina, Biglia dan Rojo sempat membuat para fans Albiceleste jantungan karena gagal menjebol gawang Colombia. Tetapi, Carlos Tevez yang maju sebagai penendang ketujuh akhirnya mampu memastikan kemenangan timnya 5-4 dalam adu penalti. El Apache sekaligus menebus dosanya empat tahun silam, ketika eksekusinya gagal dan membuat tim Tango didepak Uruguay dari Copa America 2011.

Di babak semifinal, Argentina bakal bertemu pemenang antara Brazil melawan Paraguay. Publik tentu berharap tim asuhan Dunga yang lolos agar terjadi el clasico di semifinal Copa America tahun ini. Namun, sayangnya, Neymar sudah pulang karena terkena sanksi larangan bermain empat laga. Peluangnya untuk melihatnya bertarung dengan Messi pun tertutup.

***

Ratings

Argentina (4-3-3): 6.5
Romero 6; Zabaleta 6.5, Garay 6.5, Otamendi 6.5, Rojo 6.5; Biglia 5.5, Mascherano 6.5, Pastore 7.5/Banega 6.5 (77′); Messi 8.5, Aguero 5.5/Tevez 6 (73′), Di Maria 7.5/Lavezzi 6 (87′).
Coach: Martino 6.5.

Colombia (4-4-2): 6.5
Ospina 7.5; Zuniga 6.5, Zapata 7.5, Murillo 6.5, Arias 7; Cuadrado 6.5, Mejia 6, James 6.5, Ibarbo 5.5/Muriel 4.5 (86′); Teo Gutierrez 5.5/Cardona 6 (24′), Jackson 6/Falcao 6 (74′).
Coach: Pekerman 6.5.

Referee: Roberto Garcia Orozco (MEX) 5.

Man of the Match: Lionel Messi.

Review Copa America 2015 Quarterfinal: Argentina 0-0 Colombia (PSO 5-4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s